Curiga Kena Corona? Ini yang Harus Segera Kamu Lakukan

Jangan sampai salah langkah

kena virus corona
Foto: Pixabay

Tidak dipungkiri bahwa merebaknya kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia belakangan ini meresahkan masyarakat. Apalagi semenjak WHO menaikkan status virus corona menjadi pandemi. Di samping penyebarannya yang cepat, gejala COVID-19 juga mirip-mirip dengan flu biasa. Alhasil, banyak orang yang sebenarnya hanya sakit flu biasa menganggap dirinya telah kena virus corona.

Khawatir wajar dan waspada memang perlu, tapi alangkah baiknya tidak menunjukkan kepanikan yang berlebihan. Nah, supaya tidak salah langkah, kamu harus tahu beberapa hal berikut ini.

Segera Cek ke Dokter Bila Mengeluhkan Gejala yang Tak Biasa

Mengutip dalam laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gejala kena virus corona dapat bervariasi dari yang ringan hingga berat. WHO juga mengungkapkan bahwa infeksi virus corona tergolong penyakit yang sukar dideteksi.

Meski begitu, ada sejumlah gejala khas yang perlu kamu waspadai, di antaranya:

  • Demam
  • Batuk/pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Gangguan pernapasan

Khusus untuk demam, biasanya gejalanya muncul dalam kurun waktu 2-14 hari setelah penderita terpapar virus. Rentang waktu tersebut dihitung berdasarkan masa inkubasi virus corona dalam tubuh.

Demam karena infeksi virus corona dapat dibedakan berdasarkan riwayat perjalanan penderita. Bila sebelumnya kamu memiliki riwayat perjalanan ke daerah yang berdampak atau pernah berkontak langsung dengan orang yang terinfeksi, kemungkinan demam muncul karena dipicu infeksi virus corona.

Selain itu, demam karena infeksi virus corona juga cenderung diikuti dengan suhu tinggi, yaitu di atas 38°C yang bertahan hingga beberapa hari. Penyakit ini juga membuat badan penderitanya terasa lemas, sakit, hingga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Penting untuk dipahami bahwa ada pula beberapa laporan kasus positif virus corona meski tanpa gejala. Maka dari itu, berhubung gejala penyakit ini menyerupai penyakit lain dan bahkan bisa muncul tanpa gejala, sebaiknya segera berobat ke dokter bila kamu merasa tidak sehat. Terutama bila kamu memiliki riwayat perjalanan ke lokasi yang terinfeksi virus corona dan merasa pernah kontak dengan orang yang terinfeksi.

Baca juga:  Istilah Teknis Virus Corona dari Imported Case, Cluster, hingga Local Transmission

Rumah Sakit Rujukan untuk Kasus COVID-19

Berdasarkan konferensi pers Presiden Joko Widodo pada Jumat (13/3), pemerintah menyediakan 132 rumah sakit rujukan untuk kasus virus corona. Pemerintah pun akan menambah 109 rumah sakit TNI, 53 RS Polri, dan 65 rumah sakit BUMN, termasuk pembangunan fasilitas observasi di Pulau Galang.

Untuk mengetahui lokasi rumah sakit rujukan terdekat dari daerahmu, kamu bisa menghubungi hotline COVID-19 di 119 atau 021-5210-411/081212123119. Seluruh biaya pengobatan pasien yang diduga atau positif kena virus corona, nantinya akan ditanggung oleh pemerintah.

Baca juga:  Butuh Info Tepercaya Tentang Virus Corona Indonesia? Hubungi Nomor Ini

Bekali Diri Kamu dengan Informasi yang Valid dan Tepercaya

Informasi mengenai pandemi virus corona di Indonesia mengalir dengan sangat cepat dan deras. Kalau kamu tidak jeli, kamu bisa saja termakan hoax. Maka dari itu, tugas kamu adalah membekali diri dengan informasi yang sumbernya tepat, jelas, dan benar.

Selalu cross check kembali informasi yang kamu dapatkan sebelum berasumsi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kamu benar-benar mendapatkan informasi yang kredibel. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar virus corona, carilah dari situs atau media sosial pemerintah dan badan kesehatan.

Kamu juga bisa bertanya langsung pada tenaga medis seperti dokter dan perawat, atau membaca laporan jurnal. Sebaiknya hindari informasi yang tersebar melalui grup chat, yang tidak diketahui secara jelas kebenarannya.

Yang tak kalah penting, upayakan untuk selalu menjaga kesehatan dirimu dan orang-orang di sekitarmu dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Rajin cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun setidaknya selama 40-60 detik.
  • Jika tidak tersedia air bersih dan sabun, kamu bisa Pakai hand sanitizer berbahan alkohol.
  • Menerapkan etika bersin dan batuk yang baik dengan mengarahkan mulut ke siku bagian dalam.
  • Tidak menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan.
  • Hindari bepergian ke tempat yang ramai bila kamu merasa tidak enak badan. Jika keadaan mendesak dan mengharuskan kamu pergi, gunakan masker mulut. 
  • Segera periksakan dirimu ke dokter bila kamu baru saja pulang dari daerah dengan wabah virus corona, merasa melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi, atau ragu dengan status kesehatanmu sendiri.
Baca juga:  Ahli Ungkap Cara Paling Efektif untuk Tangkal Virus Corona!

Harga Tas Gucci Termahal di Koleksi Spring Summer 2020

drama memorist

3 Alasan Mengapa Drama Korea Memorist Bikin Ketagihan!