Now Reading
Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2022 Gelombang 23, Insentif Rp3,5 Juta

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2022 Gelombang 23, Insentif Rp3,5 Juta

daftar kartu pra kerja

Daftar kartu pra kerja 2022 bisa dilakukan secara online melalui situs www.prakerja.go.id. Kabarnya, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 23 akan dibuka pada Februari 2022. Tahun ini, pemerintah memberikan kuota sebanyak 2,9 juta orang.

Seperti yang diketahui, program kartu pra kerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Selama pandemi Corona, peserta kartu pra kerja akan mendapatkan nominal insentif sebesar Rp3.550.000 per orang. Ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp150.000 per peserta.

Insentif ini dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan, dan peserta hanya bisa mengikuti program pra kerja sebanyak satu kali.

Hingga saat ini, ada lebih dari 140 platform yang menjadi perantara antara lembaga pelatihan dan pencari kerja. Beberapa di antaranya adalah Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, Karier.mu by Sekolah.mu, Pintaria by HarukaEdu, MauBelajarApa, dan PijarMahir.

daftar kartu pra kerja
Okezone.com

Bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari kartu ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Berikut syarat mendapatkan kartu pra kerja:

  • Warga negara Indonesia
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan formal
  • Ditujukan untuk seseorang yang sedang mencari kerja, pekerja ter-PHK, atau ekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Dengan mengikuti ini kamu bisa memilih beragam pelatihan, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Mekanisme Daftar Kartu Pra Kerja Online 2022

Berikut Ini mekanisme daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id:

See Also
  1. Daftar Akun Terlebih Dahulu
    • Registrasi akun pra kerja dengan memasukkan email kamu yang aktif, isi password lalu konfirmasi password, dan klik daftar.
    • Cek email, kamu akan mendapatkan email verifikasi. Klik verifikasi email tersebut. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan mendaftar kartu pra kerja.
  2. Pendaftaran Kartu Pra Kerja
    • Untuk daftar kartu pra kerja, kamu diharuskan untuk verifikasi KTP, data diri dan nomor HP.
      • Verifikasi KTP kamu dengan mengisi 16 digit nomor KTP dan tanggal lahir. Setelah selesai, klik lanjutkan.
      • Lengkapi data diri kamu, unggah foto KTP, dan swafoto diri bersama KTP.
      • Lakukan verifikasi nomor handphone. Masukkan nomor handphone kamu, lalu klik kirim.
        daftar kartu pra kerja
      • Nantinya, kamu akan dikirimkan kode OTP. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor handphone kamu.
      • Selanjutnya, isi “Pernyataan Pendaftar”. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.
        daftar kartu pra kerja
  3. Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
    Tes ini berdurasi maksimal 25 menit dengan 19 soal, kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.
  4. Pilih Gelombang Sesuai Domilisi
    Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi. Lalu ikuti seleksi gelombang, pilihlah gelombang yang kamu inginkan yang disusaikan dengan domisili kamu.
    daftar kartu pra kerja
  5. Tunggu Hasil Evaluasi
    Nantinya akan ada notifikasi apakah kamu diterima untuk mendapatkan manfaat kartu pra kerja atau tidak pada dashbord kamu.Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, Di tahun 2022, kamu akan menerima bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta. Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta ini harus dipakai di Mitra Platform Digital Pelatihan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima, dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan.Kamu dapat menggunakan bantuan tersebut dengan membeli atau membayar pelatihan yang tersedia di Tokopedia, Skll Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan pijarmahir.
    Jika kuota gelombang sudah habis, kamu akan menerima notifikasi seperti di bawah ini. Apabila kamu kehabisan kuota, kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Kamu masih bisa memilih gelombang berikutnya/gelombang lainnya.Jika telah menyelesaikan pelatihan, telah memberikan ulasan terhadap lembaga pelatihan, dan telah memberikan penilaian terhadap lembaga pelatihan, kamu berhak mendapatkan dua insentif berikut ini:
    1. Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2022 adalah Rp600.000 per bulan (selama 4 bulan)
    2. Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2022 adalah Rp50.000 per survei (akan ada 3 survei)
Baca juga:  Pelatihan Kerja Gratis dari Pemerintah 2020

Bagaimana Bila Gagal Lolos Gelombang Sebelumnya?

Bila kamu sebelumnya sudah pernah daftar kartu pra kerja namun tidak lolos, kamu tidak perlu lagi melakukan proses pendaftara dari awal. Ada hanya perlu memilih gelombang selanjutnya saja.

Namun untuk kamu yang sudah 3 (tiga) kali gagal lolos Prakerja, kamu  dapat mengadukan dengan cara berikut ini:

  • Unduh pernyataan Surat Pernyataan Pendaftar Kartu Prakerja yang Gagal 3 Kali Berturut-turut.
  • Isi pernyataan tersebut dan kirimkan melalui email ke kepesertaan@prakerja.go.id
  • Setelah itu pihak manajemen pelaksana prakerja akan melihan akun kamu dan membantu menemukan solusi yang menyebabkan kamu gagal daftar pra kerja.

Penyebab Gagal Daftar Kartu Pra Kerja

  • Kesalahan Ketik: cek kembali apakah NIK, nama, dan tanggal sudah benar karena salah ketik saat pengisian NIK penulisan nama dan tanggal bisa menyebabkan data tidak bisa terverifikasi oleh sistem.
  • Foto blur: pasikan foto yang diunggah saat daftar kartu prakerja kualitasnya baik, tidak kabur lurus, dan pencahayaannya bagus.
  • Tidak masuk dalam daftar yang diusulkan Kementerian Sosial: manajemen pelaksana pra kerja akan mendahulukan orang-orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah yang datanya tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  • Termasuk 12 golongan orang yang tidak memenuhi kriteria Kartu Prakerja: Di tahun 2022 ini pemerintah memberlakukan peraturan yang lebih ketat bagi penerima kartu pra kerja 2022, bagi kamu yang termasuk 12 golongan ini dipastikan kamu tidak akan mendapatkan bantuan kartu pra kerja. Berikut 12 golongan yang tidak memenuhi kriteria penerima karatu Prakerja:
    1. Sedang sekolah atau kuliah
    2. Pejabat Negara
    3. Aparatur Sipil Negara (ASN)
    4. Pimpinan dan Anggota DPR
    5. Prajurit TNI
    6. Anggota Polri
    7. Kepala Desa atau Perangkat Desa
    8. Pegawai BUMN/BUMD
    9. Penerima BSU BLT Subsidi Gaji
    10. Penerima BPUM aray BLT UMKM
    11. Terdaftar sebagai peserta DTKS Kemensos atau penerima BPNT dan PKH
    12. Dua anggota keluarga dalam 1 KK telah dapat Kartu Prakerja

close