Now Reading
Daftar Nama Menteri Baru di Kabinet Presiden Jokowi

Daftar Nama Menteri Baru di Kabinet Presiden Jokowi

menteri baru

Jokowi telah mengumumkan enam nama menteri barunya. Ada nama Risma, Sandiaga Uno, Budi Gunadi Sadikin, Yahya Stakuf, M. Lutfli, dan Sakti Wahyu Trenggono dalam nama menteri baru kabinet Presiden Jokowi. Ini dia detail menteri baru yang ditunjuk Presiden Indonesia Joko Widodo.

Menteri Sosial yang Tersandung Kasus Korupsi Digantikan Tri Rismaharini

menteri baru

Nama Risma bukanlah nama baru dalam dunia pemerintahan. Mantan walikota Surabaya ini telah berkecimpung di pemerintahan selama 23 tahun. Ia memulai kariernya di Pemerintah Kota menjadi Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya tahun 1997-2000.

Saat menjabat sebagai walikota Surabaya, ia pernah meraih sejumlah penghargaan. Di tahun 2014 Risma pernah mendapat penghargaan Mayor of the Month, dan pada tahun 2015, ia dinobatkan sebagai walikota terbaik ke-3 di dunia.

Sandiaga Uno Menggantikan Wishnutama

Sandiaga Uno akan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan menteri sebelumnya, Wishnutama.

Menteri Agama Republik Indonesia Diganti Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengganti posisi Menteri Agama RI. Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas jadi nama menteri baru yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agama RI. Nama Yaqut Cholil Qoumas ini cukup mengejutkan karena nama Yaqut tak pernah disebut dalam daftar kandidat calon menteri Jokowi.

M.Lufri, Menteri Perdagangan Era SBY yang Berlanjut jadi Menteri Baru Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Muhammad Lutfi untuk menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk masa jabatan 14 Februari 2014-20 Oktober 2014.

Budi Gunadi Sadikin Ditunjuk jadi Menteri Kesehatan Baru

Menteri Kesehatan yang sebelumnya dijabat Terawan Agus Putranto diganti oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Menariknya, menteri kesehatan yang ditunjuk Jokowi kali ini tidaklah berprofesi sebagai dokter atau memiliki latar belakang medis sama sekali.

See Also
udangan pernikahan online

Sakti Wahyu Trenggono jadi Menteri Kelautan

Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tertangkap tangan KPK atas dugaan kasus suap izin ekspor benih lobster beberapa waktu lalu. Nama Sakti Wahyu Trenggon bukanlah orang baru di Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya ditunjuk sebagai Menteri KKP, ia merupakan wakil menteri pertahanan mendampingi Prabowo Subianto sejak akhir 2019 silam.

Dalam lingkungan Jokowi, ia juga pernah menjabat sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Baca juga:  Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas Menteri Indonesia Terbaru

 

close