3 Rekomendasi Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Dari gunung sampai pantai, lengkap!

kawah ijen wisata banyuwangi
Suzie Agelopoulos

Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan asing ketika berkunjung ke Indonesia adalah keindahan wisata alamnya. Letaknya yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia menjadikan alasan mengapa Indonesia dianugerahi keadaan dan kekayaan alam yang sangat melimpah.

Bagi Indonesia, pariwisata menjadi sektor penting dalam meningkatkan devisa negara sehingga beberapa daerahnya yang memiliki wisata-wisata potensial akan dirawat dan diruwat dengan baik. Tentunya tak hanya pemerintah, masyarakat lokal juga memiliki peran sentral dalam upaya pembangunan sektor pariwisata.

Banyuwangi menjadi salah satu daerah di ujung timur pulau Jawa yang dianugerahi sejuta keindahan alam. Tak heran pesonanya dapat menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Ada banyak wisata alam populer di Banyuwangi yang sering muncul di papan reklame pinggir jalan. Hal itu menjadi salah satu pemicu bahwa Banyuwangi adalah salah satu daerah yang identik dengan pariwisata.

Dan berikut merupakan 3 rekomendasi wisata Banyuwangi yang wajib di kunjungi;

Pendakian Kawah Ijen

Bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, Banyuwangi terkenal dengan wisata Kawah Ijennya. Letaknya berada di ujung Banyuwangi dan berbatasan dengan Bondowoso.

Bahkan Kawah Ijen menjadi salah satu di antara wisata populer di Indonesia yang tidak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari jalur pendakian Kawah Ijen dipenuhi para wisatawan. Namun, sehubungan dengan adanya pandemi, maka regulasi wisata di Indonesia berubah dan dibatasi jumlah pengunjungnya.

Kawah Ijen memiliki ketinggian sekitar 2386 mdpl dengan jalur pendakian yang mudah dijangkau. Selain itu yang menarik dari wisata tersebut adalah adanya blue fire (api biru). Menurut beberapa litaratur disebutkan bahwa fenomena tersebut hanya ada dua di dunia yakni di Islandia dan Indonesia (Kawah Ijen).

Baca juga:  Itinerari Wisata Songgon Banyuwangi untuk Liburan Berkesan

Pulau Merah

Tempat wisata Banyuwangi berikutnya yang juga tak kalah populer adalah pantai Pulau Merah. Letaknya berada di wilayah selatan Banyuwangi yang dapat ditempuh kurang lebih satu jam dari pusat kota. Yang menarik dari wisata Pulau Merah ini adalah adanya semacam pulau kecil ditengah pantai yang memiliki tanah alam berwarna kemerah-merahan.

Para wisatawan biasanya akan menuju ke pulau tersebut setelah keadaan pantai mulai surut. Di sekitar pulau kecil tersebut dipenuhi dengan aneka biota laut seperti ikan buntal, bulu babi, bintang laut, dan beragam ikan.

Pantai pulau merah sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan sekaligus nongkrong. Tak heran setiap sorenya, banyak dari kaula muda yang berkerumun di pesisir pantainya. Menunggu senja sembari menikmati kopi tentu menjadi pilihan terbaik bagi mereka. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati indahnya pesona Pulau Merah.

Baca juga:  De Kleine Batu, Tempat Nongkrong Kekinian dengan Pemandangan Alam

Taman Nasional Alas Purwo

Tempat wisata ketiga yang menjadi ikon Kabupaten Banyuwangi adalah Taman Nasional Alas Purwo. Terlepas dari kepercayaan lokal yang menganggap bahwa Alas Purwo adalah tempat yang dikeramatkan dan terkesan angker, tempat ini menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Dengan luas hutan sekitar 43.420 hektarenya, Alas Purwo dikelilingi banyak spesies flora dan fauna. Jika beruntung, sesekali akan melihat beberapa spesies hewan seperti rusa, banteng, dan spesies lainnya secara bebas di pinggiran jalan.

Letaknya yang berada di ujung Selatan Banyuwangi membuat Alas Purwo terkesan jauh. Dari pusat kota dapat ditempuh sekitar satu hingga dua jam perjalanan. Namun jangan khawatir, karena saat ini akses menuju kesana sudah diperbaiki sehingga kenyamanan perjalanan tetap terjamin.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika singgah di Kabupaten Banyuwangi. Dengan budget yang minim, semua keindahan wisata alam di Banyuwangi dapat dinikmati.

Selamat berlibur dan berwisata di Banyuwangi!

Baca juga:  Mengulik Pesona Eling Bening, Objek Wisata di Atas Awan Semarang yang Menawan

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

makan mie instan

Awas, Ini Akibat Makan Mie Instan Tiap Hari!

resesi ekonomi

Indonesia Alami Resesi Ekonomi, Apa yang Harus Dilakukan?