Deretan Film Animasi Pendek Terbaik Pemenang Oscar

Lagi #dirumahaja? Coba nonton ini deh, bagus!

film animasi pendek
Twitter @MEFeater

Selama pendemi Covid-19 yang mengharuskan warganya di rumah guna menghentikan mata rantai dan laju penularan Corona, salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di dalam rumah adalah menonton film, tak terkecuali film pendek animasi.

Nah, berikut ini rekomendasi film pendek terbaik pemenang Oscar yang memberikan motivasi dan menginspirasi.

The Old Man and the Sea, Pemenang Film Animasi Pendek 2000

Film animasi pendek yang disutradarai oleh animator Rusia, Aleksandr Petrov, berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Ernest Hemingway ini menceritakan tentang karakter utama Santiago, seorang nelayan yang sudah tua yang bersungguh-sungguh untuk menangkap seekor ikan marlin raksasa di arus Teluk Meksiko.

Tidak hanya film animasi pendeknya saja yang mendulang penghargaan, novel dengan judul yang sama juga mendapatkan deretan penghargaan seperti Award of Merit Medal dari American Academy of Letters tahun 1953, dan penghargaan Nobel Sastra pada tahun 1954.

Father and Daughter, Film Animasi dengan Segudang Prestasi

Film ini menceritakan tentang seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya, lalu bertemu dengan sang ayah di kehidupan selanjutnya. 

Tak hanya mengantongi Academy Award for Best Animated Short Film 2001, film berdurasi 8 menit 30 detik ini  juga mendapatkan sejumlah penghargaan lainnya seperti BAFTA Award for Best Short tahun 2001, dan Grand Prix at World Festival of Animated Film tahun 2002.

For the Birds, Karya PIXAR dengan Deretan Piala

Film berdurasi 3 menit 27 detik ini menceritakan tentang sekumpulan burung kecil yang sedang bercengkrama di atas kabel telepon, yang tiba-tiba didatangi burung besar.

Film pendek ini adalah karya PIXAR meraih deretan penghargaan, seperti film animasi pendek terbaik Oscar 2020, Best Film X2 dalam Anima Mundi Animation Festival, Outstanding Achievement in an Animated Short Subject, Animated Computer 3D Short dan sebagainya.

Baca juga:  Daftar Film Pendek YouTube Terbaik, Komedi hingga Horor

Bao, Film Pendek Animasi Pixar Pertama dengan Sutradara Perempuan

Sutradara perempuan pertama dari rumah produksi Disney Pixar menghadirkan film pendek terbaiknya yang ditampilkan sebelum penonton menyaksikan The Incredibles 2. 

Film berdurasi delapan menit, Bao mengisahkan cerita tentang seorang wanita China-Kanada yang telah menua. Ia menderita sindrom empty-nest (kehampaan saat ditinggal anak yang telah dewasa), namun ia mendapatkan kesempatan kembali untuk menjadi seorang ibu ketika salah satu dimsum buatannya hidup.

Dengan cerita yang menyentuh ditambah visual yang indah, Bao dianugerahi film pendek animasi terbaik Oscar tahun 2019.

Hair Love, Juara Oscar Film Animasi Pendek 2020

Terakhir ada film pemenang Ocase tahun ini, film yang satilu ini mengisahkan tentang ayah yang mencoba menata rambut keriting putrinya setelah sang ibu pergi.

Film pendek terbaik berdurasi enam menit ini menyoroti keluarga kisah keluarga kulit hitam dengan cara yang manis. Tonton deh!

Jadi, film mana yang tertarik kamu tonton? Info menarik lainnya seputar film cek di sini ya!

Alasan Mengapa Drama Find Me in Your Memory Layak Ditonton

Dekorasi meja kerja

Inspirasi Dekorasi Meja Kerja Kece Buat yang Work From Home