Deretan Makanan Khas Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

makanan khas bandung

Bali selain dikenal sebagai pulau Dewata, juga menyimpan begitu banyak pesona, baik pemandangan alam yang super indah hingga kuliner yang melezatkan. Ada banyak turis baik warga negara asing maupun lokal berlomba-lomba untuk mencicipi rangkaian makanan khas Bali.

Berikut ini adalah deretan makanan khas Bali yang tak boleh dilewatkan:

1.  Ayam Betutu

Lauk yang terbuat dari ayam utuh ini disajikan dengan menggunakan bumbu khas yang dipanggang dalam api. Betutu sudah menjadi ikon kuliner bagi turis yang sedang berwisata ke Bali. Jangan ngaku ke Bali jika belum menyantap makanan yang satu ini.

makanan khas bali
masteresep.com

Kamu bisa mengunjungi salah satu outlet restoran terkenal yang menyajikan menu ayam betutu super lezat yang dijamin halal yakni Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang berlokasi di beberapa tempat berikut ini:

  • Buluh Indah No. 51X, Denpasar
  • Merdeka No. 88, Renon
  • Raya Tuban No. 2X, Kuta
  • Central Parkir Kuta, Kuta
  • Gatsu Guntur Hotel Gatsu Timur, Denpasar
  • Uluwatu, Perum Nuansa Jimbaran No. 1, Jimbaran

2. Sate Lilit

Makanan khas Bali lainnya adalah Sate Lilit. Ini adalah makanan tradisional Bali yang terbuat dari daging ikan, ayam, daging sapi, babgi ataupun kura-kura.

makanan khas bali
Instagram.com/susan_gracia

Untuk proses pembuatannya, langkah pertama daging harus dicincang kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica yang kemudian diolah menjadi berbentuk seperti sate.

Untuk bisa menyantap menu ini, kamu bisa mengunjungi Warung Ari yang terletak di Jl. Tukad Pakerisan No.6, Panjer, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat.

3. Lawar Merah

Lawar merupakan makanan khas Bali selanjutnya yang juga menjadi ikon kuliner. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa Lawar merupakan makanan yang mencampurkan beragam jenis sayuran dan disertai dengan daging cincang di dalamnya yang dicampur dengan darah. Uniknya, masyarakat Bali percaya bahwa ketika menyantap Lawar Merah mampu memberikan dampak positif bagi tubuh.

kulinermama.com

Warung Lawar Penatih menjadi salah satu penyedia lawar merah dengan rasa yang mengunggah selera. Terletak di Jl. Padma No.81, Penatih, Kec. Denpasar Utara.

4. Tipat Plecing

Di Bali, penyebutan ketupat sebagi tipat. Makanan pengganti nasi yang juga terbuat dari beras yang dikukus ini biasa disantap sebagai sarapan bagi sebagian banyak orang. Bali, sebagai salah satu tempat wisata kuliner terfavorit bagi para pelancong. Ada begitu banyak jenis tipat yang menjadi favorit, tetapi tipat plecing merupakan menu yang wajib tidak boleh dilewatkan.

kooliner.com

Meskipun plecing kangkung dikenal sebagai makanan khas Lombok, tetapi Tipat Plecing menjadi ciri yang membedakannya. Dengan sambal tomat khas Bali yang pedasnya pas ditambah dengan tipat, makanan khas Bali yang satu ini selalu menjadi incaran.

Kamu bisa menyantap makanan super lezat dan mengenyangkan ini di Warung Siki Rujak Kuah Pindang & Tipat Catok di Jalan Kertanegara No.99 Ubung Kaja, Kec. Denpasar Utara.

5. Sayur Urap

Sayur urap menjadi makanan khas selanjutnya yang harus kamu nikmati ketika sedang berada di Bali. Biasanya, makanan yang satu ini berisi sayur-sayuran sederhana seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge. Kamu bahkan juga bisa membuatnya di rumah lho!

cookpad.com

 

6. Lawar Putih

Jika sebelumnya lawar merah dimasak dengan bahan ekstrem seperti darah babi, maka lawar putih justru aman dikonsumsi untuk para muslim karena menggunakan kelapa isi ayam sebagai pengganti darah dan daging babi.

cookpad.com
Baca juga:  Destinasi Wisata Gratis di Bali, Wajib Dikunjungi!

gaya OOTD hijab baju tunik dwihanda

Tampil Kece dengan 10 Ide Mix and Match Tunik ala Selebgram Dwihanda

ootd kai exo

Crop Top Hingga Kasual, Intip 10 OOTD Ikonik dari Kai EXO