Destinasi Wisata Korea Gratis, Jangan Sampai Terlewatkan!

Korea Selatan kini menjadi destinasi wisata impian bagi semua orang. Selain budayanya, para wisatawan akan disuguhkan dengan beragam keanekaragaman yang menarik perhatian, seperti makanan khas Korea maupun tempat wisatanya.

Baca juga:  Bebas Visa, Tips Liburan ke Korea Cuma 5 Jutaan!

Buat kamu yang ingin berlibur di Korea khususnya Seoul meski budget paspas-an, tenang! Wokedotid bakal kasih kamu tips liburan dengan mengunjungi destinasi wisata Korea gratis.

Daftar tempat wisata Korea gratis:

1. Namsan Seoul Tower

wisata korea gratis
agoda.com

Tempat wisata gratis Korea pertama adalah Namsan Seoul Tower. Terletak di Yongsan-gu, Seoul, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota Seoul. Tempat ini sering dijadikan lokasi syuting drama, film, maupun video musik dari penyanyi favoritmu.

Ada dua cara untuk menuju Namsan Seoul Tower, yakni menggunakan cable car atau shuttle bus. Jika kamu memiliki cukup budget, kamu bisa menggunakan cable car dengan cara:
  1. Turun di Stasium Myeongdong (Seoul Subway Line 4) dan menuju pintu Exit 3. Setelah keluar, kamu cukup berjalan sekitar 15 menit menuju ke arah Hotel Pacific.
  2. Dari perempatan Hoehyeon kamu cukup berjalan lurus ke Namsan Tunnel 3. Disana, kamu akan menemukan Namsan Oreumi, sebuah elevator gratis dari the Memorial Plaza menuju ke stasiun Namsan cable car.
  3. Kamu hanya perlu menaiki anak tangga dan akan sampai di lokasi tujuan.

Jika ingin menghemat biaya, kamu bisa menaiki shuttle bus dengan cara:

  1. Turun di Chungmuro Station (Seoul Subway Lines 3 & 4) menuju pintu Exit 2 di depan Daehan Cinema atau Dongguk University Station (Seoul Subway Line 3) menuju pintu Exit 6.
  2. Tunggu sekitar 16 menit bus yang melintas. Perlu diperhatikan bahwa kamu hanya bisa menaiki bus bernomor 2 ataupun 5.
  3. Pemberhentian bus ini terletak di Halte N S Tower. Setibanya di sana, kamu perlu berjalan menanjak untuk bisa sampai di lokasi.

2. Cheonggyecheon Stream

wisata gratis korea
agoda.com

Cheonggyecheon Stream merupakan landmark kebanggan yang menyimpan sejarah bagi masyarakat Korea Selaran. Lokasi ini sering dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih dengan suasana lingkungan yang sejuk.

Terletak di Yongsin-dong, Jongno-gu, Seoul, waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore menjelang malam. Karena di waktu tersebut, kamu bisa menikmati indahnya kota Seoul dengan lampu warna-warni yang indah.

Untuk bisa ke lokasi ini, kamu dapat menempuh jalur melalui Gwanghwamun Station (Seoul Subway Line 5) dan menuju pintu Exit 5. Dari sini, kamu cukup dekat untuk menuju lokasi wisata gratis yang sering digunakan untuk lokasi syuting drama maupun musik video.

3. Gwanghamun

gwanghwamun
wikimedia.org

Dari Cheonggyecheon Stream, kamu hanya perlu berjalan lurus untuk bisa sampai di Gwanghwamun. Lokasi ini terdapat patung besar dari Raja Sejeong, seorang raja ke-4 dari Dinasti Joseon yang memerintah Korea. Raja Sejong sangat terkenal karena jasanya dalam menciptakan abjad Korea, yakni Hangul.

Jika kamu beruntung, di sekitar area ini terdapat tempat penyewaan hanbok atau pakaian tradisional Korea secara gratis. Di sini kamu bebas berswafoto sambil mengenakan hanbok.

4. Gyeongbokgung

wisata korea gratis
awayn.com

Masih di satu area yang sama dengan Gwanghwamun, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Gyeongbokgung, destinasi wisata Korea gratis lainnya. Gyeongbokgung merupakan sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul. Istana ini termasuk dari 5 istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon.

Areanya yang luas dan panorama Korea yang kental seperti di drama-drama, membuat kamu betah berlama-lama di sini. Terdapat National Folk Museum of Korea yang merupakan sebuah museum yang mengoleksi sebanyak 2.240 artefak dan alat-alat yang digunakan oleh masyarakat Korea pada masa lalu sampai sekarang. Bangunan museum ini didesain mengikuti arsitektur bangunan-bangunan kuil Buddha terkenal di Korea.

5. K-star Road

Kamu pecinta oppa dan unnie Korea? Destinasi yang satu ini waijb kamu kunjungi! Yap, K-Star Road yang terletak di Gangnam ini menjadi tempat yang banyak didatangi oleh wisatawan asing.

Untuk bisa sampai di sini, kamu perlu turun di stasiun Apgujeong Rodeo (Bundang Line, jalur kuning) dan menuju pintu exit 2. Kamu akan menemukan gangnam doll, diantaranya EXO, BTS, TVXQ, hingga SNSD. Di area ini, kamu juga sekalian mampir ke agensi-agensi bintang Korea, seperti SM Entertainment yang merupakan agensi dari grup Red Velvet, JYP Entertainment agensi yang menaungi TWICE, CUBE Entertainment agensi dari (G)-IDLE, dan FNC Entertainment, agensi yang membentuk girl group AOA.

6. Banpo Bridge

wisata gratis korea
koreatodo.com

Kamu pasti tidak asing dengan salah jembatan yang satu ini. Sering dijadikan sebagai tempat syuting, jembatan Banpo yang terletak di Seocho-gu, Seoul ini menawarkan pesona indah saat malam tiba.

Salah satu atraksi paling populer di sini adalah pertunjukan Air Mancur Banpo Bridge Moonlight yang spektakuler pada malam hari. 380 jet berwarna pelangi dari kedua sisi jembatan Banpo, menciptakan bentangan total air sepanjang 1,14 km yang diterangi oleh 200 lampu warna untuk pertunjukan yang fantastis. Air mancur ini terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai air mancur jembatan terpanjang di dunia.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, dari Stasiun Terminal Bus Ekspres (jalur 3/6/9, pintu exit 8-1). Jalan lurus sejauh 250 m, belok kanan di perempatan utama pertama ke Banpo-daro, kemudian jalan lurus sejauh sekitar 400m, seberangi jalan menuju jembatan di bawah untuk tiba di taman. Kamu memerlukan waktu 15-20 menit berjalan kaki untuk bisa sampai di Banpo Bridge.

7. Ihwa Mural Village

staticflickr.com

Desa mural Ihwa menjadi destinasi yang tak boleh dilewati ketika kamu berkunjung ke Seoul. Di sini kamu akan menemukan karya-karya seniman terbaik. Arsitektur di desa ini penuh dengan warna, sehingga tidak hanya wisatawan asing, tapi penduduk lokal juga banyak berkunjung untuk sekedar berswafoto.

Berlokasi di Ihwa-dong, Jongno-gu, Seoul, kamu hanya perlu turun di Stasiun Hyehwa (jalur 4, pintu exit 2). Berjalan lurus sekitar 12 menit dan kamu akan melihat Pusat Informasi di depan untuk peta terperinci dan lukisan mural di berbagai lokasi desa.

8. Naksan Park

koreatodo.com

Jika kamu masih punya waktu, kamu bisa mampir ke taman Naksan yang letaknya tidak jauh dari Ihwa Mural Village. Kamu bisa berjalan-jalan santai di sepanjang Tembok Kota Seoul untuk menikmati pemandangan lereng bukit yang indah, mengarah menuruni bukit ke Dobgdaemun.

9. Haneul Park

kpopmap

Haneul Park merupakan taman yang paling populer di kalangan wisatawan. Berlokasi di World Cup Park yang dibangun untuk memperingati Piala Dunia ke-17 pada Mei 2002. Untuk bisa ke sini, kamu turun di World Cup Stadium Station (line 6, pintu exit 1). Belok kanan, mengelilingi stadion dan berjalan menuju jalan besar, lalu belok kanan hingga bertemu persimpangan utama pertama, seberangi jalan untuk mencapai taman di sebelah kanan lalu berjalan melewati tempat parkir untuk mencapai pintu masuk taman di depan. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan berjalan kaki.

Jika kamu tidak ingin mencoba menaiki 291 anak tangga atau jalan berbukit, kamu dapat menggunakan layanan antar-jemput golf  train yang berangkat dari pintu masuk taman dengan biaya cukup murah, yakni 2.000 Won untuk sekali jalan, atau 3.000 Won untuk round trip.

10. Seoullo 7017

koreatodo.com

Destinasi wisata korea gratis yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Seoullo 7017. Nama ‘Seoullo 7017’ berasal dari ‘ 70 ‘ untuk tahun Seoul Station Overpass yang pertama kali dibangun pada tahun 1970 dan ’17’ untuk waktu dimana jalan raya ini dibangun kembali pada tahun 2017. Angka ’17’ juga mengacu pada jumlah jalur pejalan kaki yang terhubung.

Di sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan 24.000 bunga dan tanaman musiman di taman langit. Dan jika datang di malam hari, kamu akan ditemani lampu-lampu cantik yang menghiasi di sepanjang jalan.

Untuk bisa ke sini sangatlah mudah, kamu hanya perlu turun dari Stasiun Seoul (line 1/4, pintu exit 2) lalu berjalan selama 3 menit dan mengikuti petunjuk jalan yang ada. Atau bisa juga turun di Stasiun Hoehyeon (line 4, pintu exit 5).

Baca juga:  13 Makanan Korea Non Spicy, Wajib Dicoba!

acara wisata

Festival Budaya dan Acara Wisata Oktober 2019 di Indonesia

BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Ini Infonya!