Detail Laporan Dispatch Terkait Idol Korea yang Terlibat dalam Skandal Itaewon

Ada Jungkook BTS, Jaehyun NCT, Mingyu SEVENTEEN, dan Cha Eunwoo ASTRO

itaewon
Jungkook, Mingyu, Cha Eunwoo, Jaehyun

Hari ini (18/5), media Korea Selatan, Dispatch mengungkapkan bahwa beberapa idol boyband terpopuler terlibat dalam skandal Itaewon Club yang tengah ramai diperbincangkan. Nama-nama yang disebutkan tak lain para anggota grup persahabatan yang dinamai 97-liners, yakni Jungkook BTS, Jaehyun NCT, Mingyu SEVENTEEN, dan Cha Eunwoo ASTRO. Berikut ini, Wokenim akan memberikan detail lengkap terkait skandal Itaewon Cluster.

Awal Mula Skandal Itaewon Cluster

Belakangan ini, terdapat klaster baru penyebaran Covid-19 di Korea Selatan yaitu sebuah club di Itaewon. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada tanggal 13 Mei, ada 119 anggota Itaewon Club yang dikonfirmasi positif pada pukul 12.00 KST. Pemerintah setempat dengan sigap menyatakan pelarangan untuk mengunjungi tempat-tempat yang berada di sekitar Itaewon.

Dilansir dari media Money S, penyebaran Virus Corona (Covid-19) di cluster Itaewon Club telah menjadi kekhawatiran di seluruh negeri bahwa risikonya bahkan lebih tinggi daripada dalam kasus Shincheonji di Daegu. Dalam kasus Shincheonji, jumlah orang yang dikonfirmasi paling banyak ditemukan diantara anggota gereja setelah pasien ke-31 yang terjadi pada 18 Februari lalu.

Namun, dalam kasus situasi di Itaewon, karena ini adalah klub yang digunakan oleh sebagian kelompok, maka sulit untuk mengetahui tracking pasien sendiri. Disebutkan pula bahwa mayoritas pasien berusia 20-an sampai 30-an memiliki kasus tanpa gejala seperti batuk dan demam, sehingga meningkatkan risiko penularan sekunder.

Pada tanggal 2 Mei lalu, media Sports Kyunghyang melaporkan bahwa seseorang telah dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona (kemudian disebut A) yang mengunjungi sebuah gay club terkenal di Itaewon. Kunjungan tersebut menyebabkan persebaran Covid-19 di tempat itu dengan sangat cepat. Menurut data KCDC, 57 orang telah melakukan kontak fisik dengan A dan 1 diantaranya positif terinfeksi Covid-19.
.
Dalam laporan tersebut juga menyatakan bahwa seorang member girl group terkenal sedang berada di gay club saat A mengunjungi tempat itu. Dan beberapa hari kemudian, terungkap bahwa idol yang dimaksud adalah Park Gyuri, mantan anggota grup KARA. Gyuri sendiri telah dinyatakan negatif dari Covid-19 dan mengungkapkan permintaan maafnya karena tidak menerapkan social distancing.

Mino WINNER Dilaporkan Mengunjungi Club Saat Pandemi Covid-19

mino winner
Dispatch

Usai berita itu dimuat, pada tanggal 3 Mei 2020, Dispatch melaporkan Song Mino WINNER dan para kenalannya mengunjungi sebuah club (kemudian disebut club A) melalui pelayanan antar jemput dari club. Bar ini baru dibuka pada tanggal tersebut sehingga mereka menggelar sebuah pesta kecil-kecilan sebagai tanda pembukaan. Dalam laporan tersebut, Mino dikabarkan menggelar mini konser dengan membawakan lagu hitsnya, FIANCÉ di sebuah club yang berada di Yangyang, Gangwondo. Penampilannya tersebut digelar sekitar tanggal 3-4 Mei 2020 dimana waktu tersebut masih digaungkan untuk saling menjaga jarak akibat pandemi coronavirus.

itaewon
Dispatch

Pemilik Club A kemudian menanggapi mengenai hal ini bahwa “Kedatangan Mino ke sini hanya untuk bermain, bukan untuk tampil. Saat itu kami juga tidak memiliki banyak pengunjung karena kami baru buka, hanya beberapa kenalan dari Song Mino”.

Namun, diketahui bahwa tempat yang dilaporkan oleh Dispatch bukanlah sebuah bar yang terletak di Itaewon, melainkan sebuah guesthouse yang berada di Gangwondo. Agensinya, YG Entertainment serta Mino juga mengungkapkan permintaan maaf atas kelalaiannya.

dispatch
wikitree.co.kr
wikitree.co.kr

Seorang Anonim Ungkap 2 Idol Populer Mengunjungi Bar di Itaewon

Tak berselang lama, seorang saksi mata mengungkapkan melalui media sosialnya bahwa ia melihat dua idol dari grup yang berbeda (kemudian disebut A dan B) mengunjungi bar yang berlokasi di Yongsan-gu, Itaewon pada 25 April lalu.
.
Saksi mengatakan bahwa A dan B pergi ke bar yang berlokasi dekat dengan sebuah club. Seorang warga yang mengobrol dengan pegawai di bar itu mengkonfirmasi bahwa A dan B adalah idol populer. Selain itu, A juga melakukan busking di gang dekat dengan bar itu sambil memakai masker. A pergi dari sana setelah memakan pizza bersama teman-temannya.

Saksi mata mengatakan dua idol dari grup yang berbeda, disebut A dan B, mengunjungi bar yang berlokasi di Yongsan-gu Itaewon pada 25 April lalu. Saksi mengatakan A dan B pergi ke bar yang berlokasi dekat dengan sebuah klub. Seorang warga yang mengobrol dengan pegawai di bar itu mengkonfirmasi bahwa A dan B adalah idol. Selain itu, A juga melakukan busking di gang dekat dengan bar itu dengan memakai masker. Kemudian A pergi dari sana setelah memakan pizza bersama teman-temannya.

Mengenai kabar ini agensi A dan B sama-sama menyatakan bahwa mereka tidak bisa mengkonfirmasi karena itu adalah ranah pribadi sang artis. Tetapi, bermunculan dugaan bahwa A adalah Jungkook BTS dan B adalah Cha Eunwoo ASTRO.

Mengaku Hoaks

Anonim yang sebelumnya menyebutkan telah melihat idol A dan B mengunjungi bar di Itaewon saat pandemi virus corona kemudian menyatakan permintaan maafnya dan berkata bahwa itu adalah kebohongan belaka pada 13 Mei kemarin.

Jungkook Itaewon
SPOT TV News

Ia menuliskan, “Aku sangat menyesal karena menyebarkan rumor. Aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk membersihkan kejadian ini. Aku minta maaf kepada pihak-pihak yang dirugikan. Menyebarkan rumor itu membuat penggemar dirugikan. Foto yang tersebar tidak ada hubungannya dengan artis yang banyak disebut. Aku minta maaf karena menulis postingan seolah-olah itu adalah kebenaran padahal informasinya belum pasti benar. Aku menulis itu meski tau postingan itu seharusnya tidak diunggah. Aku akan mencari dan menjelaskan segala postingan yang  berhubungan dengan club di Itaewon. Aku minta semua retweet dan mention dihentikan”.

Dispatch Laporkan Jungkook, Jaehyun, Mingyu, dan Cha Eunwoo Kunjungi Itaewon Saat Pandemi Covid-19

Dan pada hari ini (18/5), Dispatch kembali memberikan laporan bahwa terdapat empat idol populer yang diketahui mengunjungi Itaewon disaat pandemi corona virus, yakni Jungkook BTS, Jaehyun NCT, Mingyu SEVENTEEN, dan Cha Eunwoo ASTRO.

Berdasarkan laporan tersebut, keempat pria tampan ini mengunjungi restoran serta tempat hiburan di Itaewon pada malam hari ditanggal 25 April hingga pagi hari (26/4).

Itaewon
Dispatch

Dinyatakan Negatif

Setelah laporan ini dikemukakan, diketahui bahwa Jaehyun, Jungkook, Eunwoo, dan Mingyu telah melakukan tes diagnosa Covid-19 dan hasilnya adalah negatif. Tetapi yang mengkhawatirkan adalah karena ini membutuhkan waktu aman sekitar 2 minggu yang berarti keempat idol ini harus tetap menjaga jarak di lingkup sosial hingga 10 Mei. Namun, kenyataanya dua diantara mereka diketahui bekerja sesuai jadwal. Cha Eunwoo memulai aktivitas comeback bersama grupnya, ASTRO pada tanggal 7 Mei dan Jaehyun NCT yang memandu program acara musiknya di Inkigayo pada tanggal 26 April, 3, dan 10 Mei. Sementara Jungkook dan Mingyu tidak memiliki jadwal resmi terkait kegiatan mereka.

Akui Kesalahan dan Meminta Maaf

Tak perlu waktu lama, Big Hit Entertainment selaku agensi Jungkook BTS, Pledis Entertainment selaku agensi Mingyu SEVENTEEN, Fantagio Entertainment selaku agensi Cha Eunwoo ASTRO, dan SM Entertainment selaku agensi yang menaungi Jaehyun NCT menyatakan permintaan maafnya terkait keterlibatan sang artis yang tidak mengindahkan seruan social distancing dari pemerintah.

Big Hit menyatakan dalam siaran pers yang dikutip dari media Newsen:

Memang benar bahwa Jungkook mengunjungi Itaewon. Namun, pada saat kunjungan, ia tidak pergi ke tempat di mana masalah timbul (sebuah club yang disebut sebagai awal mula penyebaran Covid-19 di Itaewon) karena adanya pasien yang dikonfirmasi pada awal Mei. Dan kejadian yang melibatkan Jungkook terjadi sekitar seminggu sebelum pasien ‘Itaewon Cluster’ dikonfirmasi mengunjungi Itaewon.

Selain itu, karena kami telah mengambil langkah-langkah seperti secara sukarela menjalani pemeriksaan Covid-19 sesuai dengan pedoman pemerintah, kami memutuskan bahwa tidak tepat untuk mengungkapkan kehidupan keseharian artis kepada publik. Kami menundukkan kepala dan meminta maaf.

Pada malam hari tanggal 25 April, Jungkook mengunjungi sebuah restoran dan bar di Itaewon bersama kenalannya. Setelah kunjungan itu, tidak ada gejala Covid-19 seperti batuk dan demam, dan secara sukarela ia dites dan dinyatakan negatif. Saat ini, Jungkook sedang merefleksikan diri bahwa ia tidak berpartisipasi dalam semua upaya untuk social distancing.

Semoga dijadikan pembelajaran untuk idol lainnya, ya!

Baca juga:  Rencana Besar Big Hit, dari Konser TXT hingga SEVENTEEN Gabung Weverse

urutan zodiak paling setia-min

Cek Kesetiaan Pasanganmu Berdasarkan Zodiaknya

ppdb online 2020

PPDB Online 2020: Persyaratan Pendaftaran SD, SMP, SMA