Doa Puasa Ramadan: Niat Puasa, Berbuka, Ganti Hutang Puasa

Semoga Ramadhan kali ini berkah

niat puasa ramadhan
galamedianews.com

Bulan suci Ramadan segera tiba. Sudah saatnya kita untuk menyambut Ramadan ini dengan melaksanakan kewajiban dari rukun islam yang keempat, yakni berpuasa. Meski pandemi Corona virus masih menyelimuti saat Ramadhan 1442 Hijriah tiba, namun jangan sampai kita menyianyiakan manfaat dari bulan penuh berkah ini.

Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan

Sebelum memulai puasa di bulan Ramadan, hendaknya kita membersihkan diri terlebih dahulu, mulai dari pikiran, hati, serta tubuh. Niatkan puasa untuk beribadah kepada Allah SWT. Salah satunya dengan mandi yang diikuti dengan doa niat keramas puasa ramadhan:

Nawaitu ghusla lidukhuli romadoona sunnatan lillahi ta‘âlâ

Artinya : Aku berniat mandi menjelang atau sebelum Ramadhan sunnah karena Allah SWT.

Jika kamu sudah dalam keadaan suci, pastikan kamu telah membayar hutang-hutang puasa pada ramadhan lalu. Jika kamu tidak berpuasa karena sakit, datang bulan (khusus wanita) atau sedang dalam perjalan jauh, maka kamu harus mengganti puasa tersebut sebelum memasuki bulan ramadhan berikutnya. Membayar hutang puasa hukumnya adalah wajib. Dalam syarat rukun, pembatalan, serta tata cara pelaksanaannya tidaklah berbeda dengan puasa pada umumnya, yakni dilaksanakan mulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Yang membedakan hanyalah bacaan niat seperti dengan bacaan niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan atau puasa sunnah lainnya.

Niat Mengganti Puasa Ramadhan

Adapun bacaan niat puasa pengganti ramadan ini niat mengganti puasa ramadhan atau niat mengqodho puasa ramadhan tentunya sama dengan niat puasa mengganti puasa ramadhan karena haid yang berlafal sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ

Artinya: Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.

Niat Puasa Ramadan

Setelah kita mensucikan diri dan mengganti hutang-hutang puasa sebelumnya, kini kita sudah siap menyambut bulan suci nan penuh berkah ini. Untuk itu, kita perlu meniatkan diri kita. Menurut Madzhab Hanafi, puasa seseorang dengan niat sebulan penuh di awal Ramadan dinilai sah meskipun dia tidak menetapkan niat puasa disetiap malam. Adapun niat puasa ramadhan sebulan adalah sebagai berikut:

niat puasa ramadhan

Nawaitu shauma syahri ramadhona kul’lihi lil’lahi ta‘âlâ

Artinya: Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini
karena
Allah SWT

Meski demikian, membaca niat puasa setiap harinya juga diperbolehkan, dengan lafal sebagai berikut:

niat puasa ramadhan

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’aala

Artinya: Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah SWT.

Doa Berbuka Puasa

Setelah kita berpuasa selama 13 jam, sudah saatnya kita membatalkan puasa dengan doa buka puasa atau doa berbuka puasa. Adapun lafal niat buka puasa ramadhan adalah sebagai berikut:

niat puasa ramadhan

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Itulah bacaan doa niat puasa ramadan. Semoga di Ramadan 1442 Hijriah ini, kita semua diberi kesehatan serta mendapatkan banyak pahal. Amin ya rabbal alamin.

Baca juga:  Kumpulan Ucapan Maaf dan Kata-Kata Mutiara Menjelang Bulan Ramadan

lirik lagu atlantis shinee

Lirik Lagu Atlantis SHINee Terjemahan Indonesia

sholat idul fitri

Salat Idulfitri: Niat, Tata Cara, Bacaan & Fatwa MUI Sholat Ied di Rumah