Cara Mudah Gunakan Fasilitas Wajib Lapor Ketenagakerjaan Online

wajib lapor ketenagakerjaan

Perusahaan wajib lapor ketenagakerjaan, hal ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1981.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan mewajibkan setiap pengusaha atau pengurus untuk melaporkan secara tertulis setiap mendirikan, menghentikan, menjalankan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaan kepada menteri atau pejabat yang berwenang.

Adapun dalam laporan tersebut memuat, identitas perusahaan, jumlah pekerja, jabatan, hubungan ketenagakerjaan, perlindungan atau jaminan sosial tenaga kerja, lowongan kerja dan jumlah pekerja asing, setiap tahunnya.

Lapor Ketenagakerjaan Online

Sejak tahun lalu, perusahaan susah tidak perlu lagi melaporkan ketenagakerjaan secara manual.

Pasalnya perusahaan bisa lapor ketenagakerjaan hanya dengan mengakses fasilitas wajib lapor ketenagakerjaan online di www.wajiblapor.kemnaker.go.id.

Pengguna sistem online atau daring ini, meliputi: pengusaha atau pengurus, pengawas ketenagakerjaan, administrator sistem, kepala Dinas Provinsi, dan kepala Dinas Kabupaten/Kota.

Dalam PP Nomor 18 Tahun 2017 tentang Tata Cara Wajib Lapor Ketenagakerjaan, pengusaha atau pengurus wajib melakukan pelaporan secara daring pada saat;

  1. Setelah mendirikan, menjalankan kembali, atau memindahkan Perusahaan; atau
  2. Sebelum memindahkan, menghentikan atau membubarkan Perusahaan.

Pelaporan dilakukan 30 hari setelah atau sebelum melakukan kegiatan. Pengusaha atau pengurus wajib melakukan pelaporan secara berkala setiap 1 (satu) tahun pada bulan Desember.

Wajib Lapor Ketenagakerjaan
mission-minded.com

Baca juga:  Pembahasan Lengkap UU Ketenagakerjaan yang Wajib Diketahui HRD

Cara Gunakan Fasilitas Online Wajib Lapor Ketenagakerjaan

Berdasarkan informasi yang dilansir dari website resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, berikut  cara lapor ketenagakerjaan:

  • Akses website wajib lapor tenaga kerja di www.wajiblapor.kemnaker.go.id.
    • Jika belum punya akun, kamu dapat meregistrasikan perusahaan kamu ke dalam sistem wajib lapor, lewat tautan “Pendaftaran Perusahaan
    • Isi kelengkapan data pada kolom registrasi
  • Setelah perusahaan kamu terdaftar, kamu sudah bisa menggunakan layanan lapor ketenagakerjaan secara online.
  • Kamu akan diminta mengisi kelengkapan data perusahaan, seperti:
    • Profil penguna dan perusahaan
    • Legalitas perusahaan
    • Status perusahaan
    • Tenaga kerja
    • Tenaga kerja asing
    • Jaminan sosial, terkait BPJS
    • Lowongan tenaga kerja
    • Pelatihan
    • Pengupahan
      • Dan sebagainya
  • Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat panduannya di sini

Pidana Bila Tidak Lapor Ketenagakerjaan

Apabila perusahaan tidak melaksanakan lapor ketenagakerjaan maka perusahaan bisa diancam dengan pidana kurungan selama tiga bulan atau denda maksimal Rp1.000.000.

Baca juga:  Daftar Bank yang Tawarkan Sistem Payroll atau Penggajian

10 Comments

Leave a Reply
  1. Saya sudah input sampai 3 NIK KTP tapi kenapa semuanya tidak terdaftar di catatan sipil ya?

    • Hi Kak Larasbachti, Untuk masalah tersebut, mohon tanyakan langsung ke pihak terkait ya. Terima kasih

  2. pagi pak .saya berkerja disalah satu rumah sakit ditangerang .saya disini menjabat sebagai operator radiology.saya berkerja dari tahun 2014-2019 hanya menerima upah 1.800.000 .dan rencana bulan september 2019 saya dikeluarkan.dan lebih parah lagi CS di RS saya hanya menerima upah 1.105.000 tanpa libur ..mohon bantuan nya yang sebesar2 nya..Ini No WA Saya : 081211247685 .mohon bantuan nya dan solusi nya

    • Hi Kak Udin, mohon maaf sayangnya untuk saat ini kami belum bisa membantu menyelesaikan masalah Kak Udin dan teman-teman. Bila kamu ingin melaporkan mengenai masalah ketenagakerjaan, Kak Udin bisa lapor ke situs resmi yang menangani pelaporan ketenagakerjaan di https://lapor.go.id/instansi/kementerian-ketenagakerjaan/. Semoga jawaban ini bisa sedikit membantu, terima kasih

  3. saya sudah laporan tahun lalu, tahun ini mau laporan lagi tapi kok bingung. apanya yang harus dilaporkan. di menu gak ada poin atau pilihan kalau mau laporan. terus bgmn ya ? apa daftar dari awal?

  4. Saya mau melaporkan ke disnaker tpi gak tau cara nya..
    Klo disnaker udah menentukan jam kerja 8 jam kerja yah?
    Ini ada mitra bangunan supermarket di Pekanbaru jam nya gak sesuai yg di tentukan jam 8 jam kerja gimna tuh, apa bisa di laporkan itu…

    • Hi Kak Tiven, sebelum melaporkan perusahaan Kak Tiven ke Disnaker. Ada baiknya untuk menempuh jalur Bipartit atau membicarakan secara musyawarah terlebih dahulu mengenai masalah antara Kak Tiven dengan perusahaan. Pasalnya apabila perusahaan memperkerjakan karyawan melebihi waktu kerja sesuai dengan kententuan UU Ketenagakerjaan, perusahaan diwajibkan mememberikan upah lembur, untuk detailnya bisa dibaca di sini ya https://www.woke.id/perhitungan-upah-lembur-sesuai-peraturan-di-indonesia/

      Terima kasih, semoga jawaban ini membantu.

    • Hi Kak Syarif, kamu bisa melakukan pelaporan secara daring pada saat;
      – Setelah mendirikan, menjalankan kembali, atau memindahkan Perusahaan; atau
      – Sebelum memindahkan, menghentikan atau membubarkan Perusahaan
      Dengan mengikuti syarat dan cara yang sudah diulas di atas ya. Coba dicek kembali ya. Terima kasih

Berikan Komentar Anda

karyawan sakit berkepanjangan 2

Perhitungan Gaji Bila Karyawan Sakit Berkepanjangan

pekerja Indonesia

LinkedIn: Pekerja Indonesia Miliki Optimisme Karier Paling Tinggi di Asia Pasifik