4 Film Bertema Rasisme yang Wajib Ditonton

Indonesia juga punya, lho!

film tentang rasis

Film tentang rasisme bukanlah hal yang baru. Biasanya, film yang bertema ini akan menggambarkan bagaimana perlakuan tidak pantas yang dilakukan oleh ras lain yang menganggap dirinya lebih superior. Dari sekian banyak film yang membahas soal rasisme, beberapa film di bawah ini layak masuk daftar tontonanmu. 

Film Bagus Tentang Rasisme

1. American Son (2019)

American Son adalah film tentang rasisme diangkat dari pertunjukkan Broadway. Film ini sendiri bercerita tentang seorang ibu yang berkulit hitam bernama Kendra yang kehilangan putranya bernama Jamal.

Namun,  saat ibu tersebut melapor ke polisi, petugas yang melayaninya memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkesan merendahkan. Ketika mantan suami Kendra yang seorang agen FBI dan berkulit putih muncul, sikap yang ditunjukkan oleh petugas itu berbeda. 

Itu merupakan contoh kecil rasisme yang disuguhkan dalam film American Son. Kamu bisa melihat cerita selengkapnya dengan menontonnya secara langsung di Netflix maupun situs streaming lainnya.

Film American Son ini diperankan oleh Kerry Washington, Jeremy Jordan, Steven Pasquale, dan Eugene Lee.

2. Green Book (2018)

Film Green Book diangkat dari kisah nyata yang mengambil latar tahun 1960-an. Film ini bercerita tentang pianis terkenal berkulit hitam bernama Don yang mencari supir pribadi.

Don bertemu dengan orang kulit putih yang sangat-sangat membenci orang kulit hitam yang bernama Tony Lip. Tetapi karena sedang membutuhkan uang, mau tidak mau Tony harus menerima pekerjaan dari Don sebagai supir, mengurusi piano, kaos kaki hingga membersihkan sepatu Don.

Di film ini diceritakan terbalik, orang hitam yang menjadi atasan orang kulit putih. Film tentang rasisme ini dikemas dalam balutan komedi yang fresh dan berbeda. Bahkan, film ini pun sudah berhasil memenangkan banyak nominasi dari ajang Golden Globe. Tak heran bila ini menjadi film yang layak untuk ditonton.

Baca juga:  4 Film Terbaik Tentang Dokter yang Wajib Banget Kamu Tonton

3. Ngenest (2015)

Tidak mau kalah dengan film-film luar negeri, Indonesia juga memiliki film tentang rasisme. Salah satunya adalah Negenes karya komika Ernest Prakasa. 

Film ini menggambarkan tentang kehidupan Ernest sebagai seseorang yang berasal dari etnis Tionghoa yang hidup di Indonesia. Waktu ia kecil, ia seringkali mendapat bully-an karena ras yang dimilikinya tersebut. Di film ini juga diceritakan bahwa ayah pacarnya tidak menyetujui hubungannya karena ia beretnis cina, walaupun pada akhirnya hubungan mereka disetujui. 

Karena pengalaman masa kecilnya itu, Ernest memiliki ketakutan kalau anaknya nanti akan  mengalami perlakuan serupa yang ia terima waktu kecil.

Baca juga:  Deretan Film Terlaris Sepanjang Masa

4. The Blind Side (2009)

Film ini juga berdasarkan kisah nyata seorang atlet football berkulit hitam di Amerika bernama Michael Oher. Masa kecil Oher sangat menyedihkan, ia hidup dengan sistem orang tua asuh. Pasalnya, ibunya di penjara karena kasus narkotika, sedangkan ayahnya tidak diketahui keberadaannya.

Kendati demikian, Oher tidak pernah bertahan lama setiap ia ditempatkan di rumah baru, pasti beberapa hari kemudian ia menghilang. Sikap Oher menarik perhatian Leigh Anne Tuohy, ibu dari teman dekat Oher. Meski warna kulit mereka berbeda, Leigh mengubah hidup Oher dan menjadi orangtua asuh legal baginya. 

Itulah beberapa rekomendasi film bagus tentang rasisme yang bisa membuka sudut pandangmu dan memberi banyak pelajaran. Selamat menonton!

Baca juga:  Rekomendasi Film Tentang Ibu yang Paling Menyentuh dan Sarat Makna

masker kain termahal

Masker Kain Termahal, dari Merek Off-White hingga Supreme

Lirik We Are Bulletproof

Lirik We Are Bulletproof: The Eternal BTS dan Terjemahannya