Dua Fitur Baru Instagram Ini Siap Lawan Cyber Bullying

instagram

Di Instagram acapkali menjumpai komentar negatif, atau postingan tak pantas yang mempermalukan orang lain (cyber bullying). 

Berdasarkan hasil survei lembaga donasi anti bullying Ditch The Label tahun 2017 menunjukkan lebih dari 42 persen korban cyber bullying mengaku mendapatkannya dari Instagram.

Untuk itu, guna melawan cyber bullying, ada dua fitur baru Instagram yang siap diluncurkan.

Fitur Pertama: Berikan Peringatan Bila Ada Komentar Negatif

Fitur pertama, Instagram menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan peringatan kepada pengguna Instagram yang ingin memberikan komentar negatif pada sebuah postingan.

Misalkan: bila kamu ingin berkomentar jahat, seperti “Ih, kamu jelek” pada postingan seseorang, maka akan muncul teks di bawah postingan yang berbunyi “Kamu yakin ingin memposting ini?”

fitur baru instagram
Instagram

Kemudian akan muncul jendela pop-up yang berbunyi “Kami meminta kamu untuk memikirkan kembali komentar yang tampaknya mirip dengan yang telah dilaporkan.”

Dengan begitu, kolom komentar postingam Instagram bisa lebih bersih dari komentar-komentar yang berbau ofensif. Pengguna juga bisa meng-klik “Let us know” jika sekiranya komentar mereka tidak bernada menjatuhkan sesama pengguna. 

Baca juga:  Bottle Cap Challenge, Tantangan Viral yang Hiasi Media Sosial

instagram

Fitur Kedua: Restrict

Fitur baru Instagram yang kedua ini berguna untuk membatasi pengguna Instagram lain untuk berkomentar dalam postingan Instagram.

Dengan fitur ini komentar negatif bisa dihilangkan, dan pengguna yang komentarnya dihilangkan tidak akan tahu karena mereka masih bisa melihat komentarnya tertera pada postingan pengguna.

Komentar negatif tersebut juga hanya bisa dilihat oleh pemilik postingan dan pemberi komentar negatif saja, jadi follower lain tak bisa melihatnya.

Selain itu mereka juga tidak akan tahu kapan sang pemilik postingan aktif di Instagram telah membaca Direct Message sang pemberi komentar di platform tersebut. 

fitur baru Instagram
Instagram

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna cukup memilih komentar yang ingin dibatasi dan pilih opsi “Restrict Account”. 

Namun sementara  fitur “Restrict” masih belum digulirkan lantaran bakal diuji coba terlebih dahulu lalu nanti dikembangkan.

Baca juga:  Benarkah WhatsApp, Instagram & Facebook Diblokir?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Woke.id (@wokedotid) on

Berikan Komentar Anda

mi instan Korea terenak

Bukan Samyang, Ini Mi Instan Korea Terenak di Dunia

kinerja PNS

Apa Indikator Penilaian Kinerja PNS? Ini Jawabannya