Forbes: Jaga Kesehatan Mata dengan Enam Cara Ini

Setiap tahunnya di hari kamis kedua di bulan Oktober diperingati sebagai World Sight Day atau hari penglihatan sedunia. Mata merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai alat penglihatan yang terdiri dari banyak komponen, yakni kornea, iris, pupil, lensa, retina, koroid hingga saraf optik.

Namun, apakah kamu sudah yakin dengan kondisi matamu? Apakah kamu sudah memeriksa kesehatan mata dalam dua tahun terakhir?

mata
tokopedia.com

Gangguan penglihatan dapat memengaruhi kita, kapan saja, tetapi populasi yang paling rentan adalah anak-anak, orang tua, dan mereka yang menderita diabetes. Berdasarkan data dari The International Agency for the Prevention of Blindness riset dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa sebanyak 36 juta populasi di dunia mengidap kebutaan, 217 juta orang hidup dengan gangguan penglihatan jarak menengah atau jauh, 1 miliar orang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat, dan 55% dari orang yang mengalami gangguan penglihatan  jarak sedang atau jauh adalah wanita.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Menurut Harvard Health Publishing, berikut adalah enam cara untuk meningkatkan dan melindungi mata yang dapat kamu lakukan:

Cara menjaga kesehatan mata

1. Cek Mata 2 Tahun Sekali

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan setidaknya dua tahun sekali secara rutin sebelum berusia 70 tahun. Dan jika usiamu sudah lebih dari 70 tahun, lakukan pengecekan secara rutin di setiap tahunnya.

2. Kontrol Kesehatan

Menjaga kondisi tubuh sangatlah penting. Jika memungkinkan berolahragalah agar kondisi tubuhmu tetap sehat. Karena masalah kesehatan kronis seperti diabetes atau darah tinggi dapat merusak penglihatan matamu.

3. Makanan Sehat

kesehatan mata
Shutterstock

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi jika ingin kesehatan mata tetap terjaga. Makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula yang biasanya dijumpai pada usia di atas 50 tahun. Adapun makanan yang mengandung antioksidan antara lain:

  • Buah-buahan: apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, sukun, stroberi.
  • Sayur-sayuran: brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, ubi merah.
  • Kacang-kacangan: pecan, kenari, almond.

4. Berhenti Merokok

Selain faktor genetik, penyebab kerusakan pada mata adalah melalui kebiasaan merokok. Banyak hal yang bisa menimbulkan kesehatan mata menurun atau bahkan hingga menyebabkan kebutaan total. Seorang wanita yang merokok selama proses kehamilannya sama saja memberikan racun yang berpotensi membahayakan kesehatan janin.

Bayi yang lahir dalam keadaan saraf penglihatan yang tidak berkembang merupakan efek dari nikotin yang diterima selama dalam kandungan.

5. Gunakan Obat Tetes Air Mata

Obat tetes air mata buatan yang bebas dari bahan pengawet bisa membuat penglihatan semakin jelas bagi mereka yang memiliki mata kering. Di Indonesia sendiri, banyak produk obat tetes yang terbukti khasiatnya, seperti Rohto, Insto, hingga Visine.

6. Gunakan Pelindung Mata

rbhutsii.com

Saat berada di luar ruangan, lebih baik kamu menggunakan kacamata hitam yang menyaring sinar ultraviolet (UV), karena paparan yang lama dikaitkan dengan pembentukan katarak dan kanker pada kelopak mata. Selain itu, mengenakan kacamata keselamatan di rumah atau di tempat kerja, saat dibutuhkan, dapat melindungi mata dari cedera.

Berikan Komentar Anda

pendaftaran CPNS 2019

Begini Syarat dan Cara Pendaftaran CPNS 2019

Detail Gaji dan Tunjangan PNS 2019 Sesuai Golongannya