Besaran Gaji Pilot Maskapai Indonesia Terbaru 2021

Benar enggak sih sampai ratusan juta? Hm…

Gaji pilot indonesia
Foto: Bloomberg

Salah satu profesi yang terkenal memiliki gaji besar adalah pilot. Usut punya usut, penghasilan seorang pilot per bulannya bisa menyentuh angka sampai ratusan juta, lho! Hmmm… tapi apa benar begitu? Daripada menduga-duga sendiri, yuk simak fakta sebenarnya terkait upah, gaji pilot 2021 untuk maskapai dalam negeri per bulan. 

Gaji Pilot untuk Maskapai Nasional Setiap Bulan

Seiring dengan perkembangan informasi yang begitu pesat, kini kamu bisa melihat rata-rata gaji setiap profesi di beberapa situs pencari kerja. Termasuk di antaranya gaji bulanan seorang pilot untuk maskapai nasional. 

Di bawah ini adalah kisaran penghasilan pilot yang dilansir dari berbagai situs seperti Qerja.com, Job-like.co, dan Indeed.com. Namun perlu diketahui, informasi gaji ini merupakan hasil input dari pengguna portal lowongan kerja, sehingga belum mereflesikan angka yang sebenarnya dari maskapai terkait. 

  • Lion Air: mulai dari Rp10 juta sampai Rp20 juta. 
  • Garuda Indonesia: mulai dari Rp10 juta sampai Rp70 juta. 

Angka yang sudah disebutkan di atas juga belum termasuk berbagai tunjangan lain. Misalnya uang insentif, bonus, asuransi, tunjangan hari raya, hingga flight allowance alias uang terbang yang perhitungannya per jam saat terbang. 

Meski begitu, penting untuk dipahami bahwa gaji seorang penerbang sebenarnya dapat bervariasi, tergantung dari maskapai tempat ia bekerja dan jabatan yang mereka miliki. 

Tak berhenti di situ. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh jam terbang yang dimiliki si pilot. Sederhananya, semakin banyak jam terbang yang dimiliki seorang pilot, maka biasanya gajinya juga akan semakin besar. 

Baca juga:  Gaji Pramugari di Indonesia: Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air

Upah yang Didapat Sebanding dengan Risiko dan Tanggung Jawab

Gaji pilot memang bisa dikatakan fantastis. Anggapan penghasilan seorang pilot bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan mungkin memang benar adanya. Namun, satu hal yang perlu diingat, gaji yang relatif besar tersebut tak datang begitu saja. 

Ada risiko yang tinggi dan tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh seorang pilot karena harus menjamin keselamatan puluhan hingga ratusan penumpang beserta awak kabin ketika mengemudikan pesawat. Tak heran, perusahaan penerbangan berani menawarkan pilot dengan nominal gaji yang besar.

Di sisi lain biaya pendidikan untuk menjadi pilot profesional juga tidaklah murah. Bayangkan, biaya sekolah pilot mulai dari Rp500 juta hingga lebih dari Rp1 milyar! Belum lagi persyaratan yang harus dipenuhi juga cukup banyak, di antaranya:

  • Pendidikan terendah SMA
  • Harus lulus tes kesehatan dan tes psikologi
  • Usia mendaftar minimal 17 tahun dan maksimal 33 tahun
  • Skor TOEIC paling rendah 600
  • Tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan proporsional

Jadi, gimana tertarik berprofesi sebagai pilot di tahun 2021 ini? Untuk tahu info gaji profesi lainnya kunjungi bit.ly/InfoGaji pada browser kamu ya!

Baca juga:  Daftar Gaji Dosen di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021

lirik Every Night To You minhyun

Lirik Lagu Every Night To You Minhyun NU’EST Terjemahan

nonton pieces of a woman

Nonton Pieces of A Woman Sub Indo di Situs Streaming Gratis