Gaji Pramugari di Indonesia: Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air

gaji pramugari
Dok. Anne Avantie

Berbicara soal profesi, umumnya tiap orang akan penasaran dengan upah, gaji, pendapatan ataupun penghasilan pekerjaan yang digeluti orang lain, tak terkecuali gaji pramugari, dari Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, ataupun Batik Air.

Pekerjaan pramugari memang tampak menyenangkan karena seseorang bisa bekerja sambil jalan-jalan keliling dunia, ditambah mendapatkan penghasilan yang cukup layak. Tentunya, ini sebanding dengan kerja keras yang telah dilakukan oleh pramugari selama penerbangan, yang memastikan penumpang aman dan nyaman.

Gaji pramugari sangat bervariasi tergantung perusahaannya, baik Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, ataupun Batik Air punya standar gajinya masing-masing. Tim Woke, telah mengumpulkan informasi gaji pramugari dari tiap perusahaan yang kami himpun dari tiap portal lowongan kerja di Indonesia, dari Qerja, Job-like, Indeed dan lainnya, berikut detailnya:

Gaji Pramugari Garuda

Tiap portal lowongan kerja menampilkan gaji flight attendant yang berbeda-beda. 

  • Qerja.com menyebut rata-rata gaji pramugari di PT Garuda Indonesia Tbk sebesar Rp8.000.000 per bulan.
  • Sementara Indeed.com menuliskan jika gaji pokok pramugari di maskapai penerbangan nasional Indonesia yang terbang ke lebih dari 40 tujuan domestik dan 36 tujuan internasional sebesar Rp9.232.585 per bulan.
  • Lain halnya job-like.com yang menuliskan bila upah per bulan pramugari induk perusahaan Citilink sebesar 18 juta sampai 21 juta.

Gaji Flight Attendant Lion Air

Maskapai penerbangan swasta, PT Lion Mentari Airlines yang beroperasi dengan nama Lion Air memberikan upah per bulan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan dengan maskapai penerbangan milik negara Garuda Indonesia.

  • Job-like.com, one stop portal lowongan kerja yang merangkum lebih dari 60.000 lowongan pekerjaan ini menuliskan bila upah per bulan pramugari ataupun pramugara di Lion Air sebesar Rp4 Juta hingga Rp10 Juta.
  • Sementara Qerja.com menyebutkan bila gaji pramugara atau pramugari sebesar Rp7,2 juta.

Gaji atau Upah per Bulan Pramugara/Pramugari Sriwijaya Air

Bila dibandingkan dengan Lion Air, gaji pokok pramugari atau pramugara Sriwijaya lebih tinggi. Maskapai penerbangan ketiga di Indonesia ini memberikan gaji pokok untuk pramugarinya sebesar Rp 12 juta, ini detailnya:

  • Bila melihat informasi gaji dari job-like.com, gaji pokok pramugari sebesar Rp18 juta – Rp21 juta.
  • Sementara menurut Qerja.com, rata-rata gaji pokok pramugari sebesar Rp12 Juta.

Informasi gaji di atas hasil input dari pengguna portal lowongan kerja, sehingga kemungkinan belum mereflesikan angka yang sebenarnya dari perusahaan maskapai terkait. 

Baca juga:  Ini Dia Nominal Penghasilan Food Blogger, Angkanya Fantastis!
gaji pramugari
garuda-indonesia.com

Persyaratan untuk Jadi Pramugari

Tiap maskapai penerbangan di Indonesia memiliki kualifikasi atau persyaratan yang berbeda-beda, namun bila umumnya berikut kualifikasi ataupun persyaratan menjadi pramugari:

  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (Lisan ataupun tulisan)
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas
  • Untuk pramugara (Pria): tinggi badan minimum 165 cm dan maksimum 178 cmn, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional.
  • Untuk pramugari (Wanita): tinggi badan minimum 160 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
  • Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)
  • Berpenampilan dan kepribadian menarik
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Belum pernah menikah
  • Bersedia menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya.

Tahapan Seleksi Pramugari

Untuk menjadi pramugari ada tahapan seleksi yang harus kamu lalui. Berikut beberapa tahapan seleksi menjadi pramugari dan pramugara:

  1. Tes Penampilan
    Pada tahap ini calon pramugari atau pramugara akan dinilai berat badan, tinggi badan, gaya komunikasi, cara berpakaian, ataupun cara berjalan.
  2. Tes Psikologi dan Kemampuan Berbahasa Inggris
    Umumnya , tes ini dilakukan dengan wawancara ataupun tertulis.
  3. Wawancara Kompetensi
  4. Tes Kesehatan, mulai dari ECG (Kesehatan jantung), mata, pernapasan, pendengaran, tulang, kesehatan fisik dan lainnya.
  5. Tes Pantuhir atau pemantauan akhir, pada tes ini kamu akan dinilai oleh jajaran direksi dari perusahaan yang kamu lamar.

Food blogger

Ini Dia Nominal Penghasilan Food Blogger, Angkanya Fantastis!

pemandian air panas terdekat

4 Rekomendasi Tempat Pemandian Air Panas Terdekat dari Jakarta, Ampuh Bikin Rileks!