Jadi Jenis Pekerjaan Baru, Berapa sih Gaji Seorang YouTuber?

Katanya sih fantasis…

gaji youtuber
sellfy.com

Saat ini menjadi seorang pembuat konten atau yang biasa disebut YouTuber termasuk sebuah pekerjaan yang banyak diminati. Bahkan banyak selebriti yang sudah meraih popularitasnya di industri hiburan tanah air beralih atau bahkan melakukan pekerjaan sambilan menjadi seorang YouTuber. Lalu kira-kira berapa, ya, gaji seorang Youtuber?

Gaji Youtuber Terbaru

Semua orang dapat dengan mudah mengupload video di YouTube, tetapi tidak semua bisa mendapatkan gaji atau penghasilan dari apa yang mereka unggah.

Pasalnya, seorang YouTuber perlu mengunggah video berkualitas secara konsisten dengan konten yang menurut orang menarik. Kamu perlu memasarkan video itu di situs web pribadi, blog, media sosial, dan situs video lainnya.

Tak berhenti di situ. Kamu juga perlu membuat nama untuk akun dirimu sendiri, diverifikasi, dan memperbanyak basis pelanggan (subscriber) agar channel YouTube milikmu tidak dinilai abal-abal. Bila kamu beruntung, kamu akan dengan cepat mendapatkan hasil untuk konten video yang telah kamu buat.

Secara umum, konten video cenderung menjadi yang paling menguntungkan di antara format iklan. Rata-rata tarif cost per mille (CPM) video berkisar antara $5 hingga $30 untuk penayangan yang datang dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia. CPM sendiri merupakan penghasilan per 1.000 tayangan atau yang juga dikenal dengan BPS (biaya per seribu tayang) di Indonesia

Namun di YouTube, tingkat CPM ini tergantung pada sejumlah faktor lain seperti format iklan, lokasi geografis dan juga apakah penonton melihat iklan pada video yang disematkan atau langsung melalui YouTube.

Dikutip dari MoneySmart, di Indonesia sendiri nominal pendapatan yang dihasilkan sekitar Rp 7.000 per seribu tayangan iklan. Sementara itu, cost per click (satu klik iklan) AdSense sekitar Rp 5.000 sampai Rp 12.000. Sementara CPM biasanya berkisar di Rp 6.500 hingga Rp 7.500.

Jadi pada dasarnya, jika kamu bertanya berapa gaji YouTuber perbulan, tak diketahui berapa nominal pastinya. Semua pendapatan tergantung dari bagaimana kamu membuat konten video yang kreatif sehingga menarik orang untuk menonton video dan jumlah subscribe.

Cara Mendapatkan Uang di YouTube

istockphoto

Jika kamu sudah memiliki perhitungan bagaimana kamu akan menghasilkan uang dari YouTube, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan konten menarik apa yang bisa kamu sajikan secara konsisten.

Beberapa ide topik yang bisa kamu angkat di channel Youtube di antaranya:

  • Game
  • Gosip selebriti
  • Berita terkini
  • Lifehack
  • Ulasan makanan, minuman, atau produk
  • Ulasan hobi
  • Tutorial

Cara Mengecek Penghasilan Channel YouTube

Seorang YouTuber bisa mengecek berapa jumlah gaji yang didapatkan dengan mengakses situs socialblade.com.

Cukup tuliskan nama channelmu dan lihatnya berapa penghasilan yang kamu dapatkan dari membuat konten di Youtube.

Cara Mencairkan Gaji dari YouTube

Bila kamu sudah memiliki penghasilan dari channel YouTube milikmu, maka sudah saatnya kamu menikmati penghasilanmu. Lalu bagaimana caranya seorang Youtuber mencairkan gaji yang mereka peroleh?

Sebelum itu, pastikan akun AdSense milikmu sudah terverifikasi. Uang yang dihasilkan dari channel YouTube baru bisa dicairkan bila sudah mencapai batas payout. Payout adalah minimal pencairan dana jika uang yang terkumpul sudah mencapai 100$ atau sekitar Rp 1.369.750. Kamu bisa mencairkan dana melalui bank atau western union.

Biasanya dana akan turun di tanggal 21 hingga 26 di setiap bulannya melalui Google AdSense. Namun, jika kamu mencairkan langsung ke rekening pribadi, maka rentan waktunya tergantung kebijakan dari bank masing-masing.

Teratarik jadi YouTuber?

Baca juga:  Ini yang Bisa Dilakukan Bila Gaji di Bawah Upah Minimum

bisnis franchise

10 Bisnis Franchise Makanan Minuman, Modal di Bawah 7 Juta

ootd hijab hamil

OOTD Hijab Bumil ala Selebgram Indah Nada Puspita