Glass Gem Corn, Jagung Pelangi Warna Warni Seperti Permen

Jagung Pelangi ini ada di Cianjur lho!

glass gem corn

Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat selain padi dan gandum dan menjadi salah satu makanan pokok di wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, hingga beberapa daerah di Indonesia.

Untuk masyarakat Indonesia sendiri secara luas, jagung merupakan sajian yang wajib ada saat perayaan atau keadaan tertentu. Misalnya saat malam pergantian tahun baru atau saat kamu tengah berkemah di kaki gunung, Jagung menjadi santapan yang lezat saat diolah dengan cara dibakar. Atau saat kamu tengah asyik menonton film di bioskop, tak lengkap rasanya tanpa cemilan popcorn.

glass gem corn
businessinsider.sg

Tapi, pernahkah kamu melihat atau bahkan mencicipi Jagung dengan aneka warna seperti ini? Jagung pada umumnya berwarna kuning atau putih, tetapi Jagung yang dinamakan Glass Gem ini memiliki warna yang unik. Seperti apa ya rasanya? Apa boleh dikonsumsi?

Apa itu Glass Gem Corn?

jagung pelangi
businessinsider.sg

Jagung Permata Kaca atau Glass Gem Corn merupakan Jagung manis yang mendapatkan efek xenia, yakni gejala genetik berupa pengaruh langsung serbuk sari (pollen) pada fenotipe biji dan buah yang dihasilkan atau singkatnya jagung transgenik yang penanamannya disilangkan dengan spesies lain.

Glass Gem menjadi populer pada tahun 2012 ketika sebuah foto yang diunggah di Facebook memperlihatkan tongkol jagung yang berwarna hasil tanam seorang petani bernama Carl Barnes. Dalam prosesnya, Barnes menukar benih jagung dengan teman-teman seprofesinya yang berada di wilayah lain sehingga tercipta jagung dengan varietas yang berbeda dan unik.

Amankah untuk Dikonsumsi?

glass gem corn
businessinsider.sg

Jagung Permata Kaca sangat aman dikonsumsi apabila dengan metode olahan yang tepat. Jika kamu penasaran dengan cita rasa yang dihasilkan, kamu tidak bisa mencicipi jagung jenis ini secara langsung. Sebab, meskipun pada awalnya jagung ini berasal dari benih jagung manis, tetapi ketika disilangkan dengan spesies lain, maka jagung ini berubah tekstur menjadi lebih keras seperti batu. Biasanya, jenis jagung seperti ini diolah menjadi bubur jagung, tortilla, dan popcorn atau dihaluskan menjadi sebuah serbuk minuman.

Bagaimana Kandungan Dalam Jagung Pelangi?

jagung pelangi
steemit.com

Di Indonesia, wilayah Cianjur menjadi lahan berkembang biak tumbuhan Glass Gem Corn yang juga dikenal sebagai jagung pelangi (rainbow corn). Seorang petani bernama Luki berhasil menghasilkan jagung yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan meskipun tak sedikit jagung pelangi yang dihasilkan berwarna mencolok.

Berbeda dari jagung biasa, jagung pelangi memiliki kandungan gula yang lebih rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Jagung ini juga berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh untuk pria dewasa.

Baca juga:  4 Roti Srikaya Terenak di Jakarta yang Mesti Banget Kamu Coba

Pulau Ranoh

Wisata Sehari di Pulau Ranoh, Surga Dunia yang Tersembunyi

Hotel instagramable di bandung

Rekomendasi Hotel Instagramable untuk Staycation di Bandung, Mulai Rp 170 Ribuan!