Hari Film Nasional, Deretan Film Indonesia Terbaik dan Seru Abis

Rekomen banget!

Di Indonesia, kemarin tiap tanggal 30 Maret di Indonesia selalu diperingati sebagai Hari Film Nasional. Tahun ini merupakan tepat perayaan yang ke-70 tahun. Alasan mengapa tanggal 30 diperingati sebagai hari film karena pada tanggal 30 Maret 1950 merupakan hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail.

Setiap tahunnya, insan perfilman Indonesia terus menghasilkan karya-karya terbaik mereka bahkan hingga ke kancah internasional. Berikut ini adalah daftar film Indonesia terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton ulang buat kamu yang lagi #dirumahaja.

Daftar Film Indonesia Terbaik versi Wokedotid:

1. Ada Apa dengan Cinta? (2002) & (2016)

film indonesia terbaik

Film yang juga dikenal dengan sebutan AADC ini menjadi film legendaris dan masih menjadi favorit bagi para penonton. Mengisahkan tentang seorang gadis SMA populer bernama Cinta (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) yang harus memilih apakah ia ingin tetap menjadi bagian dari gengnya atau jatuh cinta pada anak lelaki yang mencintai sastra di sekolahnya bernama Rangga (diperankan oleh Nicholas Saputra).

Saking populernya, film besutan Rudy Soedjarwo ini dibuat sekuelnya yang dirilis pada 2016 lalu dengan penulis naskah serta sutradara yang berbeda dari musim pertama yakni Riri Riza dan sederet tokoh lainnya.

2. Ayat-ayat Cinta (2008)

Film Indonesia terbaik lainnya adalah Ayat-ayat Cinta. Film ini sukses dengan meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena jumlah penontonnya terbanyak yakni 3,8 juta pada masanya. Film ini bercerita tentang kisah cinta yang tidak biasa. Menggambarkan tentang bagaimana menghadapi turun-naiknya persoalan hidup dengan cara Islam. Fahri bin Abdillah (diperankan oleh Fedi Nuril), sosok pria yang sepanjang hidupnya tidak pernah mengenal pacaran sebelum menikah, bertemu dengan empat wanita yang turut mewarnai hidupnya, yakni Aisha (diperankan oleh Rianti Cartwright), Mariah (diperankan oleh Carissa Putri), Noura (diperankan oleh Zaskia Adya Mecca), dan Nurul (diperankan oleh Melanie Putria).

3. Habibie & Ainun (2012)

Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan tentang perjalanan cinta dari Habibie dan Ainun. Habibie merupakan Presiden ketiga Indonesia yang juga merupakan jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas nan cantik. Ini merupakan kisah cinta pertama dan terakhir yang sangat membekas di hati masyarakat Indonesia. Dijamin, kamu enggak akan bisa nahan air mata!

Dalam film ini, Reza Rahadian berhasil menampilkan karakter gigih dan penyayang dari sosok B.J. Habibie dan peran Ainun dimainkan oleh Bunga Citra Lestari.

4. Gundala (2019)

film indonesia terbaik

Film Indonesia terbaik selanjutnya adalah Gundala. Film besutan Joko Anwar ini berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969 Gundala yang dibuat oleh Harya Suraminata. Mengisahkan tentang Sancaka (diperankan oleh Abimana Aryasatya) yang hidup di jalanan sejak ditinggal ayah dan ibunya. Menghadapi hidup yang keras, Sancaka belajar untuk bertahan hidup dengan tidak peduli dengan orang lain dan hanya mencoba untuk mendapatkan tempat yang aman bagi dirinya sendiri. Ketika situasi kota semakin tidak aman dan ketidakadilan merajalela di seluruh negeri, Sancaka harus buat keputusan yang berat, tetap hidup di zona amannya, atau keluar sebagai Gundala untuk membela orang-orang yang ditindas.

5. Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan (2019)

film indonesia terbaik

Film yang satu ini sangat cocok ditonton saat #dirumahaja. Berkisah tentang Rara (diperankan oleh Jessica Mila) yang terlahir dengan gen gemuk dan kulit sawo matang, warisan sang ayah. Sementara, adiknya Lulu (diperankan oleh Yasmin Napper) mengikuti gen ibu mereka yang merupakan mantan peragawati tahun 1990-an. Rara bekerja sebagai manajer riset di sebuah perusahaan kosmetik. Meski mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari lingkungan sekitar, namun Rara mencintai pekerjaannya. Untung ada Dika (diperankan Reza Rahadian), pacar yang mencintai Rara apa adanya. Suatu hari, muncul peluang bagi Rara untuk naik jabatan di kantor, tapi bos Rara mengharuskan Rara mengubah total penampilannya jika ia mau mengemban tanggung jawab baru ini. Berhasilkan Rara membuktikan dirinya?

6. Dilan 1990 (2018)

Siapa yang tidak mengenal sosok Dilan dan Milea dalam karya Pidi Baiq? Bermula dari kisah roman picisan dalam sebuah novel, kemudian diangkat ke dalam layar lebar. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta sederhana yang dialami oleh Dilan di tahun 1990, sosok nakal tapi sangat menyayangi keluarganya. Dia jatuh cinta pada Milea, siswi pindahan dari ibukota. Cara Dilan memandang Milea dan berusahan untuk merebut hatinya dijamin membuat penonton ikut dibuat melting.

7. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

film indonesia terbaik

Film horor yang satu ini wajib masuk list film terbaik Indonesia. Diproduseri oleh produser film terpopuler Pengabdi Setan dan The Wailing, film ini sukses membuat bulu kuduk penoton merinding. Maya (diperankan oleh Tara Basro) dengan sahabatnya yang bernama Dini (diperankan oleh Marissa Anita) mencoba bertahan di kota tanpa keluarga. Maya menyadari bahwa dia mungkin mewarisi properti dari keluarganya yang kaya. Maya kemudian kembali ke desa dengan Dini dan tidak menyadari bahaya sedang menunggunya.

*bonus*

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

film indonesia terbaik

Satu lagi film Indonesia terbaik yang bisa kamu tonton kembali, yakni Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Setiap keluarga memiliki rahasia. Angkasa (diperankan oleh Rio Dewanto), Aurora (diperankan oleh Sheila Dara), dan Awan (diperankan oleh Rachel Amanda) merupakan kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale (diperankan oleh Ardhito Pramono), seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang dan semua ketakutan manusia pada umumnya.

Itulah deretan film Indonesia terbaik versi Wokedotid. Selamat menyaksikan!

Baca juga:  10 Film Thailand Lucu Terbaik, Dijamin Ngakak

aturan keluar masuk rumah pandemi corona

Enggak Boleh Asal, Ini Aturan Keluar Masuk Rumah Selama Pandemi Corona

cara cek tagihan bpjs kesehatan

Panduan Lengkap Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan