Now Reading
Adakah Hari Terbaik Kirim CV? Ini Jawaban Para Ahli

Adakah Hari Terbaik Kirim CV? Ini Jawaban Para Ahli

kirim CV

“Haduh kok aku belum dipanggil juga ya, padahal udah kirim CV!”

Jika Anda punya keluhan seperti di atas, mungkin artikel ini tepat untuk Anda.

Mungkin terdengar sepele, namun hari atau waktu yang tepat untuk mengirimkan CV juga bisa berpengaruh lho.

Pasalnya setiap harinya HRD akan dihadapkan dengan mengecek ribuan bahkan ratusan CV pelamar yang berhak dipanggil untuk tahap selanjutnya. Maka dari itu, Anda perlu tahu waktu yang tepat agar HRD bisa mengkaji CV Anda.

Berikut ini waktu yang tepat untuk kirim CV yang dilansir dari berbagai sumber:

Hari Terbaik Kirim CV

Analisis Data Bright.com

Menurut studi dari Bright.com, hari terbaik agar CV Anda bisa dibaca dan bisa dipanggil interview adalah hari Senin. Pasalnya 30% pelamar kerja di hari Senin selalu berhasil dipanggil interview.

 Jadi “Mondays Blues” tidak berlaku nih dalam mencari kerja.

Di sisi lain, hari Sabtu jadi hari terburuk untuk mengirimkan CV, karena HR akan mengecek lamaran email pada hari Senin.

Jadi bila Anda kirim CV pada hari Sabtu maka CV dan lamaran Anda akan berada di paling bawah dan tertumpuk dengan lamaran lainnya.

Jack Kelly

Jika penelitian Bright.com menyatakan hari Senin adalah hari terbaik kirim CV. 

Sedangkan menurut Jack Kelly, CEO dari The Compliance Search Group menyatakan hari Kamis, Jumat dan Sabtu jadi hari terbaik kirim CV .

Pasalnya, selain tiga hari tersebut, biasanya akan banyak pelamar kerja lain yang kirim CV. Jadi menurut Jack Kelly, jika CV Anda tidak ingin tenggelam bersama CV pelamar lainnya, maka pilihlah hari di mana pelamar kerja jarang kirim CV, seperti Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Analisis Data Smart Recruiters

Menurut data Smart Recruiters, perusahaan rekrutmen berbasis teknologi, Selasa jadi hari yang paling tepat untuk mengirimkan resume atau CV.

Pasalnya Selasa jadi hari yang paling populer bagi perusahaan untuk membuat keputusan perekrutan, sebanyak 21,5% kandidat direkrut pada hari Selasa.

Analisis Data LinkedIn

Menurut studi LinkedIn yang dilansir dari flexjobs.com, hari paling baik untuk melamar kerja adalah hari Senin pagi.

Senior Analyst LinkedIn, Jacob Bollinger percaya jika hari Senin jadi hari di mana HR masih semangat untuk melihat dan menyortir para pelamar. 

Analisis Data TalentWorks

Tidak hanya Bright.com, LinkedIn, ataupun Smart Recruiters saja yang menganalisis hari terbaik kirim CV.

Situs pencari kerja, TalentWorks juga menganalisis hal yang sama. Jika studi LinkedIn menyebutkan Senin pagi jadi waktu yang tepat untuk mengirimkan CV, lain halnya menurut situs pencari kerja TalentWorks.

Berdasarkan data TalentWorks, sebaiknya para pelamar kerja memanfaatkan waktu selepas makan siang yakni sekitar pukul 12.30 untuk mengirim email lamaran kerja. Waktu tersebut dianggap jadi waktu terbaik, karena sebagian besar orang akan menggunakan waktu selepas makan siangnya untuk mengecek email.

Jadi gimana sudahkah Anda memilih waktu yang tepat?

Baca juga:  7 Jas Hujan Terbaik dari Brand Lokal dengan Desain Kekinian
close