Hati-hati, Kebiasaan Ini Pemicu Rambut Bercabang

Kurangi kebiasaan ini ya!

Ilustrasi rambut rusak, Herbs Spa

Kamu punya masalah rambut bercabang? Duh, pasti menyebalkan sekali, ya! Sudah rajin memotong rambut tiap beberapa bulan sekali, rajin potong ujung yang bercabang, hingga menyisir dengan pelan-pelan, eh tapi kok rambut bercabang masih muncul saja sih? Jika kamu memiliki masalah rambut bercabang, yuk cek kebiasaan harian kamu di sini yang bisa jadi pemicu rambut bercabang.

1. Keramas Setiap Hari

Hayo ngaku siapa di antara kalian yang hobi keramas setiap hari? Keramas rambut memang bagus, tapi lebih baik bila dilakukan sesuai dengan panduan penggunaan. Bila kamu pakai sampo yang memiliki bahan kimia di dalamnya, hendaknya kamu cukup keramas maksimal dua hari sekali saja. Akan tetapi jika kamu memakai sampo herbal, kamu bisa keramas setiap hari.

Umumnya, keramas membuat rambut panas, sehingga, jika rambut kamu terkena sampo tiap hari, ada baiknya memberi jeda kepada rambut dan kulit kepalamu agar tidak kepanasan dan berakhir merusak rambut.

2. Mengecat Rambut

Ketika mengecat rambut, kamu pasti memakai beragam produk. Entah itu bleaching, hair dryer, steamer, highlight ataupun alumunium foil. Sadar atau tidak, hal tersebut bisa membuat rambut menjerit dalam diam lho.

Untuk itu, bagi kamu yang hobi mengecat rambut, hendaknya berikan jeda satu sampai tiga bulan sebelum akhirnya mengecat ulang rambutmu. Pasalnya, kandungan kimia yang tinggi pada cat rambut dan antek-anteknya dapat merusak keratin dalam rambutmu.

Baca juga:  Rekomendasi Sampo Hijab Sesuai Masalah Rambut

3. Tidak Memakai Vitamin Rambut

Vitamin rambut, terdengar sangat sepele dan terkesan seperti tidak memberikan manfaat yang signifikan. Akan tetapi, sebenarnya rambutmu membutuhkan vitamin tambahan dari luar lho.

Kamu dapat menggunakan vitamin rambut yang beredar di pasaran ataupun menggunakan vitamin alami dari alam seperti minyak kemiri dan lidah buaya. Gunakan setelah keramas dengan keadaan rambut masih setengah kering. Vitamin rambut akan membantu menyehatkan batang hingga akar rambut sehingga rambutmu tidak mudah bercabang.

rambut bercabang
wikihow.com

4. Salah Memakai Karet Rambut

Karet rambut ada banyak jenis. Akan tetapi masih ada saja orang yang menggunakan karet dapur untuk mengikat rambutnya. Dimulai dari buru-buru atau kehabisan stok karet jadi alasan bagi seseorang untuk memakai karet dapur.

Selain karet dapur, karet rambut yang kurang elastis juga dapat merusak rambut. Hal ini dikarenakan karet yang tidak elastis akan sulit untuk dilepaskan, ketika hendak dibuka, sehingga kemungkinan rambut untuk tertarik dan putus akan semakin besar. Jika hal ini berlangsung terus menerus terjadi sepanjang hari, rambut akan berubah menjadi bercabang.

5. Rambut Terlalu Sering Terurai

Mengurai rambut sebetulnya sah-sah saja. Akan tetapi, jika kamu mengurai rambut di jalan yang berangin dan panas, tidak menutup kemungkinan rambutmu akan rusak karena terpapar debu dan polusi secara gamblang.

Ubah kebiasaan ini dengan rajin mengikat rambutmu ketika hendak keluar rumah. Lebih bagus lagi jika mengepang rambutmu. Selain membuat rambutmu rapih, kamu juga bisa lebih mudah melindungi rambutmu dari sinar matahari dengan tambahan memakai kupluk jaket ataupun kerudung.

6. Paparan AC

Meski terasa dingin, jangan salah, AC juga dapat merusak rambutmu. Logikanya, jika AC dapat membuat kulitmu kering, pasti AC juga dapat membuat rambutmu kering. Untuk meminimalisir hal ini, kamu dapat menggunakan krim tabir surya khusus rambut. Tabir surya rambut dapat melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari sekaligus juga melindungi rambutmu dari kekeringan. Jangan lupa untuk selalu mengganti belahan rambut atau garis rambutmu karena dengan begitu rambutmu akan sehat secara merata.

Baca juga:  7 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Terbaik

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

nonton preview true beauty sub indo episode 10

Preview True Beauty Episode 10 dan Situs Streaming Gratis

lirik Priority The Boyz

Lirik Lagu Priority The Boyz Soundtrack Drama Korea Run On Terjemahan Indonesia