Hiasan Imlek 2021 Untuk Ide Dekorasi Rumah, Sudah Adakah?

Tetap merayakan imlek di rumah dengan aneka hiasan yang cantik~

hiasan hari raya imlek 2021
Upnsplash/Henry & Co.

Tahun Baru Imlek atau Hari Imlek adalah sebutan umat Tionghoa untuk menandakan adanya pergantian Tahun Baru Cina. Imlek biasanya akan berlangsung selama 15 hari sejak dimulainya pergantian tahun. Dan hari terakhirnya disebut sebagai Cap Go Meh, atau hari penutupan perayaan tahun baru cina. Di tahun ini, Imlek jatuh pada hari Jumat, 12 FebruarI 2021. Biasanya saat Imlek, umat Tionghoa akan memeriahkan dengan menyiapkan berbagai pernak-pernik sebagai hiasan di rumahnya.

Pernak-pernik Imlek tentunya memiliki warna dominan merah dan emas yang memiliki makna tersendiri. Lantas, apa sajakah pernak-pernik yang dijadikan hiasan Imlek dan cocok untuk dekorasi rumah? Yuk cek satu per satu!

Aneka Hiasan Imlek 2021 yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah

Pernak-pernik untuk hiasan imlek iniumumnya banyak terjual di pasar-pasar seperti Pasar Pecinan di Glodok, Pasar Imlek Semawis di Semarang, ITC Mangga Dua, dan sebagainya. Namun, dikarenakan tahun ini sedang ada pandemi, kamu sebaiknya membeli berbagai pernak-pernik tersebut secara online.

1. Lampion merah

Lampion merah merupakan salah satu pernak-pernik yang paling dicari saat hari Imlek akan tiba. Menurut kepercayaan Tionghoa, lampion atau lentera merah ini memiliki makna sebagai bentuk penerangan bagi warganya.

Bentuknya yang cantik dengan balutan warna merah dan kuning keemasan juga yang membuat pernak-pernik ini ramai dibeli. Adapun macam bentuk cantiknya seperti lampion lipat nanas, lampion tenlung, lampion lipat bulat, dan banyak lagi. Lampion khas Imlek biasanya akan digantung di dinding rumah atau depan pintu rumah.

Baca juga:  Lancar Bahasa Inggris Tanpa Les ala Nessie Judge

2. Chun lian

Selain lampion merah, Chun lian juga salah satu pernak-pernik yang wajib ada saat  Imlek. Chun lian ini bentuknya berupa kertas panjang berwarna merah di dalamnya bertuliskan kaligrafi mandarin yang berisi kumpulan doa-doa dan harapan di sepanjang tahun baru.

Saat hari Imlek tiba, setiap rumah warga tiongkok akan menempelkan Chun lian  atau kertas merah ini di sisi kiri dan kanan pintu rumah atau pintu gerbang.

3. Stiker Imlek

Pernak-pernik atau hiasan Imlek yang ketiga adalah stiker. Stiker Imlek memiliki gambar bermacam-macam dengan makna yang berbeda pula. Adapun gambar stiker Imlek yang paling umum meliputi gambar 12 shio, gambar sepasang anak Fu, gambar dewa rezeki, dan sebagainya.

Selain gambarnya yang bermacam-macam, stiker Imlek pun terbilang lebih murah dibanding pernak-pernik lainnya. Stiker Imlek biasanya ditempel pada tembok atau dinding sebagai dekorasi.

Baca juga:  Inspirasi Outfit untuk Memeriahkan Imlek ala Andra Alodita

4. Hiasan apel

Pernak-pernik Imlek selanjutnya yaitu hiasan apel. Hiasan apel digunakan sebagai gantungan untuk dekorasi Imlek. Hiasan ini melambangkan agar mendapatkan kelancaran, keselamatan, dan kesehatan di sepanjang tahun baru. Hiasan apel ini biasanya digantung di depan pintu rumah.

5. Lampion petasan

Selain lampion merah, ada jenis lampion lain yang juga sangat diminati masyarakat Tionghoa saat Imlek, yaitu lampion petasan. Lampion petasan memiliki makna sebagai penuntun jalan kesuksesan di sepanjang tahun baru. Adapun jenisnya pun bermacam-macam seperti lampion petasan kain dan lampion petasan lampu warna-warni. Tentunya menambah kemeriahan IImlek.

6. Hiasan bunga

Hiasan bunga juga termasuk pernak-pernik Imlek. Hiasan Imlek yang satu ini memiliki makna agar kehidupan lebih sejahtera di sepanjang tahun. Adapun bunga hias yang sering diminati saat perayaan Imlek seperti bunga buah persik, bunga peony, bunga buah pulm dan bunga buah cherry. Untuk mempercantik hiasan bunga perlu ditambahkan beberapa hiasan Imlek lainnya seperti gantungan, pita, stiker dan banyak lagi.

Di antara aneka hiasan Imlek di atas, sudah adakah yang kamu persiapkan untuk merayakan Imlek 2021?

Baca juga:  5 Cara Unik Menempelkan Materai Selain dengan Lem Kertas

lirik lagu I and You Siwan soundtrack drama Korea Run On

Lirik Lagu I and You Im Siwan OST. Drama Run On Terjemahan

the lodge maribaya maribaya

The Lodge Maribaya, Wisata Dengan Spot Instagramable di Bandung