5 Hal yang Sebaiknya Dimiliki HRD Perusahaan

HR perusahaan
sumber: pexels

Beberapa tugas Human Resources Department atau biasa disingkat HRD kurang lebih mencari, mensortir dan memilih karyawan potensial, serta secara tidak langsung berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pekerja yang berdampak pada kinerja perusahaan.

Tentunya tugas HRD tidak hanya itu saja, karena masih ada tugas lainnya yang diemban oleh HRD perusahaan. Maka dari itu agar mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, HRD perusahaan harus memiliki beberapa kemampuan.

Menurut Arte Nathan, Chief Human Resources Officer Golden Nugget yang dilansir dari Society for Human Resouce Management, ada 5 poin yang sebaiknya dimiliki oleh HRD perusahaan:

5 Hal yang Sebaiknya Dimiliki HRD Perusahaan

1. Visi

Tahu apa yang ingin Anda capai dan jangan tunggu sampai perusahaan menentukan visi Anda. 

Dalam tulisan Arte Nathan di shrm.org, saat dia bekerja sebagai Chief HR Officer di Wynn Resorts dia memiliki visi untuk mengembangkan budaya perusahaan di mana bisa membuat oleh lain ingin bekerja di Wynn Resort dan membuat karyawan betah.

Menurut Arte Nathan, karena ia memiliki visi di awal, ia jadi memiliki keinginan untuk maju sehingga dia berhasil membuat tingkat turnover karyawan hanya 11% dan berhasil membuat lebih dari 3 juta pelamar tertarik untuk melamar pekerjaa di 125.000 lowongan yang tersedia.

Selain itu ia juga berhasil menjadikan Wynn Resort jadi salah satu perusahaan di Amerika yang paling diidamkan sebagai tempat kerja.

2. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Sebagai HRD perusahaan, tentunya akan berkomunikasi dengan banyak orang, mulai dari kandidat, karyawan hingga atasan.

Untuk itulah, HRD dituntut untuk berkomunikasi dengan baik, baik lisan maupun tulisan. Tidak hanya mampu berkomunikasi dengan baik, seorang HRD juga wajib menjadi pendengar yang baik pula.

3. Melek Teknologi

Tentunya dengan bantuan teknologi, seorang HRD bisa lebih efektif dalam bekerja.

Dari pengalaman Arte Nathan, berkat ia melek teknologi, ia bisa menemukan sistem atau portal lowongan kerja yang tepat untuk menemukan pekerja terbaik, selain itu ia juga bisa mengimplementasikan human resource information systems dengan tepat.

4. Jadilah Orang yang Fleksibel

Bagaimana caranya?  

Menurut Arte Nathan untuk bisa menjadi orang yang fleksibel ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti sebaiknya Anda jadi orang yang haus akan informasi.

Contohnya bila Anda HRD, cobalah untuk mempertimbangkan mengadakan seminar dengan pihak profesional agar kemampuan Anda ataupun karyawan bisa lebih berkembang. Selanjutnya cobalah hal baru. Bila hal yang baru lebih baik janganlah terpaku akan hal lama.

5. Bisa Berhitung

Mungkin sebagai seorang HRD, Anda sering merasa takut ditolak bila ingin mengajukan progam atau sistem HRD tertentu.

Nah, maka dari itu menurut Arte Nathan Chief Human Resources Officer Golden Nugget, seorang HRD perusahaan harus bisa berhitung. Dulu, dia pernah mengajukan ide untuk membuat sistem rekrutmen karyawan yang memerlukan 100 komputer.

Tentu hal tersebut memerlukan dana banyak, namun karena dia mampu menganalisis keuntungan dari investasi tersebut, maka perusahaan menyetujuinya dan terbukti dari perhitungannya, sistem tersebut mampu meraih keuntungan.

Baca juga:  13 Inspirasi OOTD Hijab Kasual Kekinian, Tak Pakai Mahal!
surat utang negara

Pemerintah Lelang Surat Utang Negara (SUN)

ditjen pajak

Ditjen Pajak Bisa Pantau Rekening Nasabah, Ini Detailnya!