Indonesia Alami Resesi Ekonomi, Apa yang Harus Dilakukan?

Hal inilah yang bisa kamu lakukan.

resesi ekonomi
ft.com

Banyak negara yang tengah mengalami penurunan ekonomi. Di Indonesia sendiri, kita mengetahui, selama dua kuartal pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan atau dikatakan negatif, sehingga Indonesia masuk ke dalam resesi ekonomi.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, perekonomian Indonesia pada kuartal III kemungkinan besar akan mengalami kontraksi pada minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kuartal IV menjadi negatif. Dampak resesi yang riil adalah hilangnya pendapatan masyarakat dan turunnya daya beli masyarakat sehingga mengakibatkan sepinya sektor dagang atau pasar. Peristiwa resesi dalam perekonomian negara memiliki pengaruh besar termasuk pada orang-orang yang terletak di “bottom of pyramid”.

Masyarakat “bottom of pyramid” adalah masyarakat sipil yang mata pencahariannya adalah dagang. Selama resesi, mereka lebih memilih untuk diam dan mengurangi beberapa pengeluarannya sebab penghasilan atau income mereka mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh terbatas gerak dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Lantas, apa saja hal-hal yang harus kita lakukan dalam menghadapi resesi ekonomi kali ini? Simak artikel berikut.

Hal yang Bisa Dilakukan Bila Resesi Ekonomi

1. Investasi Saat Resesi Ekonomi

Investasi merupakan jalan terbaik saat negara atau dunia mengalami resesi. Di saat resesi, masyarakat akan cenderung diam di rumah dan selektif dalam membelanjakan uangnya. Maka, beberapa sektor usaha juga akan mengalami penurunan dalam pertumbuhannya sehingga berpengaruh pada harga saham perusahaan tersebut. Hal inilah yang mungkin bisa menjadi peluang kamu untuk berinvestasi dengan cara membeli saham perusahaan tersebut dengan harga yang relatif murah. Namun, kamu juga perlu memperhatikan saham perusahaan mana yang kamu rasa cocok dan mampu bertahan di saat resesi ini,

2. Siapkan Uang Tunai

Uang tunai adalah barang cadangan apabila resesi ekonomi terjadi. Ketika resesi terjadi, beberapa perusahaan akan mengalami penurunan, begitupun dengan harga saham, sehingga ini bisa jadi kesempatan bagi investor untuk berbondong-bondong membeli saham di masa resesi. Selain itu, kamu juga dapat gunakan uang tunai tersebut sebagai modal untuk membuka usaha sampingan di saat resesi benar-benar terjadi sebab kondisi pasar dapat dikatakan sedang sepi.

Baca juga:  Awas, Melipat hingga Mencoret Uang Rupiah Bisa Didenda Rp 1 Miliar!

3. Paradox Thinking

Beranilah untuk mengamil risiko. Jika beberapa investor fokus pada cost reduction sebab mata uang dollar sulit “dijinakkan”, kamu bisa fokus pada growth (pertumbuhan).

Jika beberapa investor cenderung bertindak wait and see menghadapi kondisi bisnis yang tidak menentu, kamu justru harus proaktif dan merespon pasar dengan gerakan yang progresif untuk menggebrak pasar.

Jika para pelaku cenderung melakukan bisnis as usual sebab ekonomi sedang melambat, kamu justru harus out of the box untuk menggerakkannya.

Jika beberapa masyarakat mengurangi pengeluarannya untuk pendidikan dan kebutuhan lainnya, kamu bisa menaikkan budget untuk memanfaatkan momentum pasar yang sedang sepi oleh para pebisnis lainnya.

Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari resesi atau krisis akibat adanya pandemi COVID-19 ini. Salah satunya adalah makna krisis itu sendiri. Pepatah tiongkok mengatakan bahwa crisis bermakna “wei ji” yang berasal dari suku kata “wei” yang artinya malapetaka dan “ji” yang artinya kesempatan. Maka dari itu, krisis dapat dipandang dari 2 sudut pandang yakni malapetaka bagi kehidupan manusia, sebab ia harus menjalani kehidupan secara tidak biasa dan juga dapat diartikan sebagai kesempatan bagi manusia untuk berinvestasi sehingga saat ekonomi telah pulih bisa mendapatkan “buah”nya.

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

kawah ijen wisata banyuwangi

3 Rekomendasi Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Makanan Enak Dekat Stasiun Senen dengan Rating Tertinggi