Ingin Jadi Penulis? Ikuti Langkah Berikut Ini!

Yuk, mulai jadi penulis!

jadi penulis
freepik.com/yanalya

Ingin jadi penulis tapi masih ragu dengan kemampuanmu sendiri? Ketika menjadi penulis, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Di antaranya adalah seberapa “asik” nya tulisanmu, apakah tulisanmu cukup informatif dan bagaimana gaya bahasa yang ingin kamu gunakan untuk mencerminkan tulisanmu. Namun, diantara semua itu, kunci dari menulis adalah seberapa besarnya inspirasi yang kamu miliki untuk mengembangkan suatu tulisan.

Banyak orang yang mengaku sulit untuk menulis sesuatu karena kurangnya inspirasi. Padahal, semakin sering kamu melatih kemampuan menulis, maka “gerbang” inspirasimu akan terbuka semakin lebar. Lalu bagaimana sih caranya melatih kemampuan menulis?

Membuat Blog Pribadi

Pernahkah kamu membuat blog? Jika belum pernah, maka cara ini adalah salah satu cara yang tepat bagi kamu untuk melatih kemampuan menulismu. Kamu dapat membuat blogmu sendiri dan belajar bagaimana caranya membuat tulisan yang baik. Fun fact, meski kamu belum menjadi penulis yang outstanding, kamu tentu bisa membedakan mana tulisan yang “asik” dan membosankan bukan? Nah, pada latihan kali ini, cobalah buat tulisan sebaik mungkin kemudian save dan jadikan draft. Jika sudah, baca ulang tulisanmu. Kamu pasti akan menemukan kekurangan dari tulisanmu tersebut, perbaiki lagi kemudian baca ulang. Lakukan terus menerus hingga dirasa tulisanmu enak dibaca.

Ketika berlatih menulis di blog, kamu bisa menggunakan berbagai gaya bahasa. Kamu bisa menulis dengan gaya tulisan gaul ala anak muda, informatif ataupun dengan gaya tulisan yang sedikit kaku. Dengan berlatih menulis banyak gaya penulisan, kamu akan menemukan gaya penulisanmu sendiri. Sehingga sebagai penulis, kamu akan memiliki ciri khasmu sendiri. Ketika sudah memposting tulisanmu di blog, jangan lupa share link artikel kamu di sosial mediamu ya. Gunanya agar menarik pembaca pada blogmu. Jika artikel penulisanmu mendapat komentar dari pembaca, itu tandanya gaya penulisanmu sudah berhasil menarik perhatian pembaca. Semakin banyak pembaca yang berkomentar pada artikelmu, maka semakin berhasil penulisanmu.

Kirim Tulisanmu

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi seorang penulis adalah membuat artikel khusus dan mengirimkannya kepada website-website yang menerima artikel-artikel secara bebas. Ketika mengirimkan tulisanmu, tulisanmu tidak akan langsung di posting sebagai artikel, melainkan akan melalui proses pengecekan terlebih dahulu. Jika tulisanmu lolos uji kelayakan, barulah nantinya tulisanmu akan diterbitkan menjadi sebuah artikel.

Baca juga:  Sederet Prospek Kerja di Bidang Kepenulisan dengan Penghasilan Tinggi

Jika artikelmu lolos tahap uji kelayakan, tandanya kamus udah berhasil “naik level” menjadi penulis yang handal. Tapi, jika tulisanmu tidak lolos uji kelayakan, jangan langsung berkecil hati ya. Cobalah untuk memperbaiki tulisanmu dan mengirimkan tulisanmu kembali. Semakin kamu belajar dari kesalahan kamu, niscaya tulisanmu akan semakin sempurna seiring menajamnya kemampuan kamu untuk jadi penulis.

Ikut Lomba

Cara berikutnya untuk jadi seorang penulis adalah mengikutsertakan tulisan kamu pada sebuah lomba. Kamu tidak harus menulis sebuah tulisan yang panjang, jika dirasa berat, kamu bisa coba menulis cerpen atau puisi sebagai permulaan. Selain mendapatkan pengalaman baru, kamu juga akan jadi lebih terpacu untuk mendapatkan prestasi melalui lomba. Apalagi, jika tulisanmu terpilih jadi salah satu pemenang, pasti kebahagiaan itu akan jadi motivasi kamu untuk terus berkarya.

Baca juga:  Tips Mendapatkan Ide Tulisan

Jadi Freelancer Penulis

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk jadi seorang penulis yang baik adalah dengan jadi freelancer penulis. Kamu bisa mencarinya dari berbagai lowongan di sosial media. Cara terakhir ini adalah cara yang lebih baik kamu lakukan ketika sudah terbiasa menulis panjang. Misalnya saja, kamu sudah terbiasa menjadi blogger atau terbiasa menuliskan karya tulisanmu. Karena jika tidak, bukan hanya kehilangan pekerjaan sebagai freelancer, tapi kamu akan merasa gampang putus asa jika mendapat feedback yang kurang mengenakan. Jadi, latih mental dan skill mu terlebih dahulu dengan sering menulis artikel tiap harinya.

Itulah yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri jadi penulis yang baik. Tertarik jadi penulis? Kamu bisa mengirimkan karyamu ke Woke.id kok! Ayo lebih semangat lagi jadi penulis, latih kemampuanmu setiap hari!

nonton sisyphus the myth 2 sub indo gratis

Preview Sisyphus The Myth Episode 3 dan Situs Streaming Gratis

nonton man city vs west ham live streaming liga inggris gratis

Man City vs West Ham: Jadwal dan Link Live Streaming Gratis