Now Reading
Inilah Prediksi Pemenang Oscar 2020 Menurut Para Pakar

Inilah Prediksi Pemenang Oscar 2020 Menurut Para Pakar

oscar 2020

Academy award atau yang lebih dikenal dengan piala Oscar merupakan ajang penghargaan di Amerika guna menghargai karya dalam industri film.

Nantinya, para pemenang akan diberikan penghargaan berupa salinan patung oleh Academy Award of Merit. Penghargaan Oscar ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1929.

Hingga kini tahun 2020, Academy Award ke-92 akan digelar pada 10 Februari 2020 di  Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika. Sepanjang tahun 2019, ada begitu banyak film yang berhasil menuai respon positif dari para pakar dan juga para penonton setia.

Tahun lalu, Bohemian Rhapsody menjadi film dengan membawa banyak piala dalam Oscar. Film yang mengisahkan band legendaris Queen ini berhasil memborong 4 piala, yakni Film Editing, Sound Editing, Sound Mixing dan Best Actor yang berhasil diraih oleh Rami Malek. Sementara itu, Green Book, Black Panther, dan Roma berhasil membawa pulang masing-masing 3 penghargaan di kategori yang berbeda.

Lalu, bagaimana untuk prediksi pemenang Oscar 2020? Dalam satu tahun terakhir ini, ada begitu banyak film-film besutan sutradara terkenal yang berhasil menarik minat penonton atas karyanya yang luar biasa. Mulai Joker hingga 1917, kira-kira film apa saja yang membawa pulang penghargaan Academy Award ke-92  ya?

Berikut adalah prediksi pemenang Oscar 2020 menurut pakarnya

Menurut pakar dari New York Times, film 1917 akan meraih banyak penghargaan Oscar 2020. Sejak perilisannya, film yang disutradarai oleh Sam Mendes ini memang sudah membawa banyak penonton. Banyak kritikus film yang memuji film berdurasi 110 menit ini. Maka tak heran, banyak pakar yang berpikir film 1917 akan menjadi pemenang dalam penghargaan bergengsi tersebut. Apakah kamu termasuk yang berpikir demikian?

Best Picture

 “1917”

“Ford v Ferrari”

“The Irishman”

“Jojo Rabbit”

“Joker”

“Little Women”

“Marriage Story”

“Once Upon a Time … in Hollywood”

“Parasite”

Prediksi pemenang Oscar 2020 yang pertama adalah film 1917. Film ini telah meraih banyak penghargaan dari penghargaan Golden Globes. Meskipun memulai jadwal tayangnya pada akhir tahun lalu, tepat setelah enam minggu sejak dirilis, 1917 menghasilkan lebih dari $ 120 juta di dalam negeri, dan menempati slot No. 2 di box office akhir pekan lalu.

Best Director

prediksi pemenang oscar 2020

 Sam Mendes, “1917”

Martin Scorsese, “The Irishman”

Todd Phillips, “Joker”

Quentin Tarantino, “Once Upon a Time … in Hollywood”

Bong Joon Ho, “Parasite”

Untuk kategori ini, pakar tersebut memprediksikan bahwa 1917 dan Parasite akan bersaing ketat. Parasite, sebagai satu-satunya film Asia yang akan bersaing dalam Oscar 2020. Bong Joon Ho berhasil menjelaskan presepsi kehidupan lewat Parasite. Terbukti, telah banyak penghargaan yang berhasil diraih film ini.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa 1917 juga akan memenangkan kategori ini. Sam Mendes tahu betul bagaimana memproduksikan sebuah karya yang lebih berani baik dari segi visual hingga jalan cerita.

Best Actor

oscar 2020

 Joaquin Phoenix, “Joker”

Antonio Banderas, “Pain and Glory”

Leonardo DiCaprio, “Once Upon a Time … in Hollywood”

Adam Driver, “Marriage Story”

Jonathan Pryce, “The Two Popes”

Para pemilih Oscar tertarik pada akting transformasi yang nyata. Meskipun ada banyak aktor veteran seperti Leonardo DiCaprio serta Antonio Banderas, namun akting yang mencolok dari transformasi dari Joaquin Phoenix sebagai Joker patut dipertimbangkan. Tak sedikit yang menyebutkan Phoenix sebagai aktor terbaik di generasinya.

Best Actress

✓ Renée Zellweger, “Judy”

Cynthia Erivo, “Harriet”

Scarlett Johansson, “Marriage Story”

Saoirse Ronan, “Little Women”

Charlize Theron, “Bombshell”

Enam belas tahun setelah Zellweger dianugerahi piala Oscar pertamanya, untuk kategori aktris pendukung film Cold Mountain, ia akan kembali ke masuk dalam daftar calon Oscar untuk perannya sebagai Judy Garland dalam film Judy. Sejauh ini, tidak ada pesaing lain yang pernah mengumpulkan cukup momentum untuk benar-benar bersaing dengan Zellweger, yang telah menjadi favorit sepanjang musim.

prediksi pemenang oscar 2020

✓ Brad Pitt, “Once Upon a Time … in Hollywood”

Tom Hanks, “A Beautiful Day in the Neighborhood”

Anthony Hopkins, “The Two Popes”

Al Pacino, “The Irishman”

Joe Pesci, “The Irishman”

Meskipun sudah berusia 56 tahun dan pernah mengantongi piala Oscar sebelumnya, namun Brad Pitt belum pernah memenangkan Academy Award untuk aktingnya. Nah, unthk penampilannya dalam Once Upon a Time … in Hollywood diyakini akan membawa pulang piala penghargaan untuk kategori ini.

✓ Laura Dern, “Marriage Story”

Kathy Bates, “Richard Jewell”

Scarlett Johansson, “Jojo Rabbit”

Florence Pugh, “Little Women”

Margot Robbie, “Bombshell”

Laura Dern menjadi satu-satunya pesaing aktris pendukung yang mendapatkan jumlah buzz yang sebanding dengan Jennifer Lopez, dan dia bahkan tidak masuk daftar lima nominasi. Menurut pakar, Dern tidak akan pulang dengan tangan kosong untuk tahun ini.

“Parasite,” Bong Joon Ho, Han Jin Won

“Knives Out,” Rian Johnson

“Marriage Story,” Noah Baumbach

“1917,” Sam Mendes and Krysty Wilson-Cairns

“Once Upon a Time … in Hollywood,” Quentin Tarantino

Quentin Tarantino telah memenangkan skenario film Oscar dua kali sebelumnya, jadi ada kemungkinan dia tidak menang untuk kategori ini. Adapun prediksi pemenang dalam kategori ini adalah pesaingnya yakni Parasite, film asal Korea Selatan.

“Jojo Rabbit,” Taika Waititi

“The Irishman,” Steven Zaillian

“Joker,” Todd Phillips, Scott Silver

“Little Women,” Greta Gerwig

“The Two Popes,” Anthony McCarten

Para pemilih Oscar mengalami banyak kekecewaan ketika Gretaa Gerwig gagal menjadi sutradara terbaik tahun lalu, dan mungkin mereka akan tergoda untuk menebusnya di tahun ini. Meski demikian, menurut para pakar pemenang akan jatuh kepada Taika Waititi, yang memenangkan Writers Guild Award dalam kategori ini sebagai Adolf Hitler.

prediksi pemenang oscar 2020

“Parasite,” South Korea

“Corpus Christi,” Poland

“Honeyland,” North Macedonia

“Les Misérables,” France

“Pain and Glory,” Spain

Di luar kategori akting, ini adalah salah satu momen yang paling ditunggu dan sudah diduga banyak orang apabila Parasite pasti akan menjadi pemenang dalam kategori ini. Tentunya, bila Parasite menang ini jadi penghargaan film Korea pertama di  Oscar.

“Toy Story 4”

“How to Train Your Dragon: The Hidden World”

“I Lost My Body”

“Klaus”

“Missing Link”

Jika kita kilas balik, Toy Story 3 membawa pulang kemenangan di tahun sebelumnya. Dan di tahun ini, kemungkinana pemenang Oscar 2020 adalah sekuel Toy Story 4.

“American Factory”

“The Cave”

“The Edge of Democracy”

“For Sama”

“Honeyland”

Honeyland yang mengisahkan tentang peternak lebah di Makedonia Utara, masuk dalam nominasi ganda yang mengesankan untuk film dokumenter dan film internasional. Namun, kategori ini dikemas dengan drama isu-isu sosial yang kuat, dan yang paling disukai adalah film American Factory yang mencatat bentrokan budaya antara industrialis Cina dan pekerja keras Amerika. Film ini telah menerima dorongan kuat dari Netflix serta disukai Barack dan Michelle Obama.

“1917”

“Avengers: Endgame”

“The Irishman”

“The Lion King”

“Star Wars: The Rise of Skywalker”

Pesaing best visual biasanya memiliki keunggulan lebih di kategori ini. The Lion King dan The Irishman tak kalah dalam visualnya. Namun, jika harus memilih pemenang, 1917 yang terbaik menurut pakar.

“Ford v Ferrari”

“The Irishman”

“Jojo Rabbit”

“Joker”

“Parasite”

Di antara nominasi dalam kategori ini, Ford v Ferrari menjadi pilihan yang jelas akan menang, karena urutan balapnya akan menjadi sesuatu tanpa pengeditan yang cepat dan tepat.

“Joker,” Hildur Gudnadottir

“Little Women,” Alexandre Desplat

“Marriage Story,” Randy Newman

“1917,” Thomas Newman

“Star Wars: The Rise of Skywalker,” John Williams

Thomas Newman telah dinominasikan dalam kategori ini 14 kali tanpa kemenangan, dan meskipun 1917 bisa mendapatkan Oscar paling banyak malam penghargaan nanti, para pakar tidak berpikir skornya akan menang. Setidaknya Newman tidak akan kalah dari sepupunya Randy, komposer untuk Marriage Story. Film Joker akan mengisi daftar pemenang dalam kategori ini.

“(I’m Gonna) Love Me Again,” “Rocketman”

“I Can’t Let You Throw Yourself Away,” “Toy Story 4”

“I’m Standing With You,” “Breakthrough”

“Into the Unknown,” “Frozen 2”

“Stand Up,” “Harriet”

Let It Go menang dalam kategori ini tujuh tahun lalu, tetapi bisakah Frozen 2 kembali memenangkan Oscar yang sama? Dalam penghargaan tahun ini, para pakar justru memilih Rocketman sebagai soundtrack terbaik.

“1917”

See Also
download nonton drama korea strong girl namsoon sub indo gratis

“The Irishman”

“Jojo Rabbit”

“Once Upon a Time … in Hollywood”

“Parasite”

Parasite dan 1917 akan bersaing ketat dalam kategori ini. Dan sekali lagi, pakar berpendapat bahwa 1917 akan membawa pulang piala tersebut.

“1917,” Roger Deakins

“The Irishman,” Rodrigo Prieto

“Joker,” Lawrence Sher

“The Lighthouse,” Jarin Blaschke

“Once Upon a Time in Hollywood,” Robert Richardson

Diperkirakan Deakins akan membawa pulang piala Oscar 2020 untuk kategori ini, mengingat ada banyak karya-karya miliknya yang telah keluar sebagai pemenang dalam Academy Awards.

“Little Women”

“The Irishman”

“Jojo Rabbit”

“Joker”

“Once Upon a Time … in Hollywood”

Para pakar berpikir bahwa film film bertemakan era 1990an akan kalah dalam kategori ini. Oleh sebab itu, Little Women menjadi pilihan yang tepat.

“Bombshell”

“Joker”

“Judy”

“Maleficent: Mistress of Evil”

“1917”

Ini adalah pertama kalinya kategori ini memperluas jumlah nominasi menjadi lima dari tiga, tetapi itu hampir tidak menjadikan kategori ini kurang diminati. Bombshell dijamin akan menang untuk transformasi Charlize Theron yang luar biasa dan dibantu prosthetics yang dibantu ke dalam jangkar sudut Fox News, Megyn Kelly.

“1917”

“Ad Astra”

“Ford v Ferrari”

“Joker”

“Once Upon a Time … in Hollywood”

Film 1917 berupaya menempatkan penonton dalam situasi yang sama mustahilnya dengan tokoh protagonisnya. Suara Peluru mendesing, air terjun menderu, hingga langkah kaki 1917 memiliki semua yang diperlukan untuk berhasil di sini. Film-film perang dan nominasi film terbaik biasanya diposisikan terbaik dalam kategori ini, dan 1917 adalah sang juara.

“1917”

“Ford v Ferrari”

“Joker”

“Once Upon a Time … in Hollywood”

“Star Wars: The Rise of Skywalker”

Sebuah ide baru-baru ini muncul di Academy Awards untuk menggabungkan kedua kategori suara karena banyak pemilih masih tidak mengerti perbedaan di antara mereka. Sebagai catatan: Pengeditan suara lebih terkait dengan penciptaan suara, sementara pencampuran suara adalah tentang menggabungkan suara-suara yang berbeda secara bersamaan. Hampir dipastikan 1917 akan menjadi pemenang.

“Hair Love”

“Dcera”

“Kitbull”

“Memorable”

“Sister”

Pixar dengan karyanya Kitbull yang mengisahkan tentang ikatan antara kucing lorong dengan pit bull yang disalahgunakan, dan Hair Love dari Sony menggambarkan tentang seorang ayah Afrika-Amerika yang berjuang untuk putrinya. Dalam kategori ini, Hair Love menjadi nomor satu.

“The Neighbors’ Window”

“Brotherhood”

“Nefta Football Club”

“Saria”

“A Sister”

The Neighbors’ Window yang dibintangi Tony Maria Dizzia menjadikan film ini akan meraih penghargaan untuk kategori tersebut.

“Learning to Skateboard in a Warzone (if You’re a Girl)”

“In the Absence”

“Life Overtakes Me”

“St. Louis Superman”

“Walk Run Cha-Cha”

Learning to Skateboard in a Warzone (if You’re a Girl) menceritakan tentang sekolah skating untuk anak perempuan di Afghanistan yang dinilai cukup relevan secara politis untuk mencetak banyak poin dari pemilih Oscar, tetapi yang lebih penting lagi, film ini berhasil menghasilkan senyum dari penonton.

Bagaimana menurutmu? Setuju dengan prediksi pemenang Oscar 2020 di atas?

Baca juga:  Daftar Nominasi Oscar 2020, Parasite Masuk 6 Nominasi!

close