Tertarik Investasi Saham tapi Masih Awam? Ini Cara Belajarnya

investasi saham
wealthwoke.com

Bagi kamu yang tertarik belajar investasi saham, kamu bisa mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) atau Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS). Kedua sekolah pasar modal tersebut adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Yuk, simak cara daftar dan persyaratannya!

investasi saham
Sekolah pasar modal 2015, poems.co.id

Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) Hadirkan Dua Level

  • Level 1 diperuntukkan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham. Pada level 1 ini, peserta akan mendapat gambaran umum tentang pasar modal, investasi saham, dan cara berinvestasi saham di pasar modal Indonesia.

    Untuk mengikuti sekolah pasar modal saham level 1, peserta dikenakan biaya Rp100,000. Dana ini akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM/SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham).
  • Level 2 adalah workshop investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham pada saat mengikuti kelas level 2 ini. Bagi kelas level 2 dapat diikuti oleh peserta SPM level 1, setelah menyelesaikan kelas.

    Pada SPM level 2 peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai pengetahuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan. 

    Sementara pada SPMS level 2, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang analisa fundamental dan teknikal, informasi market update serta pengenalan Reksa Dana Syariah sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi secara syariah.
Baca juga:  Hati-hati, Perusahaan Ini Diduga Jalankan Investasi Bodong!
investasi saham
impactiq.org

Syarat Daftar Sekolah Pasar Modal dan Ikut Investasi Saham

  1. Untuk menjadi peserta SPM Saham/SPMS Saham level 1, kamu diwajibkan untuk mentransfer dana sebesar Rp100,000. Dana tersebut akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM Saham/SPMS Saham dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham). Rekening PT Indonesia Capital Market Electronic Library akan diinformasikan dalam email konfirmasi.
  2. Sementara bila kamu ingin mengikuti SPM (Sekolah Pasar Modal) Reksadana, kamu diwajibkan mentransfer dana sebesar Rp200,000. Dana tersebut akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi reksadana (biaya SPM Reksadana dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi reksadana). Rekening PT Indonesia Capital Market Electronic Library akan diinformasikan dalam email konfirmasi.
  3. Pada saat pelaksanaan SPM (saham/reksadana)/SPMS level 1, peserta harus membawa:
    1. Bukti setor dana yang telah ditransfer ke rekening PT Indonesia Capital Market Electronic Library (khusus SPM kota Jakarta dan SPM Syariah);
    2. Membawa fotokopi KTP;
    3. Membawa fotokopi NPWP;
    4. Membawa fotokopi halaman depan buku rekening tabungan;
    5. Untuk mahasiswa dan ibu rumah tangga membawa fotokopi kartu keluarga;
    6. Untuk mahasiswa dan ibu rumah tangga membawa fotokopi NPWP orangtua/suami;
  4. Pada saat pelaksanaan SPM Saham level 2, peserta wajib membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham
  5. Setelah mengikuti sekolah pasar modal, kamu akan mendapatkan sertifikat dalam bentuk file digital yang akan dikirimkan ke email peserta setelah peserta mengikuti SPM/SPMS level 1 & 2 pada hari yang sama dan telah melakukan transaksi jual/ beli saham/reksadana. Selain itu materi dalam bentuk file digital akan dikirim kepada peserta melalui email.

Cara Daftar Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS):

  • Buka https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/  klik “Pendaftaran”. Ada dua kelas yang bisa kamu ikuti yakni “Kelas Tatap Muka”, “Kelas Online”.
  • Pilih kelas yang ingin kamu ikuti
  • Bagi kamu yang ingin memilih kelas tatap muka, pilih progam, level, waktu dan lokasi di mana  kamu ingin belajar. Namun dikarenakan sedang adanya pandemi Corona, kelas tatap muka sementara akan dilakukan dalam bentuk webinar (video conference). Berikut jadwal tiap sekolah pasar modal kelas tatap muka:
    • Sekolah Pasar Modal (SPM) Saham:
      • Level 1: Pukul 08.00 – 12.00 hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu;
      • Level 2: Pukul 13.00 – 16.00 hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu;
    • Sekolah Pasar Modak (SPM) Reksadana
      • Pukul 09.00 – 12.00 setiap hari Sabtu
    • Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) Saham
      • Level 1: Pukul 08.00 – 12.00 setiap hari Rabu dan Sabtu;
      • Level 2: Pukul 13.00 – 16.00 setiap hari Rabu dan Sabtu;
  • Sementara bila kamu ingin mengikuti kelas investasi saham online (kelas online), serupa dengan kelas tatap muka kamu juga diharuskan mendaftarkan akun kamu terlebih dahulu dengan memasukkan nama depan, nama belakang, email, password. Ikuti tiap intruksinya dan selamat belajar, ya!
Baca juga:  Pelatihan Kerja Gratis dari Pemerintah 2020

 

ASTRO

Lirik Lagu Knock ASTRO Romanization dan Terjemahannya

ciri-ciri dan cara mengetahui whatsapp (WA) disadap

Wajib Tahu! Ini Tanda WA Disadap dan Cara Terbaik agar Tidak Mengalaminya