iPhone 12 2020: Isi Boks, Harga, dan Jadwal Rilis di Indonesia

Enggak ada charger dan earphone, lho!

harga iphone 12 2020
Apple

Sempat beredar rumor bahwa iPhone 12 2020 akan hadir tanpa charger dan earphone kabel. Setelah dirilis pada Selasa (13/10), rumor tersebut ternyata dibenarkan oleh VP Environment, Policy and Social Initiatives Apple, Lisa Jackson. Pembelian iPhone 12 series dipastikan tidak mendapat charger dan earphone kabel.

Kok, bisa? Yuk, simak alasannya dalam ulasan berikut.

Kali Pertama iPhone Hadir Tanpa Charger dan Earphone Kabel

Lisa Jackson dalam Apple Event, Selasa (13/10) menjelaskan alasan di balik ketidakhadiran charger dan earphone kabel dalam iPhone 12 series semata-mata untuk mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan dari limbah produk mereka. Lebih jauh, langkah ini pun dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi biaya produksi.

Apple mencatat saat ini diperkirakan sudah ada 2 miliar power adapter (kepala charger) dan 700 juta earphone kabel Apple di dunia. Berangkat dari masalah tersebut, Apple memutuskan untuk menghapus dua barang esensial dari isi boks iPhone 12 series.

Apple mengklaim bahwa langkah tersebut mampu mengurangi emisi karbon akibat aktivitas penambangan yang untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan aksesoris pelengkap Apple. Pasalnya, semakin banyak mesin penambang yang beroperasi, maka semakin besar pula konsumsi listrik yang diperlukan.

“Ini seperti mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya, yang setara dengan menghilangkan 450.000 unit mobil di jalan raya selama satu tahun” Kata Lisa dikutip dalam laman Business Insider.

Jadi, ketimbang menambah sampah baru, pengguna iPhone 12 series dapat menggunakan adaptor daya dan earphone kabel Apple lama, selama itu masih kompatibel dengan seri iPhone terbaru tersebut. Jika memang diperlukan, pengguna juga dapat membeli kedua aksesoris tersebut secara terpisah.

Untuk harganya, earphone dan charger dijual masing-masing US$19, sekitar 279 ribuan per unit.

Baca juga:  Wajib Tahu! Ini 6 Aplikasi Cuaca Terbaik dan Terakurat untuk Android dan iOS

Langkah Tersebut Memungkinkan Kemasan iPhone 12 ke Atas Lebih Kecil

Meski tidak mendapatkan adapter daya dan earphone kabel, iPhone 12 akan menyertakan satu buah kabel konverter Lightning ke USB-C, yang dapat dipasang ke komputer atau adaptor untuk mengisi daya baterai.

Secara umum, dalam boks iPhone 12 series hanya berisi satu unit ponsel, kabel charger, SIM tray ejector, buku petunjuk, kartu garansi, dan stiker Apple.

Keputusan Apple untuk meniadakan adaptor daya dan earphone kabel mulai dari iPhone 12 2020 ini memang menimbulkan pro dan kontra. Kendati demikian, satu yang pasti dari perubahan ini adalah memungkinkan kemasan iPhone 12 ke atas akan lebih ramping dan ringan.

Baca juga:  Awas, Ini Sederet Aplikasi Berbahaya di Ponsel Android yang Mengandung Malware

Harga dan Jadwal Rilis iPhone 12 Series di Indonesia

Pengunduran tanggal rilis iPhone 12 secara global tentu akan berimbas pada jadwal rilis di Indonesia. iPhone 12 sendiri baru diperkenalkan secara global pada Selasa (13/10).

Yang sudah-sudah, biasanya jangka waktu peluncuran global dan Indonesia berjarak 3 bulan. Kendati demikian, sampai saat ini tanggal peluncuran iPhone 12 di Indonesia belum dapat diprediksi secara pasti.

Satu yang pasti, iPhone 12 series kemungkinan besar tidak akan rilis di Indonesia pada 2020, melainkan pada 2021.

Adapun perkiraan harga iPhone 12 series yaitu:

  • iPhone 12 mini US$ 699 setara Rp10,28 juta
  • iPhone 12 US$799 setara Rp11,75 juta
  • iPhone 12 pro US$999 setara Rp14,7 juta
  • iPhone 12 pro max US$ 1.099 setara Rp16,2 juta

drama korea viu

20 Drama Korea Romantis di VIU yang Bisa Ditonton Gratis, Tanpa Berlangganan

lirik What My Heart Says Sejeong

Lirik Lagu What My Heart Says Sejeong Gugudan