Now Reading
Belajar Investasi dengan Beli SBN Ritel, Berikut Bocoran Waktu Penerbitannya di Tahun 2020

Belajar Investasi dengan Beli SBN Ritel, Berikut Bocoran Waktu Penerbitannya di Tahun 2020

jadwal penerbitan SBN ritel 2020

Mau investasi yang aman dan pasti untung? Coba beli Surat Berharga Negara, atau yang lebih akrab dikenal dengan SBN ritel. Instrumen investasi ini aman karena sudah dijamin dalam Undang-Undang. Sayangnya, instrumen investasi satu ini tidak dijual di setiap saat. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan akan membuka pendaftaran hanya di masa-masa tertentu. Nah, supaya kamu tidak ketinggalan, yuk cek jadwal penerbitan SBN ritel 2020 di bawah ini.

Kenapa harus memilih instrumen investasi SBN ritel?

Dengan membeli SBN Ritel, maka kamu turut berperan aktif dalam membangun Negara, serta ikut serta dalam upaya mengurangi ketergantungan kepada investor asing. Bonusnya, uang yang kamu investasikan sangat minim risiko dan kamu juga bisa dapat untung yang lumayan, lho!

Karena alasan-alasan tersebutlah, SBN menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat digemari, terutama oleh kaum milenial. Selain karena setorannya ringan, yaitu hanya satu juta rupiah, pembayaranya juga bisa dilakukan secara online.

Sampai saat ini pemerintah telah menunjuk lebih dari 80 lembaga presepsi, termasuk di antaranya Tokopedia, Bukalapak, dan Finnet. Lembaga presepsi sendiri merupakan bank atau lembaga yang khusus ditunjuk oleh pemerintah untuk menyediakan layanan setoran penerimaan negara.

Daripada mencoba investasi bodong, mending yang pasti-pasti saja, bukan?

Jadwal penerbitan SBN ritel 2020

Pada tahun 2020, pemerintah memutuskan akan menerbitkan SBN ritel sebanyak enam kali. Walaupun lebih sedikit ketimbang tahun lalu, pemerintah tetap menerbitkan keempat jenis SBN ritel, yaitu Saving Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel (SR), dan Sukuk Tabungan (ST).

Penerbitan SBN ritel akan dibagi menjadi tiga sesi pada paruh pertama dan paruh kedua di tahun ini. SBN ritel 2020 paruh pertama akan diterbitkan pada bulan Januari, Februari, dan Juni. Sementara sisanya akan terbit pada Agustus. Khusus untuk bulan Oktober, akan diterbitkan dua instrumen SBN ritel sekaligus.

Untuk lebih jelasnya, berikut jadwal penerbitan SBN ritel tahun 2020:

  • 27 Januari 2020: SBR009
  • 24 Februari 2020: SR012
  • 23 Juni 2020: SBR010
  • 28 Agustus 2020: ST007
  • 1 Oktober 2020: ORI017
  • 26 Oktober 2020: ST008

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan terperinci, kamu sebaiknya langsung berkunjung ke website resmi Kementerian Keuangan bagian Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. Silakan klik di sini untuk melihat ulasannya.

Baca juga:  Tips Menghilangkan Komedo, Wajib Dicoba!
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close