8 Jajanan Anak SD Terlaris Sejak Dulu Hingga Kini, Mana Kesukaanmu?

Bernostalgia ke masa-masa sekolah dasar, alias SD, memang selalu menyenangkan. Apalagi kalau membahas soal jajanannya. Ya, ada banyak sekali jajanan anak SD yang populer dan terlaris bahkan hingga saat ini. Mulai dari camilan gurih, manis, sampai es dingin yang menyegarkan.

Nah, di antara banyaknya pilihan jajanan SD yang terlaris dari masa ke masa, manakah yang menjadi favoritmu?

Daftar Jajanan Anak SD Terlaris

1. Agar-agar

Jajanan anak SD terlaris

Masih ingat dengan jajanan SD yang satu ini? Jika dilihat sekilas, jajanan ini memang sama seperti agar-agar pada umumnya. Yang menjadikannya populer dan banyak digemari adalah kelihaian penjualnya dalam membentuk agar-agar menjadi beragam model.

Bermodalkan sebuah pisau, agar-agar yang diletakkan di atas kertas akan diukir oleh penjual menjadi beragam bentuk, seperti robot, bangunan masjid, dan helikopter.

Sayangnya, jajanan ini sudah jarang ditemui. Padahal dulunya agar-agar menjadi salah satu jajanan anak SD terlaris karena dapat dijumpai dengan mudah di kantin sekolah atau di pasar tradisional.

2. Telur Gulung

Bagi anak generasi 90-an pasti sudah tak asing lagi dengan jajanan SD telur gulung. Ya, makanan berbahan dasar telur ini memang selalu diminati karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Cara membuat telur gulung pun mudah dan cepat. Kamu cukup menuangkan telur dadar tipis di atas minyak panas dan digulung menggunakan tusuk sate. Dalam hitungan detik, telur gulung sudah siap untuk disantap.

Yang menarik, seiring waktu telur gulung kini sudah memiliki banyak variasi. Ada yang ditambahkan bihun, mi, sosis, hingga bakso.

Selain di SD, sebenarnya telur gunung dapat ditemui di mana-mana, entah itu di pinggir jalan, restoran, hingga mall.

3. Telur Mini

jajanan anak sd terlaris
Foto: LINE Today

Telur mini juga termasuk jajanan anak SD yang terlaris dan tereksis hingga saat ini. Sama seperti telur gulung, jajanan satu ini juga berbahan dasar telur. Ada varian telur yang digunakan, yaitu telur puyuh dan telur ayam.

Telur yang sudah dikocok kemudian diberi sedikit tepung supaya agak mengental. Setelah itu, adonan telur dituang ke dalam cetakan bulat dan dimasak hingga matang. Biasanya sejumlah pedagang membebaskan pembelinya untuk membolak-balikan telur sendiri.

4. Lidi-lidian

Bila umumnya mi berbentuk keriting, lain halnya dengan mi satu ini. Mi lidi-lidian bentuknya lurus dan panjang-panjang mirip dengan sapu lidi.

Jajanan anak SD terlaris ini terbuat dari tepung sagu dan terigu. Rasanya gurih, asin, dan pedas. Lidi-lidian cocok sebagai camilan untuk ngerjain tugas, nonton film, dan lain sebagainya.

Dulu, harga satu bungkus kecil mi lidi-lidian hanya dibanderol 500 perak saja dan biasanya camilan ini dijual di warung kantin sekolah. Sekarang camilan ini semakin mudah ditemui dan pilihan rasanya pun semakin banyak.

5. Permen Gulali

jajanan anak sd terlaris
Instagram: @sobatjajan.samarinda

Sebelum mengenal permen lolipop dengan beragam warna dan bentuk yang menggemaskan, anak-anak zaman dulu lebih dulu dikenalkan dengan permen gulali.

Gulali terbuat dari gula pasir yang dilelehkan dalam wajar. Supaya terlihat lebih menarik, gula pasir yang dilelehkan tadi diberikan pewarna makanan. Umumnya, pewarna makanan yang digunakan berwarna merah dan hijau.

Cukup dengan bantuan tangan dan gunting, penjual dapat menyulap gulali dalam bentuk apa pun. Mulai dari pesawat terbang, kuda, bunga, burung, bebek, sampai terompet yang bisa ditiup dan menghasilkan suara layaknya peluit.

Cara penjual membentuk gulali inilah yang menarik minat orang untuk membeli dagangannya. Tak heran bila gulali dinobatkan sebagai jajanan anak SD terlaris dan tereksis sampai saat ini.

6. Kue cubit

Jajanan anak SD terlaris lainnya adalah kue cubit. Kue cubit terbuat dari adonan terigu, telur, dan susu. Adonan tersebut kemudian dimasak dan ditambahkan berbagai macam topping seperti meses, keju, atau saus cokelat.

Namun sekarang ini, kue cubit hadir dengan pilihan topping yang lebih beragam. Beberapa di antaranya seperti rasa green tea, red velvet, dan tiramisu.

Kamu bisa menikmati kue ini dalam keadaan setengah matang dan kering. Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut dan empuk membuat siapa saja yang menyantapnya pasti ketagihan.

7. Rambut Nenek

Foto: Pictame

Jajanan manis yang masih satu rumpun dengan gulali adalah rambut nenek. Dikatakan rambut nenek karena bentuknya seperti helaian-helaian rambut yang kusut dan berwarna putih, mirip seperti rambut seorang nenek-nenek.

Akan tetapi, semakin ke sini, rambut nenek mulai dibuat dengan beragam warna. Ada yang merah muda, hijau dan kuning. Rasa rambut nenek pun bermacam-macam. Ada rasa durian, melon, pandan, dan masih banyak lagi.

Selain anak-anak SD, jajanan ini juga banyak disukai oleh orang dewasa karena rasanya yang manis dan khas.

8. Es Goyang

Jajanan anak sd terlaris
Instagram: @apieth

Es goyang adalah es krim tradisional ala Indonesia yang dijual menggunakan gerobak dorong. Jajanan ini juga termasuk terlaris di kalangan anak SD.

Bahan utama untuk membuat es goyang adalah santan, gula pasir, tepung hunkwe, dan perasa. Setelah semua bahan tercampur sempurna, penjual akan menuangkannya ke dalam cetakan khusus. Cetakan tersebut lalu dimasukkan ke wadah pendingin yang berisi bongkahan es. Sebelum es mendingin, penjual akan menyematkan tusukan sebagai pegangan.

Kemudian barulah gerobak digoyang-goyangkan supaya es cepat membeku. Proses pembuatannya yang digoyang-goyang inilah yang merupakan asal muasal nama es goyang.

Agar semakin nikmat, es goyang biasanya akan dicelupkan ke dalam kuah cokelat dan diberi topping kacang sangrai. Sekali gigit, es goyang akan terasa lumer di mulut.

worst dressed grammy awards

Artis-artis Ini Pernah Dijuluki Baju Terburuk di Grammy Awards

pemenang grammy awards 2020

Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2020