Aturan Jam Operasional Transportasi Umum Selama PSBB Jakarta Jilid II

Dari KRL, MRT, LRT, dan Transjakarta

jadwal naik krl, busway, lrt, mrt selama psbb di jakarta

Mulai hari ini, Senin (14/9), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menarik “Rem Darurat” dengan menerapkan kembali kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua di wilayah Jakarta. Hal ini pun berdampak pada jam operasional sejumlah transportasi umum yang ada di Jakarta, mulai dari KRL, Transjakarta, MRT, hingga LRT.

Buat kamu yang sehari-hari menggunakan moda transportasi yang sudah disebutkan, penting untuk mengetahui aturan jam operasional masing-masing transportasi tersebut selama masa PSBB pengetatan berikut ini.

Sekilas Tentang PSBB Jilid Dua

Penerapan PSBB Total atau PSBB jilid dua di Jakarta mengacu pada Pergub Nomor 88 tahun 2020 terkait perubahan Pergub Nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. Pergub Nomor 88 tahun 2020 ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta tanggal 11 September dan diumumkan secara resmi pada Minggu, (13/9).

Sekadar informasi, sejak awal September lalu, kasus positif COVID-19 di Jakarta terus meningkat. Walaupun kasus kesembuhan meningkat, ironisnya penambahan kasus positif lebih cepat sehingga menyebabkan jumlah kasus positif meningkatkan pesat dan berisiko membebani fasilitas kesehatan.

Ya, percepatan peningkatan kasus aktif menyebabkan sejumlah kamar rawat inap dan ICU khusus COVID di rumah sakit di Jakarta semakin penuh terisi dan bahkan mendekati ambang batas maksimal. Inilah sebabnya, kebijakan PSBB jilid dua ini dilakukan sebagai upaya mengendalikan kasus positif COVID-19 di wilayah Jakarta.

Baca juga:  Daftar Lengkap Harga Tes Swab Corona Drive Thru di RS JADETABEK

Jadwal Operasional KRL, MRT, LRT dan Transjakarta selama PSBB Pengetatan di Jakarta

KRL

Moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) akan beroperasi pada pukul 04.00 sampai 21.00 WIB. Selama masa PSBB di Jakarta, bayi dan balita tidak diperbolehkan naik KRL.

Bagi lansia, setiap harinya hanya dapat menggunakan layanan KRL di luar jam sibuk, yaitu dari pukul 10.00 sampai 14.00 WIB. Satu gerbong KRL hanya boleh diisi maksimal 74 orang atau sekitar 45 persen dari kapasitas kereta.

MRT

Jam operasional MRT Jakarta selama masa PSBB adalah pukul 05.00 sampai 22.00 WIB. Selang waktu kedatangan setiap MRT adalah 5 menit di jam sibuk dan 10 menit di jam normal.

Sebanyak 13 Stasiun MRT Jakarta akan beroperasi normal tapi jumlah penumpang yang boleh masuk ke dalam setiap gerbong kereta akan dibatasi.

Untuk informasi selanjutnya pantau terus media sosial MRT Jakarta.

 

View this post on Instagram

 

Operasional MRT Jakarta untuk 14 September 2020 MRT Jakarta beroperasi pukul 05.00-22.00. Selang waktu adalah 5 menit di jam sibuk dan 10 menit di jam normal. 13 Stasiun MRT Jakarta beroperasi normal dan pembatasan jumlah penumpang di dalam kereta. Para penumpang wajib menggunakan masker dan menjaga jarak baik di stasiun maupun di dalam kereta. Serta menjaga personal hygiene dengan mencuci tangan dengan air dan sabun, dapat juga membawa hand sanitizer selama beraktivitas. Kebijakan tersebut demi mendukung kegiatan-kegiatan esensial yg masih berjalan. Untuk informasi selanjutnya pantau terus media sosial MRT Jakarta. #MRT Jakarta #UbahJakarta

A post shared by MRT Jakarta (@mrtjkt) on

LRT

Per tanggal 14 September 2020, LRT Jakarta akan beroperasi seperti biasa, yaitu buka mulai pukul 05.30 sampai 21.00 WIB dengan selang waktu kedatangan tiap kereta 10 menit.

Pada tanggal 17 sampai 20 September, jam operasional LRT mengalami perubahan menjadi pukul 05.30 sampai 20.00 WIB dengan selang waktu kedatangan tiap kereta 20 menit.

Sedangkan dari tanggal 21 September hingga seterusnya, jam operasional LRT dipercepat menjadi 05.30 sampai 19.00 WIB dengan selang waktu kedatangan tiap kereta 20 menit.

Informasi lebih detail terkait jam operasional LRTJ selama PSBB di Jakarta dapat menghubungi CARLA (Care Center Layanan Sahabat LRTJ) di nomor 021 – 508 999 09 pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Transjakarta

Selama PSBB, layanan Transjakarta beroperasi dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Jumlah penumpang yang boleh masuk ke dalam moda transportasi ini akan dibatasi.

Khusus untuk bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 penumpang, sementara untuk bus besar dibatasi menjadi 30 penumpang. Untuk mengetahui rute yang beroperasi selama PSBB di Jakarta, kamu bisa melihat informasinya di Instagram @pt_transjakarta.

 

View this post on Instagram

 

Sahabat TiJe, layanan Transjakarta yang beroperasi pada 14 September 2020 beroperasi pukul 05.00 – 22.00 WIB dapat dilihat pada gambar di atas http://bit.ly/rutetj14sept. . . Pelanggan Transjakarta diharapkan tetap dapat mematuhi ketentuan yang berlaku serta tetap menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta untuk menjaga kesehatan diri dan orang di sekitar. . . Jika memiliki pertanyaan terkait layanan Transjakarta, hubungi 1500-102 atau mention akun twitter resmi Transjakarta @pt_transjakarta (http://bit.ly/twittertije) atau pilih menu halo TiJe pada aplikasi TiJeKu. #TiJeTanggapCorona #BangkitBersama #JakartaTangguh

A post shared by PT Transportasi Jakarta (@pt_transjakarta) on

Baca juga:  Kantor Paksa WFO meski Harus WFH? Laporkan ke Sini

Drama Korea Private Lives

Nonton Drama Korea Private Life di Situs Streaming Gratis

drama Way Back Into Love

Nonton Drama China Way Back Into Love di Situs Streaming Gratis