Jangan Asal Pilih, Ini Pekerjaan Ideal untuk Seorang Ambivert

pekerjaan ideal

Kadang menemukan pekerjaan yang tepat untuk seorang ambivert tidaklah mudah. Seorang ambivert yang berdiri di antara kedua sisi introvert dan exstrovert, kadang kerap bingung saat mencari pekerjaan ideal yang sesuai kepribadian mereka.

Alih-alih merasa hebat karena memiliki dua kemampuan introvert dan ekstrovert, mereka akan merasa bosan dan tidak cocok jika salah satu dari kepribadian mereka tidak tersalurkan.

Maka dari itu, untuk kamu yang merasa seorang ambivert, simak artikel di bawah ini yaa!

Pekerjaan Ideal Seorang Ambivert

Pramuniaga

ambivert
Gettyimages

Ketika menjadi pramuniaga, kamu diharuskan untuk bertemu banyak pembeli untuk menjelaskan produk yang ingin kamu tawarkan. Terlihat seperti pekerjaan untuk seorang ekstrovert, namun pada saat yang bersamaan pekerjaan ini juga membutuhkan keahlian seorang introvert. Menjadi pramuniaga juga dibutuhkan keahlian untuk mendengarkan kebutuhan pembeli.

Dibuktikan melalui penelitian, pramuniaga terbaik adalah seorang ambivert. Mereka dapat menyeimbangkan introvert dan ekstrovert dalam diri mereka ketika sedang bekerja.

Tim Kreatif

pekerjaan ideal
Unsplash

Pekerjaan di bidang kreatif memang identik dengan kerja individu yang menghargai kesendirian. Maka dari itu pekerjaan ini dirasa tepat untuk seorang introvert. Walaupun demikian, tim kreatif juga dituntut untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan besar seperti perusahaan periklanan atau perusahaan pengembangan Web

Seorang ambivert dapat bertahan dengan kerja sendiri dan bekerja dengan jumlah orang yang terbilang besar.

Paralegal

ekstrovert
blog.herzing.ca

Alasan mengapa paralegal menjadi pekerjaan ideal seorang ambivert adalah sebab pekerjaan ini membutuhkan kemampuan seorang ekstrovert sekaligus introvert. Dalam melakukan tanggung jawabnya, seorang paralegal membutuhkan kelihaian dalam berbicara seperti saat mewawancarai saksi hingga bekerja sama dengan para pengacara. Kemudian, mereka juga membutuhkan sifat introvert dalam mengoreksi dokumen dan menyusun kontrak. 

Jika kamu seorang ambivert dan punya latar belakang pendidikan hukum, kamu bisa mencoba posisi ini dengan mendaftarkan diri di Law Firm impian kamu. 

Baca juga:  Ini Pekerjaan yang Ideal untuk Si Ekstrovert

Manajer

introvert
wrike

Ambivert dianggap ideal menjadi seorang manajer dalam tim yang besar. Mereka pandai membagi waktu untuk mendengarkan terlebih dahulu dan membangun kesetiaan dan kepercayaan. Mereka akan memberikan setiap orang kesempatan yang sama untuk berbicara. Setelah itu, mereka bisa berbicara dan membuat keputusan kapan pun dibutuhkan. 

Psikolog 

Pekerjaan Ambivert
dvsgaming.org

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ambivert memiliki keahlian mendengarkan dan berbicara yang hebat. Maka dari itu mereka dinilai ideal menjalani profesi psikolog atau terapis. 

Karena ketika klien mereka berkonsultasi, mereka harus mendengarkan layaknya seorang introvert dan setelah itu mereka harus mampu berbicara dan memberikan solusi seperti layaknya seorang introvert.

Jika ditarik kesimpulan, pekerjaan yang ideal untuk seorang ambivert adalah pekerjaan yang dapat menyalurkan sisi introvert dan ekstrovert mereka. Pekerjaan seperti yang disebutkan di atas meliputi aktivitas berbicara dan bersosialisasi sebagaimana keahlian seorang ekstrovert dan juga aktivitas mendengarkan dan bekerja individu sebagai halnya keahlian seorang introvert.

Baca juga:  Bukan Introvert atau Ekstrovert? Mungkin Kamu Ambivert

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close