Jangan Bilang Penikmat Kopi Bila Tidak Kenal Tipe Kopi Ini!

jenis kopi
freepik.com

Ketika datang ke kedai kopi, terpampang bermacam-macam tipe kopi pada menu. Mulai dari espresso, cappucino, hingga affogato. Kira-kira kamu tahu enggak perbedaan masing-masing menu tersebut?

Nah, supaya kamu ngggak salah pilih, simak artikel di bawah ini!

Macam-macam Tipe Kopi yang Wajib Diketahui

1. Espresso

espresso
amazon.com

Espresso merupakan ekstrak biji kopi murni tanpa campuran. Tipe kopi ini berasal dari Italia.

Tipe kopi ini berasal dari biji kopi yang ditumbuk, lalu diseduh dalam mesin yang memproduksi tekanan pada air panas. Nantinya, hasil akhir dari espresso adalah kopi kental dengan busa krim di atasnya.

Pada umumnya, espresso akan dituang ke dalam cangkir kopi kecil. Dikarnakan, intensitas kafein yang tinggi, espresso sering kali dijadikan campuran jenis kopi lain.

2. Americano

jenis-jenis kopi
redplatter.ph

Americano sendiri adalah jenis kopi yang terdiri dari espresso, dicampur dengan air panas sebanyak ⅔ dari tinggi cangkir. 

Kopi jenis ini diberi julukan americano karena dahulunya tentara Amerika mencampur espresso mereka dengan air panas pada saat perang dunia kedua di Italia. Alasan, karen ingin menghemat jumlah espresso yang langka pada saat itu.

Baca juga:  M Bloc Jadi Tempat Nongkrong Baru Kekinian, Ada Apa?

3. Latte

latte
nespresso.com

Latte sebutan singkat untuk caffè latte. Tipe kopi ini mencampurkan espresso dengan susu (steamed milk) dan microfoam. Rasa latte cenderung manis berasal dari susu.

Cara membuat latte adalah dengan cara mencampurkan 1 shot espresso, susu, dan dan mencampurkan microfoam setebal 1cm di atas susu. 

4. Cappucino

jenis kopi
merriam-webster.com

Hampir mirip dengan latte, cappucino terbuat dari campuran espresso dan susu. Hanya saja, cappucino terdiri dari ⅓ espresso, ⅓ foamed milk, dan ⅓ steamed milk. Kemudian, cappucino akan disaji dengan coklat bubuk di atasnya. 

Orang-orang Italia biasanya meminum cappucino pada saat sarapan pagi.

5. Flat White

kopi flat white
independent.co.uk

Beberapa orang sulit membedakan antara flat white dengan latte. Namun, perbedaanya terletak di jumlah steamed milk yang terkandung di dalamnya. Steamed milk dalam flat white hanya sedikit dan didominasi oleh espresso. 

Tipe kopi ini populer di New Zealand dan Australia.

6. Machiatto

macchiato
knowyourgrinder.com

Machiatto adalah latte dalam gelas espresso. Espresso dalam kopi ini tetap kuat namun tidak sekuat espresso karena terdapat campuran steamed milk dan microfoam di dalamnya. 

7. Mocha

jenis kopi
hanoihotels.info

Mocha atau mochaccino adalah campuran cappucino dengan sirup coklat atau coklat bubuk. Rasa tipe kopi ini seperti perpaduan cappucino dengan minuman coklat panas. Terkadang, mocha akan diberi bubuk kayu manis, bubuk coklat, atau whipped cream di atasnya. 

8. Affogato

affogato
Rachel Roddy

Affogato adalah tipe kopi yang khas dari negeri Italia. Tipe kopi ini mencampurkan 1 scoop Ice Cream Vanilla ke dalam espresso. Minuman yang pas diminum di tengah teriknya matahari siang.

Baca juga:  Daftar Kedai Kopi Enak Dekat Halte Transjakarta

ootd bandara idol

OOTD Bandara Terbaik Idol K-Pop di Tahun 2019

indomie goreng

Inilah Varian Indomie Goreng Terenak di Dunia Versi LA Times