Jangan Menyesal, Ini Tips Memanfaatkan Masa Lajang dengan Kegiatan Produktif

Cek detailnya, ya!

lajang
kenchiro75/freepik.com

Masa lajang adalah masa dimana kamu masih berstatus single, belum punya tanggungan dari sisi teman hidup yang bisa berarti istri juga anak. Masa lajang ini memang gampang-gampang susah dijalani bagi sebagian besar orang. Banyak yang justru bisa memanfaatkannya dengan baik, ada juga yang malah kurang menikmatinya. Padahal, menikmati masa lajang sangat kamu perlukan untuk menghasilkan suatu hal yang produktif.

Banyak orang yang bingung, bagaimana cara kamu menikmatinya dengan kegiatan yang produktif? Apakah kamu masih terus produktif? Mumpung kamu belum punya tanggungan dan masih cenderung bebas, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Jangan sampai masa yang hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup ini tidak bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Cek beberapa tips ini agar masa lajang kamu jauh lebih bermanfaat dan produktif. Simak satu per satu, ya!

Berolahraga

Salah satu kegiatan produktif dalam menikmati masa lajang adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, kamu sudah berinvestasi kesehatan. Karena satu poin yang mahal harganya adalah kesehatan. Kesehatan adalah salah satu komponen yang harus kamu prioritaskan saat masih lajang. Karena jangan sampai menyesal ke depannya akibat kesehatan kamu terganggu.

Berbeda dengan saat kamu sudah menikah, mungkin kesibukan kamu akan lebih banyak. Wong yang lajang saja kadang terlalu sibuk sampai lupa olahraga, apalagi yang sudah menikah, pasti banyak yang harus diurus! Mulai dari mengurus anak, mengurus rumah dan lainnya. Walaupun sesibuk itu, tetaplah harus prioritaskan olahraga. Tetap semangat olahraga mumpung masih lajang!

Selagi Masih Lajang, Jangan Ragu Berinvestasi

Hayo, siapa nih yang boros? Mentang-mentang tidak punya tanggungan, pengeluaran tidak terkontrol. Alhasil uang yang seharusnya buat ditabung dan diinvestasikan malah digunakan untuk foya-foya dan tidak jelas juntrungannya. Kalau sudah begitu, artinya kamu harus hentikan. Berhenti sekarang juga mengeluarkan pengeluaran yang tidak berguna. Alasannya karena kamu masih lajang.

Saat masih lajang dimana pengeluaran kamu tidak terlalu besar, maka seharusnya kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung serta investasi. Karena jika sudah kelewat batas, alias sudah menikah, maka beda lagi cara menabung dan investasinya. Paling gacor adalah saat kamu masih lajang dimana tidak perlu embel-embel lain saat mau berinvestasi. Itu adalah momen yang tepat, jangan sampai kelewat.

Ikut Pelatihan, Seminar

Salah satu cara memanfaatkan masa lajang adalah dengan mengikuti seminar dan workshop yang diadakan pada beberapa event. Ini disebut juga dengan investasi otak, investasi ilmu. Bagaimana pun juga, semakin dewasa maka ilmu kamu harus semakin banyak. Maka dari itu sangat disarankan agar ikut pelatihan dan juga seminar.

Beberapa seminar yang perlu kamu ikuti untuk mempersiapkan kehidupan lebih baik lagi misalnya seminar parenting, seminar keuangan, seminar bisnis, dan masih banyak lagi. Ini beda cerita saat kamu sudah menikah. Ketika sudah menikah, maka kecenderungan kamu untuk mengikuti event seperti itu akan kurang, alhasil kamu jadi malas berinvestasi mengisi otak.

Tiga poin di atas adalah yang perlu kamu lakukan ketika ingin memanfaatkan masa lajang. Jangan sampai masa lajang kamu digunakan untuk hal- hal yang kurang bermanfaat karena masa lajang tidak bisa diulang. Kalau sudah menikah, urusannya berbeda. Hayo, mumpung kamu lajang, jangan sampai menyesal ya!

Baca juga:  Pelatihan Kerja Gratis dari Pemerintah 2020

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

masa lajang

Penting, Ini Dia Alasan Harus Menikmati Masa Lajang

persiapan memiliki anak

Ini Dia Persiapan Sebelum Memiliki Anak