Kamu Introvert? Ini Pekerjaan yang Ideal Untukmu

Kutu Buku
Thomas Lohnes/Getty Images

Banyak yang berpendapat bahwa mencari pekerjaan untuk seorang yang introvert itu sulit karena mereka cenderung pemalu dan cenderung takut untuk bertemu orang banyak. Apakah benar demikian?

First thing’s first, cukup dengan pernyataan keliru yang mengatakan bahwa introvert adalah mereka yang pendiam dan pemalu. Sebab pada kenyataannya introvert gak melulu soal itu.

Introvert adalah mereka yang lebih gemar menghabiskan waktu sendiri. Mereka bukannya tidak bisa tampil di depan khalayak. Namun, mereka adalah orang yang kehilangan energi dari interaksi sosial. 

Seorang introvert cenderung menghindari obrolan basa-basi yang tidak bermakna. Dengan kata lain, mereka bisa saja menjadi orang yang menciptakan pembicaraan terlebih dahulu atau melakukan interaksi sosial dengan jumlah yang tinggi. Namun, jika mereka melakukan hal tersebut, mereka akan merasa lelah.

Hal ini berbalik dengan ekstrovert yang ternyata akan merasa lelah jika tidak melakukan interaksi sosial karena mereka mendapatkan energi dari keramaian.

Supaya sesuai dengan kepribadianmu, di bawah ini ada rekomendasi pekerjaan yang ideal untuk kamu si introvert.

Rekomendasi Pekerjaan yang Ideal untuk Si Introvert:

1.Akuntan

Pekerjaan Introvert
www.moneydonut.co.uk

Menjadi akuntan dirasa ideal untuk seorang introvert karena mereka bekerja sendiri. Selain itu, pekerjaan seorang akuntan yang berkutat dengan angka membutuhkan kemampuan dan ketelitian. 

Pada umumnya, seorang akuntan maupun editor bertanggung jawab dalam memeriksa catatan, memeriksa operasi finansial, dan menyiapkan dokumen untuk klien atau perusahaan.

2. Behavioral Therapist

Terapis Indonesia
hubpots.com

Seorang behavioral therapist akan menangani pasien dengan gangguan mental seperti depresi, autisme, ADD ataupun ADHD. Dalam menekuni pekerjaan ini dibutuhkan kemampuan mendengarkan yang baik agar pasien merasa nyaman untuk bercerita.

3. Content Manager

Pekerjaan Intovert
Rawpixel.com/Shutterstock

Sejatinya, seorang konten manajer bertanggung jawab dalam menciptakan konten dan membuat strategi pengembangan. Hal ini termasuk dengan merencanakan jadwal editorial dan mengatur semua konten yang dikeluarkan dengan atas nama perusahaan. Hal ini dirasa perlu agar konten yang diciptakan selalu selaras dengan identitas perusahaan dan tepat target sasaran bisnis. 

Baca juga:  Game Gratis yang Wajib Ada di Smartphone Kamu!

4. Editor

Editor
Dan Paulus

Ketika menjadi seorang editor, kamu akan bertanggung jawab dalam memeriksa tata bahasa, ejaan, dan kesalahan penulisan lainnya yang ditulis oleh penulis.

Hal ini bertujuan agar tulisan yang dikeluarkan bersifat valid dan sesuai dengan profil perusahaan.

5. Graphic Designer

Pekerjaan Introvert

Jumlah interaksi sosial yang terjadi untuk seorang desainer grafis memang rendah. Paling-paling, mereka memerlukan interaksi sosial ketika bertemu dengan klien guna mendengarkan kemauannya.

Selanjutnya, mereka akan menyelesaikan pekerjaan mereka sebagai seorang diri. 

6. Paralegal

Paralegal
Ian Watson/USA Network

Kalau menjadi pengacara dirasa tidak sesuai dengan kamu yang introvert, kamu bisa coba mengembangkan karier mu menjadi paralegal. Sejatinya, paralegal adalah mereka yang bertanggung jawab dalam membantu pengacara di firma hukum ataupun departemen legal di sebuah perusahaan. 

Mereka akan berkonsentrasi dengan urusan administratif, menata berkas, melakukan riset hukum, serta membantu menyiapkan presentasi.

Paralegal juga akan hadir di ruang persidangan lho. Mereka hadir untuk membantu dalam mendengarkan pendapat, deposisi dan pemeriksaan pengadilan.

7. Software Engineer

Pekerjaan Introvert
blogatu.ro

Software Engineer bertugas dalam pengembangan dan pembangunan software sistem komputer dan software aplikasi. Secara garis besar, pekerjaan mereka dalam kesehariannya adalah researching, perencanaan, dan pembuatan software baru, bekerja dengan bahasa coding komputer, memeriksa teknologi terbaru, dsb. 

Jika disimpulkan, pekerjaan yang ideal untuk seorang introvert adalah pekerjaan yang:

  • Memprioritaskan kerja individu ketimbang bekerja dengan tim yang besar
  • Lingkungan kerja yang tenang 
  • Dikelilingi oleh teman pekerja yang memiliki kemampuan mendengar yang baik
  • Berfokus dengan satu projek hingga tuntas ketimbang pekerjaan multi-tasking
  • Interaksi sosial yang terjadi adalah komunikasi satu berbanding satu ketimbang public speaking.
Baca juga:  Ini Pekerjaan yang Ideal untuk Si Ekstrovert

hari santri nasional

Rangkaian Acara di Hari Santri Nasional 2019 

KTP anak

KTP Anak Wajib Dimiliki Usia 0-17 Tahun, Begini Cara Buatnya!