Kamus Istilah Perbankan yang Sebaiknya Diketahui

kamus istilah perbankan
sumber:pexels

Bagi kamu yang masih bingung tentang pengertian dari kata atau kalimat yang berhubungan dengan perbankan, mungkin artikel ini bisa membantu kamu.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Bank Indonesia, berikut ini kamus istilah perbankan:

Kamus Istilah Perbankan

A

Abstrak
ringkasan suatu pernyataan, laporan, karangan, dan sebagainya yang di susun secara sistematis dan menyeluruh

Abstraksi dana bank
pengambilan dana bank secara tidak sah (misalnya berupa penggelapan atau penyalahgunaan otorisasi) dan kas, rekening eskro, rekening trust, atau rekening lain.

Ad valorem
lazim digunakan berkenaan dengan pembebanan pajak impor, yang berarti menurut nilai, tidak menurut timbangan, ukuran, atau satuan; bea ad valorem adalah bea yang ditetapkan menurut nilai (uang), tidak menurut timbangan, ukuran atau satuan, misalnya provisi kredit ditetapkan sebesar 1% dan jumlah yang tercantum dalam perjanjian kredit yang bersangkutan. 

Adjudikasi
putusan yang dltetapkan oleh pengadilan yang berwenang untuk menangani masalah yang diperselisihkan; penyelesaian perseilsihan ini berbeda dengan arbitrase.

Advis
surat pemberitahuan tertulis dari bank kepada nasabab mengenai penerimaan pembayaran, transfer dana, jasa-jasa yang dilakukan atau pembayaran yang dilakukan, misalnya pemberitahuan pengkreditan, pendebitan rekening, penarikan, atau transfer dana.

Advis debit
surat pemberitahuan bank kepada nasabah mengenai adanya pengurangan atau perubahan dana pada rekening beserta alasannya.

Afidavit
pemyataan tertulis yang dibuat secara suka rela di bawah sumpah oleh seseorang yang berwenang untuk mengambil sumpah, misalnya seorang pengacara yang telah ditunjuk oleh panitia pengambilan sumpah, konsul, atau notaris; afidavit dapat dibenarkan sebagai bukti atau kesaksian di muka pengadilan.

Agen
seseorang atau badan yang diberi kuasa atau yang ditunjuk untuk mewakili atau bertindak atas nama seseorang atau badan lain dan mempunyai hubungan tetap dengan yang diwakilinya; bank juga dapat bertindak sebagal agen dalam beberapa kegiatan seperti menjadi kustodian dan/atau wali amanat.

Agen eskro
pihak yang ikut bertanggung jawab, baik terhadap pihak penjual dan pembeli maupun terhadap kreditur dan debitur bahwa perjanjian yang dibuat setiap pihak akan terlaksana.

Agen fiskal
agen mengenai soal keuangan pada umumnya, khususnya yang ditunjuk pemerintah sebagai pemungut pajak, penerimaan atau penyimpanan dana, dan pelaksanaan pembayaran pengeluaran pemerintah; bank dapat ditunjuk sebagai agen wajib pungut atas pajak bunga deposito nasabah dan wajib menyetorkan kepada pemenintah; agen fiskal sering pula dlsebut dengan wajib pungut. 

Agen korporatif
bank yang memberikan jasa sebagai agen kepada perusahaan dan/atau lembaga pemerintah; jasa itu dapat berupa kliring, pembayaran dividen atau bunga, penebusan dan pendaftaran saham, serta penagihan pajak; bank akan membebankan biaya atas jasa yang diberikan.

Agen pembayar
agen, biasanya sebuah bank komersial, yang diberi wewenang oleh penerbit surat berharga untuk membayarkan kewajiban pokok dan bunga kepada pemegang surat berharga; agen tersebut bertindak sebagai pembayar dan menarik biaya untuk jasa pelayanan.

Agen penagihan
bank yang bertindak sebagai agen dan seseorang atau bank lain untuk melakukan inkaso. 

Agen penjamin
agen yang menjamin pembayaran barang yang dijual olehnya dengan menerima komisi
tambahan. 

Agen transfer
bank yang memberikan jasa selaku agen yang ditunjuk oleh suatu perusahaan untuk memelihara catatan tentang perubahan kepemilikan, pembatalan, penerbitan, penjualan surat berharga, dan untuk menyelesaikan masalah yang timbul karena surat berharga yang hilang, rusak, atau dicuri; jasa tersebut biasanya dilakukan oleh bank umum yang melakukan kegiatan perbankan komersial. 

Agio
selisih lebih yang diperoleh dan pertukaran uang logam emas atau perak dengan uang kertas dalam valuta dan nilai nominal yang sama istilah ini lazim dipakai di perbankan Eropa; lihat juga premi, 2 selisih lebih antara nilai yang sebenarnya dan nilai nominal sekuritas atau nilai tukar alat pembayaran luar negeri, ataupun penyusutan nilai mata uang logam. 

Agunan
jaminan tambahan yang diserahkan nasabah debitur kepada bank dalam rangka pemberian
fasilitas kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah.

Aksep bank
wesel yang diakseptasi oleh bank; lihat akseptasi.

Akseptasi
janji untuk membayar oleh pihak tertarik dengan cara membubuhkan tanda tangan dalam surat wesel; akseptasi harus dinyatakan dengan kata “akseptasi” atau dengan cara lain yang sama maksudnya; tanda tangan saja dan pihak tertarik dibubuhkan pada halaman muka, surat wesel sudah berlaku sebagai akseptasi; apabila telah diakseptasi, wesel ni menjadi sama dengan promes, yang berarti dapat diperdagangkan atau dapat dijual kepada pihak lain sebelum tanggal jatuh tempo.

Akseptor
pihak tertarik yang mengakseptasi surat wesel. 

Aksio pauliana
gugatan yang diajukan kreditur untuk membatalkan perbuatan curang dari debitur yang merugikannya; lembaga aksio pauliana diciptakan untuk melindungi kreditur dari tindakan curang debiturnya, yaitu orang, persekutuan/badan hukum yang dinyatakan pailit. 

Akta
keterangan tertulis yang ditandatangani oleh pihak yang berkepentingan untuk membuktikan kebenaran atau keinginan sebagaimana tertulis dalam dokumen tersebut.

Akta autentik
akta dengan bentuk menurut undang-undang yang dibuat oleh atau di hadapan pejabat berwenang.

Akta di bawah tangan
akta yang tidak dibuat oleh atau di hadapan pejabat berwenang.

Aktiva berisiko
semua aset bank, kecuali kas dan surat berharga pemerintah; untuk menentukan rasio atau
nisbah kecukupan modal, Bank Indonesia mengatur batasan mengenai aktiva tertimbang
menurut risiko.

Akuisisi
pengambilalihan sebagian besar (lebih dan 50%) atau seluruh kepemilikan suatu bank. 

Akumulasi
tambahan secara berkala atas suatu jumlah pokok, misalnya laba atas modal atau cadangan,
bunga atas simpanan atau utang pokok.

Akun
rekening

Akun aktif
akun nasabah bank yang seringkali bermutasi berupa penyetoran dan/atau penarikan.

Akun antarbank pasiva 

jumlah kewajiban suatu bank kepada bank lain yang setiap dapat ditarik; ant. akun antarbank aktiva (due to account) akun ini hanya dikenal di Amenka Serikat.

B

Badan hukum

badan atau organisasi yang oleh hukum diperlakukan sebagai orang, yaitu memegang hak dan menanggung kewajiban.

Bank devisa

bank umum yang dapat melakukan kegiatan dalam valuta asing dengan memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. 

Bank for International Settlement (BIS)

organisasi Intemaslonal yang didirikan pada tahun 1930 di Basel, Swiss, bertujuan menjalin hubungan kerja sama antara bank sentral di seluruh dunia dalam mengembangkan aktivitas keuangan pemerintah, melayani transaksi pembayaran, dan bertindak sebagal penjamin IMF yang memberikan pinjaman kepada negara berkembang.

Biaya kredit

fasilitas kredit kepada konsumen untuk dapat melakukan pembelian saat ini tanpa harus membayar tunai; pembayaran kredit tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu (misalnya: tiga puluh hari) atau secara angsuran.

Bunga akrual

bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar.

Budel pailit

harta kekayaan seseorang atau badan yang telah dinyatakan pailit yang dikuasai oleh balai harta peninggalan.

Bukti audit

fakta yang diperoleh sebagai hasil pemeriksaan fisik, hitung ulang, penegasan pihak ketiga, pencocokan, pernyataan pejabat, dan lain-lain; fakta itu menjadi dasar yang layak untuk memberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan.

Bukti pelunasan

dokumen atau bukti tertulis atas pelunasan pembayaran suatu kewajiban; bukti pelunasan ini membebaskan debitur dari kewajiban membayar bunga surat berharga; saat debitur telah menyelesaikan pembayaran angsuran terakhir suatu hipotek, kreditur menerbitkan dokumen yang menunjukkan bahwa utang debitur telah lunas.

Bukti pembayaran cek

cek dengan lampiran aplikasi yang menyatakan alasan pembayarannya; pihak yang mengesahkan cek mendepositokan cek tersebut dan menyimpan potongannya sebagai bukti pembayaran; dalam penjualan secara kredit, jumlah yang tertera pada potongan cek menunjukkan jumlah uang yang dibukukan untuk mengkredit buku besar piutang penjual dan buku besar utang pembeli.

Bukti penerimaan

buku cek bukti penerimaan formulir cek dengan nomor sen dan nomor urut tertentu yang mencantumkan ketentuan bahwa penerima bertanggung jawab penuh atas penggunaan formulir cek tersebut.

Bukti perhitungan kliring

lembar perhitungan yang memuat penyelesaian penukaran cek dan bilyet giro yang dilakukan oleh anggota lembaga kliring setiap hari kerja; dalam dokumen tersebut tertera jumlah debit dan kredit warkat masuk dan keluar setiap bank yang merupakan dasar penyesuaian saldo rekening setiap anggota kliring;  bukti perhitungan kliring ini dikenal sebagai neraca kliring.

Bukti transaksi

dokumen sebagai tanda bukti yang mendukung serta mengesahkan atas transaksi yang dilakukan atau tanda bukti adanya kewajiban pada pihak lain yang masih harus dilaksanakan, misalnya cek, bilyet giro, dan dokumen pengiriman uang; lihat juga bukti pelunasan.

C

Cadangan umum

dana yang disisihkan dan laba setelah pajak untuk menutup/memenuhi pembayaranpembayaran yang akan datang; ada dua bentuk dasar cadangan, yaitu cadangan primer dan cadangan sekunder; lihat: cadangan primer dan cadangan sekunder; perakunan: akun untuk menyesuaikan atau menyusutkon nilai suatu aset dengan mengurangi pendapatan; perbankan: cadangan kerugian atau penghapusan kredit sebagai antisipasi penghapusan kredit macet.

Cadangan antisipasi

cadangan yang dibentuk untuk mengantisipasi kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat adanya pinjaman yang tergolong diragukan dan macet; apabila pinjaman itu dihapuskan, bank akan menggunakan dana cadangan tersebut dengan mempertimbangkan jaminan yang dikuasai bank sebagai salah satu sumber pengembalian kredit tersebut.

Cadangan revaluasi aktiva tetap

cadangan yang dibentuk dari selisih penilaian kembali aktiva tetap yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Cap mutu

cap tanda sah pada logam mulia, misalnya emas dan perak, yang menunjukkan kadar yang dikandungnya.

CDO

perintah yang dikeluarkan oleh otoritas moneter/instansi yang berwenang dalam rangka pembinaan terhadap bank untuk melakukan langkah perbaikan terhadap kegiatan operasionalnya setelah mendengar pertimbangan berbagai pihak; CDO adalah singkatan dari cease and desist order.

Cek luwes

cek yang dananya tidak cukup, tetapi dapat dibayarkan oleh bank karena mendapat fasilitas cerukan; fasilitas cerukan diberikan apabila nasabah mempunyai hubungan yang baik dengan bank serta mempunyai kinerja yang baik.

D

Daftar akseptasi wesel

daftar yang berisi catatan mengenai perincian lengkap semua wesel yang diakseptasi; disamping berisi perincian akseptasi wesel, buku akseptasi wesel juga memuat data tentang nama bank pemberi otorisasi, contoh tanda tangan dari pihak yang berwenang, dan daftar dokumen.

Daftar hitam

daftar nama nasabah perseorangan atau perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat, misalnya seseorang atau perusahaan yang melakukan penarikan cek kosong.

Daftar orang tercela (DOT)

daftar orang yang memenuhi kriteria pembuatan tercela di bidang perbankan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan dilarang menjadi pemegang saham dan atau pengurus bank.

Daftar saldo

daftar yang memuat sisa dari sekelompok akun nasabah; jumlah sisa dalam daftar tersebut harus sama dengan sisa akun buku besarnya.

Debit bank

pendebitan atas cek-cek yang dibayarkan, penarikan-penarikan yang disetujui, dan instrumeninstrumen penarikan lain dari simpanan/deposito perseorangan, perusahaan-perusahaan atau lembaga lainnya selama periode tertentu yang biasanya dilaporkan harian; dalam skala nasional, proses ini dapat digunakan untuk membuat perkiraan trend keuangan secara nasional (bank debits).

Debitur

pihak yang menerima kredit atau pinjaman.

Debitur grup

kumpulan peminjam yang satu sama lain mempunyai kaitan dalam hal kepemilikan, kepengurusan, dan/atau hubungan keuangan.

Debitur tereksekusi

debitur yang atas perintah pengadilan harus membayar sejumlah uang kepada pengadilan sehubungan dengan pelaksanaan eksekusi atas barang jaminan yang dimilikinya untuk diserahkan kepada kreditur.

Defalkasi

melakukan penggelapan sehingga menyebabkan kerugian pada pihak lain, misalnya penggelapan dana perusahaan atau uang milik pihak lain yang dipercayakan padanya dengan cara menggunakan nota fiktif (defalcation).

Deflasi

keadaan yang menunjukkan daya beli uang meningkat dalam masa tertentu karena jumlah uang yang beredar relatif lebih kecil daripada jumlah barang dan jasa yang tensedia (deflation)

Deflator

alat statistik atau komponen rasmi yang dapat mencerminkan faktor penyebab timbulnya deflasi.

Demonetisasi

penghapusan atau penarikan kembali fungsi standar moneter dan alat pembayaran tertentu; sin. penarikan dalam peredaran (demonetization).

Dividen

bagian dari laba bersih sesuai dengan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang ditetapkan untuk dibagikan kepada para pemegang saham sebagai keuntungan atas kepemilikan saham.

E

Ekspansi

aktivitas memperbesar/memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain; 2 peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha.

Ekspansi ekonomi

perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur yang ditandai oleh kenaikan harga, peningkatan jumlah uang beredar, produksi, dan konsumsi.

Ekstensi kredit

perpanjangan jangka waktu kredit untuk mengatasi kesulitan likuiditas debitur (extended credit) ekuitas perbedaan antara nilai suatu harta yang dapat dijual dari tagihan (equity).

Ekuitas

perbedaan antara nilai suatu harta yang dapat dijual dari tagihan (equity).

Elastisitas penawaran

tingkat tanggapan (respons) terhadap perubahan harga; jika harga bergerak naik, biasanya penawaran akan meningkat; jika tidak meningkat, penawaran itu tidak elastis; penawaran dikatakan elastis jika kenaikan harga juga diikuti kenaikan produksi (elasticity of supply).

Elastisitas permintaan

tingkat tanggapan (respons) pembeli terhadap perubahan dalam harga; permintaan akan barang mewah dapat menurun secara drastis apabila harga dinaikkan; hal tersebut terjadi karena barang-barang seperti itu bukan merupakan kebutuhan pokok sehingga pembeliannya dapat ditunda; sebaliknya, permintaan akan barang dan jasa, seperti makanan, jasa telepon, dan operasi darurat di rumah sakit, dikatakan tidak elastis; permintaan barang atau jasa jenis itu diperkirakan tetap saja ada meskipun terjadi perubahan harga mengingat kebutuhan tersebut tidak dapat ditunda (elasticity of demand).

Enaosan

pihak yang melakukan endosemen; sin. pengendos (accommodation endorser).

Endosemen

Pengalihan hak kepada orang lain atas surat berharga yang dapat dialihkan (negotiable instrument), misalnya cek, wesel dengan cara membubuhkan nama dan tanda tangan di halaman belakang surat berharga tersebut (endorsement).

Escudo

satuan dasar nilai uang Portugal

Evaluasi posisi

pengukuran suatu nilai bank pada setiap keadaan, dilakukan oleh intern, bank yang bersangkutan (position evaluation).

G

Galat kelola

kesalahan pengelolaan (mismatch)

Galat takmuncul

kesalahan yang tidak dapat terungkap melalui pemeriksaan buku secara rutin, misalnya kesalahan menghitung bunga atau kesalahan membukukan ongkos ke dalam akun aktiva.

Generally Accepted Accounting Principles (GAAP)

konvensi, peraturan, dan prosedur yang mendefinisikan praktik akuntansi yang lazim yang diterapkan di AS, termasuk panduan kasar dan prosedur yang terperinci.

Gilda

kumpulan pengusaha sejenis, didirikan untuk saling membantu dan melindungi semua anggota (guild; gild).

Giro

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan pemindahbukuan (giro; checking accounts).

H

Hak alih bayar

hak seorang pemegang surat berharga untuk memaksa pengendos sebelumnya atas suatu warkat untuk memenuhi kewajibannya berupa pembayaran jika enerbit warkat cedera janji (recourse).

Hak beli kembali

hak penjual untuk membeli kembali barang yang telah dijualnya dengan didahulukan daripada calon pembeli lain apabila barang tersebut akan dijual lagi (pre-emption).

Hak kebendaan

hak yang memberikan kekuasaan langsung atas suatu benda dan dapat dipertahankan terhadap siapa pun, misalnya hak milik, hak hipotek, dan hak jaminan utang (zakelijkrecht).

Hak mutlak

Hak tertinggi yang dapat diperoleh melalui pendaftaran hak, misalnya melalui pendaftaran tanah. hak ini bersifat mutlak sehingga tidak dapat dicabut oleh pihak mana pun.

Harga eksekusi

harga yang disepakati sebagai harga patokan untuk melakukan pembelian saham ataupun mata uang asing pada waktu tertentu dengan perjanjian bahwa pembelian tensebut baru akan dilakukan apabila harga saham ataupun mata uang asing tersebut sesuai dengan harga yang telah disepakati; misalnya, diperjanjikan bahwa pembelian akan dilakukan dua minggu ke depan apabila hanga saham Rpl000,00 atau harga per Rp5000,00 setara dengan $1 (strike price).

Berikan Komentar Anda

kontrak kerja

Pekerjaan Tidak Sesuai Kontrak Kerja yang Disepakati, Bolehkah?

uji coba MRT

Begini Cara Ikut Uji Coba MRT, Gratis!