Kantor di Jakarta Tidak Terapkan WFH? Laporkan Lewat Aplikasi JAKI

Sebelum melaporkan, pastiakn kamu berdiskusi dengan HRD kamu terlebih dahulu

jakarta WFH
techgig.com

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali membatasi aktivitas di luar rumah dengan menerapkan kebijakan pemerintah pusat soal PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Aturan PPKM DKI Jakarta berlaku mulai dari 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021. Salah satu yang ditekankan dalam penerapan PPKM DKI Jakarta ini adalah perusahaan atau kantor di DKI Jakarta wajib menerapkan 75% WFH (work from home).

Aturan karyawan bekerja di kantor maksimal 25% ini berlaku untuk pegawai swasta atau pegawai negeri sipil di BUMN/BUMD ataupun instansi pemerintah.

Sedangkan untuk sektor-sektor esensial seperti energi, komunikasi dan teknologi informatika, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu, serta pemenuhan kebutuhan sehari-hari diperbolehkan untuk beroperasi hingga 100%.

Jadi, apabila kantor tempat kerja kamu bukanlah sektor esensial, perusahaan wajib memberlakukan 75% WFH (work from home). Tapi, bagaimana bila kantor tempat kerjamu tidak menerapkan hal tersebut? Kamu bisa laporkan perusahaan yang melanggar peraturan PPKM ke Suku Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi DKI Jakarta lewat aplikasi JAKI (Jakarta Kini). Namun, sebelum lapor kantor tempat kamu bekerja, pastikan diskusikan masalah ini terlebih dahulu dengan HRD.

Cara Laporkan Kantor di DKI Jakarta yang Tidak Terapkan WFH Pekerja 75%

Berikut cara melaporkan kantor di DKI Jakarta yang tidak menerapkan 75% WFH alias bekerja dari rumah, meski bukan termasuk sektor esensial:

  1. Instal aplikasi JAKI. Aplikasi JAKI tersedia di Google Play Store dan Apple Store.
  2. Klik button yang bergambar kamera.
    kantor WFH
  3. Sebelum lapor kamu diwajibkan membuat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan nama lengkap, nama pengguna, password, dan email untuk mengirim konfirmasi aktivasi akun.
  4. Laporkan perusahaan atau kantor yang tidak menerapkan aturan 75% untuk WFH (kerja dari rumah) dengan pilih kategori atau kata kunci “Hubungan Pekerja-Pengusaha”.
    lapor kantor WFH
  5. Tulis deskripsi pelanggaran. Pada deskripsi kamu bisa tulis lokasi terjadinya pelanggaran beserta informasi pelanggaran.
    kantor WFH
  6. Lalu klik button centang yang berada di pojok kanan atas.
  7. Untuk mengecek aduan atau melihat aduan pelanggaran PSBB dari orang lain kamu bisa cek pada menu JakRespons.

Ada baiknya sebelum melaporkan aduan melalui aplikasi JAKI, pastikan kamu berdiskusi terlebih dahulu dengan HRD kamu, ya!

 

Baca juga:  Detail Harga Swab Test Covid-19 di Tiap Rumah Sakit Jakarta
lirik lagu Free Flight Dvwn

Lirik Lagu Free Flight Dvwn Terjemahan Indonesia

spoiler the penthouse season 2

Spoiler Drama Korea The Penthouse 2, Akankah Shim Suryeon Hidup Kembali?