Karirmu Menyusut di Masa Pandemi? Ini yang Perlu Dilakukan

Jangan menyerah, ya!

karir di masa pandemi
thebalancecarrer

Selama pandemi yang nyaris setahun ini, kita memang berjuang untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Jam kantor yang berubah, metode kerja yang berubah, sampai-sampai gaji yang juga ikut berubah. Tidak sedikit pegawai atau bahkan pebisnis yang justru justru menghadapi kemerosotan karir di masa pandemi ini. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Tips Menghadapi Karir yang Meredup di Masa Pandemi

1. Jangan Menyerah

Meredupnya karir di masa pandemi adalah hal yang paling mengganggu pikiran selain masalah cinta. Bagaimana tidak? Pemasokanmu cenderung berkurang, sedangkan pengeluaranmu tetap pada jumlah yang sama.

Wajar saja jika tiba-tiba kamu mulai stres dan kehilangan harapan. Tapi jika kamu menyerah, sama saja kamu kalah dong? Sesulit apa pun keadaanmu jika kamu atasi dengan pikiran positif pasti hasilnya juga akan jadi positif.

Yuk, coba kita merenung sebentar. Tanpa kamu sadari, diri kamu itu sebenarnya lebih kuat dibanding yang kamu pikirkan, lho. Sudah berapa kali kamu gagal dan berhasil bangkit?

Ingat susahnya ketika jadi seorang jobseeker atau ketika baru saja merintis bisnis? Semua keadaan sulit itu bisa kamu atasi. Kamu tidak akan kalah dari masa pandemi. Tetap semangat!

2. Coba Inovasi Baru

Jika membaca point pertama, pasti akan ada sedikit sisi negatif diri kamu yang berujar “modal semangat aja mana bisa?”.

Eitss, tapi tunggu dulu, positive thinking adalah landasan yang pertama. Selanjutnya, tentu saja harus ada usaha. Oleh karena itu, untuk menghadapi karir yang merosot di masa pandemi, maka langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah cari inovasi baru.

Tidak perlu mengeluarkan produk baru jika kamu ingin menyimpan modal, cukup lakukan metode penjualan baru. Misalnya, kamu bisa menekan penjualan suatu produk tertentu yang penjualannya paling tinggi. Dengan begitu, kamu bisa berfokus menjual satu produk saja dan berfokus untuk menaikkan penjualan.

Baca juga:  5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Calon Pekerja

3. Tekan Penjualan di Media Digital

Ketika pandemi, media sosial adalah media yang tepat untuk mempromosikan produkmu. Berjualan di media sosial juga tidak sulit.

Jika kamu tidak ingin memasang iklan demi menghemat pengeluaran, maka kamu bisa gunakan penggunaan hashtag dengan sebaik-baiknya. Cari hashtag yang paling cocok dan ramai dikunjungi orang, kemudian gencar melakukan promosi.

Gunakan juga caption dan gambar yang bagus sehingga menarik minat customer untuk membeli produk kamu. Kamu bisa berpromosi di mana saja mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp bahkan LinkedIn.

4. Cari Peluang di Masa Pandemi

“Di masa pandemi itu susah cari kerja” pernah dengar kalimat ini? Memang, di masa pandemi itu sedikit terasa sulit cari kerja. Tapi, sebenarnya tidak juga kok.

Jika kamu jeli, masih banyak lowongan yang bertebaran di media sosial. Boleh dibilang, perusahaan masih aktif berjalan dan tentunya masih akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menjalankan bisnisnya.

Hanya saja, di masa pandemi ini, saingan kamu lebih banyak. Eits, tapi jangan menyerah dulu. Meski saingan kamu seorang fresh graduate yang banyak di lirik perusahaan ataupun senior employee yang punya pengalaman segudang, kamu harus tetap maju untuk cari peluang.

Baca juga:  6 Cara Efektif Mengatasi Stres Kerja agar Kamu Tetap Produktif dan Bersemangat

5. Berdoa

Tips menghadapi karir yang meredup di masa pandemi satu ini mungkin paling banyak diremehkan orang.

Berdoa? Memang mendatangkan efek khusus dalam kehidupan? Jangan salah.

Berdoa bisa jadi cara kamu untuk melepas stres dan juga menenangkan diri. Jika segala upaya telah kamu lakukan, saat malam hari ketika hendak tidur, berdoalah semoga semua usahamu hari itu akan berbuah manis.

Begitu pula ketika kamu selesai menyebar CV, selesai interview, selesai mengikuti tes ataupun selesai gencar promosi seharian di media sosial, selalu tutup dengan doa agar segalanya lancar dan sukses.

Baca juga:  5 Keuntungan Jadi Wanita Karir yang Perlu Diketahui

kunci kesuksesan berawal dari kamar tidur

Tahukah Kamu, Kunci Kesuksesan Berawal dari Kamar?

boyband korea TXT

TXT : Dicintai Sekaligus Dibenci