Kartu ATM Lama Akan Diblokir, Segera Ganti ke Kartu ATM Chip

Sebelum Desember 2021

kartu ATM chip

Bagi kamu yang masih menggunakan kartu debit teknologi pita magnetik (Kartu ATM lama) ada baiknya segera migrasilah segera ke kartu ATM atau debit dengan teknologi chip. Pasalnya kartu ATM dengan chip dianggap lebih aman dan beberapa alasan lainnya. Berikut detail keuntungan, dan cara ganti bila kartu ATM lama menjadi kartu ATM chip di BCA, BNI, BRI, Mandiri dan lainya.

Keuntungan Menggunakan Kartu ATM Chip

Lebih Aman

Menurut Senior Executive Vice President Information Technology & Digital Banking BNI Dadang Setiabudi yang dilansir dari Detik.com (1/3),  tujuan utama dari penggantian kartu debit/ATM dari magnetic stripe menjadi kartu ATM atau debit teknologi chip adalah keamanan.

Dari segi keamanan, kartu yang disertai chip lebih aman, karena kartu chip lebih sulit digandakan dibanding kartu ATM atau debit lama yang menggunakan magnetic stripe.

Direktur Bank Central Asia (BCA) Santoso Liem juga mengutarakan hal serupa, menurutnya kartu debit yang sudah menggunakan chip maka keamanannya akan lebih baik. Chip juga digunakan untuk menghindari terjadinya kejahatan seperti skimming.

Namun sayangnya menurut pakar teknologi Ruby Zukri Alamsyah dilansir dari Kompas.com (1/3) kartu debit yang sudah menggunakan chip masih memiliki kelemahan. Pasalnya kartu ATM biasanya masih menggunakan dua layer, magnetik stripe di belakang kartu dan chip di bagian depannya. Sehingga, skimming bisa terjadi terhadap kartu ATM yang masih menggunakan magnetik stripe meskipun kartu tersebut sudah menggunakan chip sekalipun.

Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Kartu berteknologi chip juga memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar serta dapat melakukan pemrosesan transaksi dengan cepat.

Bagaimana Jika Saya Tidak Ingin Ganti Kartu ATM Lama Saya?

Kartu ATM lama kamu masih bisa digunakan sampai masa berlaku yang tercantum dalam kartu atau paling lambat hingga 31 Desember 2021. Selebihnya, kartu sudah tidak bisa digunakan.

Sejumlah bank bahkan telah berhasil melampaui ketentuan Bank Indonesai (BI) yang menargetkan implementasi 50% pada tahun lalu. Misalnya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang telah berhasil mengimplementasikan kartu debit dengan teknologi chip sebanyak 69% dari total kartu debit beredar milik BCA pada dua tahun lalu yakni 20 juta. Sebanyak 23% dari kartu chip itu sudah menggunakan logo GPN. Bahkan guna mendorong implementasi kartu BCA yang menggunakan chip, BCA memberikan promo khusus.

kartu atm chip
Detik.com

Cara Ganti Kartu ATM Lama ke Kartu ATM Chip

  1. Bagi kamu pemilik kartu ATM Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI dan lainnya yang ingin ganti kartu ATM lama ke kartu ATM baru, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah datang ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa buku rekening tabungan, kartu ATM atau debit lama, serta identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Untuk beberapa bank biasanya pihak customer service akan menawarkan dua pilihan jenis kartu, apakah ingin kartu ATM atau debit yang hanya bisa digunakan di dalam negeri (kartu GPN) atau yang bisa dipakai di luar negeri. Bedanya kartu ATM dengan chip yang dapat digunakan untuk transaksi saat di luar negeri, ada logo Mastercard di kanan bawah kartu.
  3. Kamu akan diminta untuk mengisi lembar formulir penggantian kartu, lalu masukkan 6 (enam) PIN digit angka.
  4. Seluruh proses penggantian kartu ini tidak dipungut biaya alias gratis (untuk lebih jelasnya peratuan masing-masing bank, bisa kamu tanyakan ke pihak bank terkait ya).
  5. Perlu diketahui, kartu debit chip memiliki masa berlaku 5 tahun.

Apakah Ada Perbedaan Saat Ingin Bertransaksi?

Tidak ada perbedaan saat ingin bertransaksi melalui mesin ATM, namun saat bertransaksi melalui mesin EDC, ada sedikit perbedaan. Jika biasanya kartu digesek, untuk kartu debit dengan teknologi chip akan dimasukkan ke dalam mesin Electronic Data Capture (EDC).

Baca juga:  Apa Bedanya Transfer Uang Secara LLG, RTGS, dan RTO?

Token Listrik Gratis

Cara Dapat Token Listrik Gratis PLN 2021 via WhatsApp & pln.co.id

lirik lagu fireworks i'm the one terjemahan

Lirik Lagu Fireworks (I’m The One) ATEEZ Terjemahan Indonesia