Sebelum Tukar Kartu GPN, Perhatikan Hal Ini!

kartu GPN

Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) jadi terobosan baru yang hadir guna menunjang perekonomian Indonesia. Setelah 20 tahun dikaji, Mei 2018 kartu GPN resmi diluncurkan.

Arti GPN

GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transkasi antar bank. Melalui GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), seluruh transaksi pembayaran domestik wajib diproses di dalam negeri. Kartu GPN sendiri ialah kartu debit yang memiliki logo berlambang garuda.

Lantas apa bedanya dengan prinsipal asing, seperti Visa dan Mastercard?

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bank Indonesia (BI), Pungky Purnomo Wibowo yang dilansir dari Detik.com (9/8), soal kemampuan, antara kartu GPN dengan prinsipal asing,  Visa dan Mastercard tidak ada bedanya.

Namun, GPN bisa menghemat pengeluaran warga Indonesia dan negara. Sebab dengan adanya GPN Anda dapat menggunakan mesin ATM atau EDC bank lain dengan biaya yang lebih murah.

Jadinya, Indonesia bisa menghemat hingga Rp17 Miliar per hari, dari yang biasanya Rp25 Miliar yang wajib dibayarkan setiap bank.

kartu GPN
sumber: solopos.com

Keuntungan Kartu GPN

Menurut Bank Indonesia yang dilansir dari CNN Indonesia (08/09/18), ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh bila menggunakan kartu debit berlogo GPN ini:

  1. Kartu dapat digunakan kartu dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.
  2. Bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman karena telah dilengkapi fitur keamanan yang terstandarisasi.
  3. Tidak dikenakan biaya oleh toko dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR) atau penetapan tarif kepada pedagang oleh bank.
  4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.
  5. Biaya administasi lebih murah karena seluruh permrosesan dilakukan di dalam negeri sehingga lebih efisien. Jika dihitung-hitung, Anda bisa menghemat biaya administrasi sekitar Rp1.000 per bulan dengan menggunakan kartu GPN.
  6. Selain itu biaya transaksi kartu di mesin ATM/EDC antarbank juga turun dari sebelumnya 2-3 persen menjadi 1 persen. Selain itu, seluruh kartu berlogo GPN juga telah menggunakan teknologi chip yang lebih aman dari kejahatan perbankan, seperti skimming.

Cara Mendapatkan Kartu GPN

Anda bisa menukar kartu debit/ATM lama Anda dengan kartu debit berlogo GPN segara gratis, dengan datang ke kantor cabang bank Anda.

Berikan rating

Apakah artikel ini membantu?

Klik 5 bintang jika membantu

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote

Berikan Komentar Anda

Cuti ibadah haji

Bolehkah Cuti Ibadah Haji Karyawan Potong Gaji dan Cuti Tahunannya?

tempat merokok

Tempat Merokok di Kantor Wajib Berada di Luar Gedung!