Now Reading
Tak Kunjung Padam, Begini Potret Suasana Mencekam Kebakaran Lahan Australia

Tak Kunjung Padam, Begini Potret Suasana Mencekam Kebakaran Lahan Australia

Kasus kebakaran lahan di Australia masih terus berlanjut, bahkan semakin meluas. Banyak ahli mengungkapkan bahwa peristiwa ini menjadi yang terburuk dan terdasyat di Australia.

Sejak kebakaran pertama kali dilaporkan pada awal September lalu, diperkirakan ratusan rumah telah hilang serta jutaan hektar hutan dan lahan pertanian habis dilalap api. Tak berhenti di situ. Peristiwa ini juga menyebabkan musnahnya jutaan habitat hewan-hewan liar asli Australia, seperti koala, kanguru, burung, mamalia, reptil, dan lain sebagainya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah potret mengerikan kebakaran lahan di Australia yang berhasil dihimpun tim Woke.

NASA

Sebaran titik api di setiap negara bagian Australia dilihat dari satelit. New South Wales diketahui terkena dampak paling parah ketimbang bagian lainnya. Ironis lagi, New South Wales merupakan negara bagian paling padat penduduknya di Australia.

Sejumlah kota terbesar di Australia pun terkena dampaknya, termasuk Melbourne dan Sydney

Kebakaran lahan di Australia
David Gray via Getty Images

Petugas pemadam kebakaran bekerja ekstra siang dan malam untuk memadakan api yang terus meluas. Api telah menembus hutan, semak, lahar pertanian, dan taman nasional seperti Blue Mountains. Bahkan api pun sudah menyebar mendekati jalan dan pemukiman warga.

Kerusakan akibat kebakaran di Australia terus meningkat

Belum diketahui secara pasti berapa banyak bangunan yang hancur akibat kebakaran di Australia. Yang jelas, jumlahnya terus bertambah seiring dengan meluasnya sebaran titik api.

Gumpalan asap tebal tampak mengepul akibat kebakaran hutan di sekitar pantai Gippsland Timur, Victoria pada 4 Januari 2020

Kebakaran lahan di East Gippsland, Victoria, Australia
Australian Maritime Safety Authority via Reuters

Dahysatnya kebakaran yang terjadi di Australia memicu munculnya badai api. Fenomena alam ini disebabkan akibat kobaran api yang begitu hebat sehingga membuat cuaca panas dan naik ke udara. Suhu panas yang terlampau ekstrem ini mengakibatkan pusaran angin yang akan mengisap api yang sedang berkorbar.

Kebakaran menyebabkan langit Australia merah membara

Fairfax Media via Getty Images

Masih ingat dengan fenomena langit merah yang terjadi di Riau beberapa bulan lalu akibat dampak karhutla? Kalau kamu merasa kebakaran kemarin sudah sangat parah, kebakaran hutan di Australia nyatanya jauh lebih parah lagi.

Langit di hampir sebagian wilayah yang berdekatan dengan titik lokasi api nampak bewarna merah pekat seperti darah!

Kebakaran juga menghanguskan habitat hewan-hewan liar di sana, termasuk koala

Nathan Edwards via Getty Images

Tim medis nampak memberikan pertolongan pada koala yang berhasil diselamatkan oleh tim evakusasi atau warga setempat. Tak hanya koala, peristiwa ini juga menyebakan musnahnya hewan-hewan lain seperti kanguru.

Baca juga:  Daftar Bunga Kredit Bank di Indonesia, Mana yang Menguntungkan?
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close