in ,

Cara Bijak Kelola Bonus Akhir Tahun

Eits, untuk urusan bonus akhir tahun jangan pake konsep “YOLO” ya

surat utang negara
Pexels.com/Eelartfeelant

Mendekati penghujung tahun ini, mungkin kamu sudah menanti-nanti bonus akhir tahun. Bagi beberapa perusahaan dan atau pekerja yang berkinerja baik, biasanya akan diberikan bonus akhir tahun. Bonus akhir tahun ini biasanya diberikan di luar dari gaji bulanan.

Menurut Katie Brewer selaku CFP dan pendiri perusahaan keuangan Your Richest Life yang berbasis di Texas, Amerika Serikat dilansir dari Business Insider, ada baiknya 80 persen dari bonus akhir tahun disisihkan untuk “serious money”, yakni kebutuhan penting dan tabungan untuk masa depan.

Sedangkan 20 persen lainnya dapat dijadikan sebagai “fun money” yakni uang yang bisa digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif seperti liburan atau membeli sepatu favorit yang telah lama kamu incar.

Tentunya menyisihkan 80 persen untuk “serious money” bukanlah perkara mudah. Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa kamu terapkan bila bonus akhir tahun kamu cair:

Sisihkan untuk Investasi

Tak ada salahnya untuk menyisihkan bonus akhir tahun kamu untuk investasi. Kamu bisa memilih berbagai investasi yang ada, seperti: investasi emas, deposito berjangka, reksa dana, atau mungkin properti.

Namun ingat, pilihlah instrumen investasi yang tepat dan pilih dengan hati-hati, agar kamu terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Bila kamu ingin investasi jangka pendek atau jangka menengah untuk 1-5 tahun kamu bisa memilih investasi emas. Sebab, harga emas setiap tahunnya meningkat, meski terkadang kenaikan harga emas tak terlalu signifikan. Atau kamu juga bisa memilih deposito.

Baca juga:  Kenapa PNS Diwajibkan Pakai Batik? Ini Jawabannya!

Lalu bila kamu ingin investasi jangka panjang, maka kamu bisa memilih investasi reksa dana dengan jangka waktu yang lebih lama kurang lebih 5 sampai 10 tahun.

bonus akhir tahun
adventuresfrugalmom.com

Lunasi Hutang dan Bayar Tagihan

Bila kamu punya tagihan seperti pajak bumi dan bangunan, premi asuransi, pajak kendaraan dan yang lainnya, bayarkanlah segera agar aliran kas keuangan kamutidak terganggu. Lalu selanjutnya bila kamu punya tumpukan hutang, ada baiknya segera bayarkan juga.

Masih sering berhutang untuk keperluan mendesak? Hmm, bila perusahaan kamu bermitra dengan Sofi hal tersebut tak perlu terjadi lho. Sebab, Sofi membantu karyawan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, membayar berbagai keperluan hingga berinvestasi.

Comments

Berikan Komentar Anda

Loading…

0

Comments

0 comments

upah lembur

Perhitungan Upah Lembur Sesuai Peraturan di Indonesia