Now Reading
Kepribadian Seorang Introvert, Benarkah Mereka Pemalu?

Kepribadian Seorang Introvert, Benarkah Mereka Pemalu?

kepribadian intovert

Introvert mungkin terdengar familiar di kuping masyarakat. Namun, masih banyak yang salah kaprah akan kepribadian introvert. Beberapa mengira bahwa mereka adalah pribadi yang pendiam dan pemalu.

Lalu, benarkah demikian?

Agar kamu bisa mengerti diri kamu atau orang terdekat kamu yang merupakan seorang introvert, simak artikel di bawah ini!

Kepribadian Seorang Introvert

Senang Menghabiskan Waktu Seorang Diri

introvert
blog.travelguru

Kepribadian seorang introvert adalah mereka tidak takut  jika harus berada sendirian. Malahan, mereka membutuhkan kesendirian ini sebagai kesempatan untuk mengisi ulang daya energi sosial mereka. Menghabiskan waktu sendirian dinilai penting untuk kesehatan mental seorang mereka. Ketika mereka seorang diri, biasanya kegiatan yang mereka lakukan adalah membaca buku, menonton film, berkebun, dan aktivitas lainnya yang dapat dilakukan seorang diri.

Berinteraksi Sosial Dinilai Melelahkan

kepribadian introvert
thedailymash.co.uk

Mereka akan berpikir berkali-kali bila diajak untuk pergi keluar bersama orang banyak. Namun, ini bukan berarti mustahil untuk menemukan mereka di tengah keramaian. 

Orang dengan MBTI I bisa saja berada di tengah keramaian, namun setelah itu mereka akan merasa lelah dan mengisi ulang daya energi sosial di kesendirian. Ingat yaa, kepribadian introvert tidak selalu yang pemalu, mereka hanya menghindari obrolan basa-basi. 

Baca juga:  Bukan Introvert atau Ekstrovert? Mungkin Kamu Ambivert

Lebih Senang Bekerja Sendirian

introvert adalah
freepik.com

Jika dihadapi dengan pilihan bekerja sendiri atau bekerja dengan tim, introvert cenderung memilih bekerja sendirian. Dengan bekerja sendirian memberikan mereka kesempatan untuk lebih fokus dan menghasilkan karya berkualitas tinggi.

Walaupun demikian, ini bukan berarti mereka tidak bisa bekerja dengan tim. Ketika bekerja dalam tim, energi sosial mereka akan terkuras.

Bicara Soal Teman, Quality Over Quantity

kepribadian
rd.com

Biasanya, introvert dikelilingi oleh grup pertemanan yang kecil. Mereka terdiri dari teman-teman terdekat. Kerpibadian mereka yang satu ini membuat mereka merasa lebih nyaman dikelilingi oleh orang-orang yang terdekat ketimbang harus berada di grup pertemanan yang besar namun tidak mengenal satu sama lain. 

Mawas Diri 

melamun
closeronline.co.uk

Kalau kata anak zaman sekarang sih, introvert adalah tukang overthinking. Kepribadian yang satu ini membuat mereka memikirkan segala hal. Sebelum bertindak, mereka kerap kali memikirkannya terlebih dahulu. Maka dari itu, seorang introvert cenderung bermawas diri dan berhati-hati sebelum bertindak.

Melamun untuk Menyelamatkan Diri

kelebihan introvert
crystalinks.com

Orang lain yang tidak mengerti kepribadian ini mungkin akan mengira mereka adalah tukang melamun dan sering tidak fokus. Tetapi, menurut sudut pandang seorang introvert, tindakan ini sebagai bentuk untuk “menyelamatkan diri” dari situasi yang terlalu semrawut atau situasi yang membuat mereka tidak nyaman. 

Kamu Menemukan Menulis Lebih Mudah Ketimbang Berbicara

ciri ciri sifat manusia
wommagazine.co.uk

Ciri-ciri gaya berkomunikasi seorang introvert adalah fokus dan penuh pertimbangan. Ketika mendapat kesempatan untuk berbicara, mereka pasti akan mempersiapkan bahan pembicaraan mereka terlebih dahulu. 

Maka dari itu, mereka lebih suka menulis karena dengan menulis mereka mendapatkan kesempatan untuk berpikir sejenak kata-kata yang akan mereka keluarkan.

Keleluasaan tersebut tidak dapat mereka rasakan ketika harus berbicara dengan spontan.

Baca juga:  Kamu Introvert? Ini Pekerjaan yang Ideal Untukmu

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close