Now Reading
5 Keuntungan Jadi Wanita Karir yang Perlu Diketahui

5 Keuntungan Jadi Wanita Karir yang Perlu Diketahui

wanita karir

Wanita di era sekarang bisa melakukan apa pun yang ingin dia lakukan, termasuk menjadi wanita karir. Tidak jarang, seorang wanita lebih merasa bahagia menjadi wanita karir dibanding mengurus anak dan keluarga.

Tidak jarang juga wanita melakukan karir yang sama bagusnya dengan laki-laki, atau bahkan lebih bagus. Namun, beberapa pandangan masih menganggap wanita yang bekerja menyalahi kodratnya dan dianggap menelantarkan anak.

Lalu bagaimanakah sebenarnya pandangan wanita yang bekerja? Ini dia faktanya!

1. Pandai Berinovasi dan Kreatif

Freepik/diana.grytsku

Wanita karir sebenarnya memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih kreatif. Hal ini dikarenakan dalam hidupnya, wanita selalu dituntut untuk menjadi lebih kreatif dibanding laki-laki.

Katakan saja ketika masih kecil, anak perempuan biasanya memiliki kegiatan yang lebih banyak mengasah kreativitas seperti meronce manik-manik, menggambar, melukis, merajut bahkan mengepang rambut. Ketika remaja, anak perempuan yang biasanya menjadi anak “idaman” orang tua adalah anak yang cerdas dari segi akademis, hardskill, softskill dan memiliki keterampilan berdandan yang baik.

Ketika menjadi ibu rumah tangga, lagi-lagi perempuan diwajibkan menjadi kreatif agar bisa mengurus rumah, suami, anak dan anggaran keuangan keluarga dengan baik. Hal ini menjadikan wanita sedikit banyaknya memiliki kebiasaan untuk menjalankan segala sesuatu dengan multitasking.

Karena terbiasa berpikir multitasking dan juga cepat, perempuan yang menjadi wanita karir biasanya akan mudah menjadi sosok yang kreatif dan memiliki banyak inovasi.

2. Ahli Mengatur Keuangan

pekerjaan sampingan untuk mahasiswa-minMengatur keuangan? Sudah menjadi tugas perempuan. Bahkan sering kali ketika kamu masih sekolah dan bergabung dalam organisasi, yang menjadi bendahara kelas atau bendahara organisasi adalah perempuan, bukan?

Meski tidak semua, pandangan perempuan lebih pintar mengatur uang sudah melekat dalam masyarakat. Ketika menjadi perempuan karir, seorang perempuan bisa menjadi ahli ketika mengatur keuangan.

Hal itu dikarenakan sepanjang hidupnya, ia memiliki kewajiban lebih dalam menjaga keuangan. Bahkan bukan hanya keuangan ia sendiri. Keuangan suami, keuangan anak-anaknya yang masih belajar menabung hingga keuangan organisasi ia tangani sendiri. Mengurus keuangan perusahaan bukanlah hal yang sulit baginya.

3. Terbiasa Mengatasi Berbagai Masalah Hidup

wanita karir
Freepik/mego-studio

Wanita yang memilih menjadi wanita karir biasanya telah terbiasa mengatasi berbagai masalah hidup dan suka dengan tantangan baru.

Misalnya saja, dimarahi atasan karena kinerja menurun? Memiliki masalah penjualan dalam bisnis? Mengatur anak dan keluarga?

Seorang perempuan karir sebenarnya telah terlatih untuk menjalani segala sesuatu secara multitasking dan memiliki solusi atas tiap masalah yang melandanya.

Baca juga:  Yuk, Pahami Peraturan Cuti Hamil dan Melahirkan Karyawan

4. Punya Jaringan Luas

soft skill dunia kerja wanita karir
Foto: Shutterstock

Jaringan luas adalah salah satu faktor yang penting ketika berbisnis. Namun, meski perempuan tersebut tidak memiliki jaringan luas, asalkan ia pandai berbicara, biasanya tidak perlu memakan banyak waktu hingga ia mendapatkan partner bisnis yang sesuai.

See Also
udangan pernikahan online

Apalagi, jika perempuan tersebut bisa menulis proposal dan merencanakan bisnisnya dengan matang. Investor? Label mates? Kerjasama brand?

Semua dapat didapatkan wanita karir dengan kecakapan seperti di atas. Bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar dan kenalan yang berkelas. Kecakapan komunikasi seorang perempuan bisa membuat pembeli yang tadinya tidak tertarik menjadi tertarik untuk menjadi konsumen tetapnya.

5. Pandai Menyusun Prioritasnya

wanita karir
Freepik/drobotdean

Wanita karir pandai menyusun prioritasnya dikarenakan ia mengetahui mana yang harus diprioritaskan.

Bisnis yang tetap berjalan? Hasil bisnis yang baik? Nama brand yang semakin besar?

Perempuan memiliki pemikiran detail akan segala hal yang dikerjakannya tidak terkecuali bisnis yang sedang ia kerjakan.

Baca juga:  Pekerja Wanita dalam UU Ketenagakerjaan Indonesia

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapa pun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

close