Ingin Kuliah tapi Terkendala Dana? Pemerintah Siapkan KIP Kuliah 2020

Simak detailnya, ya!

KIP kuliah 2020
Okezone.com

KIP Kuliah 2020 bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin kuliah tapi terkendala dana. Bisa dibilang cara mendapatkan KIP Kuliah mudah, karena dilakukan secara online.

Bila kamu menjadi peserta KIP Kuliah 2020, kamu akan diberikan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah, dan bahkan ada bantuan biaya hidup.

Untuk biaya kuliah, kamu akan mendapatkan Rp2,4 juta per semester. Sementara untuk bantuan biaya hidup, kamu yang menempuh studi S1 akan mendapatkan bantuan biaya hidup senilai Rp33,6 juta. Bagi kamu yang menempuh pendidikan D3, kamu akan mendapatkan total bantuan studi sebesar Rp25,2 juta. Untuk D2 mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp16,8 juta, dan D1 mendapatkan Rp8,4 juta.

Berikut detail bantuan yang akan didapatkan peserta KIP Kuliah 2020:

  • Biaya kuliah sebesar Rp2,4 juta per semester yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi.
  • Bantuan biaya hidup sebesar Rp700.000 per bulan yang dibayarkan setiap semester sesuai masa studi normal.
    • S1 maksimal 8 semester mendapatkan total bantuan biaya selama studi sebesar Rp33,6 juta;
    • D3 maksimal 6 semester mendapatkan total bantuan biaya selama studi sebesar Rp25,2 juta;
    • D2 maksimal 4 semester mendapatkan total bantuan biaya selama studi sebesar Rp16,8 juta;
    • D1 maksimal 2 semester mendapatkan total bantuan biaya selama studi Rp8,4 juta;
  • Untuk mahasiswa pada prodi yang harus mengikuti Program Profesi juga akan menerima pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup seperti yang diuraikan di atas. Sementara Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester (total selama studi maksimal Rp16,8 juta). Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester (total selama studi maksimal Rp8,4 juta).

 Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2020

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mendaftar KIP Kuliah 2020, ada baiknya kamu mengetahui  jadwal pendaftaran KIP Kuliah.

Perlu diketahui KIP Kuliah untuk SNMPTN, SNMPN, dan SBMPN sudah ditutup sejak Maret dan Juni 2020.

KegiatanDibukaDitutup
Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah26 Februari 202031 Oktober 2020
SNMPTNSudah Ditutup
Seleksi Mandiri PTN (Perguruan Tinggi Negeri)18 Mei 202030 September 2020
SNMPN
Sudah Ditutup
UTBK-SBMPTN
SBMPN
Seleksi Mandiri PTS (Perguruan Tinggi Swasta)08 Juli 202031 Oktober 2020
Baca juga:  Ujian Mandiri PTN 2020: Jadwal, Persyaratan & Prosedur Pendaftaran

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar untuk Gratis Biaya Kuliah

Untuk mendapatkan KIP Kuliah 2020, berikut tahapan atau cara mendapatkan KIP Kuliah 2020:

  • Lakukan pendaftaran secara online pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  • Saat pendaftaran, pastikan kamu mengisi semua form pendaftaran dari kolom NIK, NISN, NPSN dan alamat email aktif.
  • Nantinya, sistem akan melakukan validasi NIK, NISN, NPSN.
  • Validasi NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Apabila kamu tidak atau belum terdaftar di DTKS, nantinya kamu harus melengkapi data ekonomi atau aset.
  • Jika proses validasi berhasil. Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  • Tahapan selanjutnya adalah pilih jalur seleksi yang akan diikuti, bisa SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri atau Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Swasta.
  • Selanjutnya, selesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  • Sebelum mendaftar KIP Kuliah 2020, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Nantinya akan ada proses sinkronisasi dengan sistem skema host-to-host.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah 2020 yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

pangsit goreng le gino

Lagi Viral, Intip Resep Pangsit Goreng Le Gino Super Enak!

Lirik Lagu On Me Sehun EXO SC dan Terjemahannya