Lapar Tengah Malam? Ini 5 Makanan yang Aman Dimakan

Jangan sampai salah!

makan tengah malam
kaylaitsines.com

Pernahkah kamu sedang terjaga di tengah malam, lalu tiba-tiba merasakan lapar? Ingin makan, tapi malas bikin yang ribet-ribet dan akhirnya berakhir dengan masak mi nstan. Padahal sudah berniat untuk diet dan hidup sehat. Tapi karena lapar, apa boleh buat? Eits, tunggu dulu, sebelum kamu terlanjur memasak mie instan, kenali dulu apa penyebab dan juga cara mengatasinya.

Lapar tengah malam dapat disebabkan oleh berbagai hal. Faktor mekanisme tubuh, kebiasaan, meningkatnya hormon ghrelin, hingga akibat makan makanan yang tidak cukup serat. Coba deh, ingat-ingat kembali, selama seharian ini, kamu makan apa saja? Apakah cukup serat? Apakah bergizi? Atau justru penuh dengan karbohidrat dan santan?

Selain itu, faktor psikologis nyatanya juga dapat menjadi pemicu rasa lapar tengah malam. Biasanya, kamu ingin memakan makanan yang mengandung MSG atau makanan manis di malam hari, bukan? Nah, pada kondisi seperti ini mungkin kamu sedang merasa stres dan membutuhkan makanan untuk melepaskan rasa stres kamu.

Agar kamu tak salah makan makanan saat lapar tengah malam datang, berikut lima makanan yang aman untuk kamu konsumsi saat lapar tengah malam tiba.

1. Buah-buahan

Buah-buahan dapat menjadi makanan yang tepat bagi kamu untuk melepas keinginan makan di tengah malam. Kamu dapat memakan buah-buahan apa saja, bisa pisang, anggur, mangga, jeruk ataupun salak.

Bila kamu memiliki kebiasaan lapar tengah malam, kamu dapat menstok buah-buahan yang memberikan rasa puas ketika memakannya. Contohnya adalah buah salak. Rasanya yang manis, dagingnya yang padat, serta cukup mengenyangkan dapat menjadi pelarian kamu untuk melepas rasa lapar di malam hari.

Selain bisa mengenyangkan, mengonsumsi buah-buahan ketika lapar tengah malam cenderung aman ketimbang mengonsumsi nasi ataupun mie. Jadi, kamu tidak over karbohidrat deh!

2. Salad Sayur

Jika kamu memiliki cukup banyak waktu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan salad sayur untuk berjaga-jaga apabila kamu merasa lapar di malam hari. Sayur adakah sumber serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat yang kurang dalam tubuhmu.

Selain itu, mengkonsumsi semangkuk salad juga dapat memberikan kamu rasa kenyang loh. Biar rasa salad sayur semakin enak, kamu bisa menambahkan mayonaise.

lapar tengah malam
Ilustrasi roti, freepik.com/kamranaydinov

3. Roti Gandum

Ketika lapar tengah malam, pasti roti pernah terlintas di pikiran. Boleh boleh saja sih bila kamu ingin mengonsumsi roti ketika lapar tengah malam menyerang, akan tetapi pilih jenis roti yang bermanfaat bagi tubuhmu juga ya. Misalnya saja roti gandum.

Roti gandum memilki lebih banyak serat dibanding roti putih. Ditambah lagi, tekturnya yang agak kasar bisa membuat kamu lebih cepat kenyang.

Baca juga:  Begini Cara Mudah Membuat Roti Srikaya yang Legit dan Lumer di Mulut

4. Yogurt atau Susu

Saat lapar tengah malam, kamu malas buat makanan yang aneh-aneh? Tidak masalah, karena kamu bisa meminum susu atau yogurt.

Susu dapat memberikan rasa kenyang dan juga cukup padat untuk kamu konsumsi saat malam hari. Cara mengonsumsinya pun mudah dan tidak perlu repot-repot memasak di dapur.

Selain itu, dengan mengonsumsi susu pada malam hari juga dapat membuat tidurmu jauh lebih nyenyak dan berkualitas. Sedangkan mengonsumsi yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan kamu.

5. Air Putih

Lapar tengah malam tapi malah konsumsi air putih? Yap, betul sekali. Nyatanya, lapar tidak hanya disebabkan oleh lapar karena makanan saja loh. Kekurangan air nyatanya juga bisa membuat perut keroncongan.

Jadi sebelum buru-buru mengonsumsi makanan, hendaknya kamu meminum segelas air terlebih dahulu. Jika ternyata rasa laparmu berkurang, berarti tubuhmu kekurangan air. Jadi jangan lupa perbanyak minum air putih, ya!

Baca juga:  Viral di TikTok, Intip Cara Membuat Minuman Fuljar Soda

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

 

milenial beli rumah

Milenial Susah Beli Rumah, Benarkah?

orang pemalu

Tips Berkomunikasi Bagi Orang yang Pemalu