Layanan Gratis Selama Corona: dari Saldo Gopay, Kuota Internet, hingga Streaming Film

Semakin puas selama #dirumahaja

layanan gratis selama pandemi corona
Foto: Freepik

Pandemi corona (COVID-19) yang tengah meluas saat ini tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan saja, tapi juga roda perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak masyarakat yang mengeluhkan penurunan pendapatan atau bahkan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Untungnya, ada banyak pihak yang saling bahu membahu menawarkan layanan gratis guna meringankan beban masyarakat yang berdampak langsung akibat adanya pandemi COVID-19.

Lantas, apa saja layanan gratis yang bisa diakses selama masa pandemi corona? Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini!

Daftar Layanan Gratis yang Bisa Didapatkan Selama Pandemi Corona

Simak baik-baik, ya, di bawah ini adalah beragam layanan gratis yang bisa kamu dapatkan selama masa corona.

1. Nonton Film Streaming Gratis

 

View this post on Instagram

 

For those who need to stay home, let’s stay entertained. These shows and more are now available for free without an HBO subscription. Link in bio. #StayHomeBoxOffice

A post shared by HBO (@hbo) on

Buat kamu yang bosan karena #dirumahaja, kamu bisa memanfaatkan layanan gratis dari jaringan TV kabel berbayar atau premium. Ya, kamu bisa menikmati nonton film streaming gratis selama #dirumahaja dengan mengakses HBO GO atau HBO NOW maupun On Demand yang bisa diunduh dari App Store dan Google Play.

Beberapa serial, film, dan tayangan dokumenter yang digratiskan selama bulan April di HBO GO, HBO NOW, maupun On Demand di antaranya:

  • Silicon Valley
  • True Blood
  • The Wire
  • The Apollo
  • Elvis Presley: The Searcher,
  • Crazy, Stupid, Love
  • The Lego Movie 2: The Second Part
  • Arthur
  • Pokemon Detective Pikachu
  • Dll
Baca juga:  Cara Daftar Kelas Fotografi Gratis dari Nikon, Leica dan Olympus

2. Tes Corona Gratis di Laboratorium Kemenkes

 

View this post on Instagram

 

Pemerintah Perluas Lokasi Pemeriksaan Covid-19, hal ini merupakan respon cepat seiring ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi global dengan memperluas lokus laboratorium pemeriksa Covid-19 di Indonesia. Pemerintah juga menjalin kerjasama dengan 3 jaringan laboratorium swasta untuk semakin memperkuat dan mempercepat proses pemeriksaan spesimen Covid-19, sehingga bisa sesegera mungkin menemukan kasus positif untuk kemudian diisolasi agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat. Berikut daftarnya: 1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja di Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. 2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang dengan wilayah kerja di Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi dan Lampung. 3. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan wilayah kerja di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. 4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dengan wilayah kerja di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 5. Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Kesehatan Papua dengan wilayah kerja di Papua dan Papua Barat. 6. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta dengan wilayah kerja di Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Banten. 7. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya dengan wilayah kerja di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 8. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta dengan wilayah kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. 9. Laboratorium Kesehatan Daerah DKI Jakarta dengan wilayah kerja di DKI Jakarta. 10. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan wilayah kerja di DKI Jakarta. 11. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan wilayah kerja di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan RS Universitas Indonesia. 12. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan wilayah kerja di RSUD Dr. Sutomo dan RS Universitas Airlangga. 13. Laboratorium Siloam. 14. Laboratorium Kalbe 15. Laboratorium Bunda Group #LAWANCOVID19 #COVID19Indonesia #tenangdanwaspada

A post shared by Kementerian Kesehatan RI (@kemenkes_ri) on

Mengacu pada keputusan Menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/182/2020, pemerintah memperluas lokasi pemeriksaan COVID-19 di Indonesia.

Saat ini sudah ada 12 laboratorium Kemenkes yang siap melakukan tes corona secara gratis. Pemerintah pun telah menjalin kerjasama dengan 3 jaringan laboratorium swasta untuk memperkuat dan mempercepat proses pemeriksaan spesimen dari pasien yang diduga terinfeksi COVID-19. Ketiga laboratorium swasta ini adalah Laboratorium Siloam, Laboratorium Kalbe, dan Laboratorium Bunda Group.

Jadi, bagi kamu yang curiga kena corona, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke laboratorium rujukan pengecekan virus corona, ya! Ingat, semuanya gratis, asalkan kamu mengikuti semua tata cara yang dianjurkan pemerintah dengan baik.

Selain itu, bila kamu memerlukan konsultasi terkait virus corona, kamu juga dapat mengakses layanan digital kesehatan secara gratis yang sudah bermitra dengan Kemenkes. Layanan ini meliputi SehatPedia, Halodoc, Alodokter, SehatQ, KlikDokter, doktersehat, ProSehat, Good Doctor, Docquity, dll).

3. Warteg Gratis

Ada kabar baik bagi warga Jakarta, Depok Bekasi, dan Tangerang. Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Komunitas Warteg Nusantara memberikan layanan makan di warteg secara gratis bagi para pekerja informal dan ojek online. Layanan ini berlaku setiap hari mulai pukul 10.00 WIB.

Setidaknya ada lebih dari 100-an warteg yang ikut berpartisipasi dalam layanan gratis ini. Diperkirakan jumlah warteg yang memberikan layanan gratis ini akan terus bertambah. Targetnya bisa menjaring hingga 1.000 warteg.

Jangan lupa sebarkan informasi ini untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan, ya!

Baca juga:  Lokasi Warteg Gratis di Jabodetabek yang Sediakan Makanan Cuma-Cuma

4. Token Listrik Gratis dari PLN

 

View this post on Instagram

 

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH! Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Mekanisme website dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 1. Buka Aplikasi WhatsApp 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. #PLNatasiCorona #PLNTerbaik #PLNBerbakti

A post shared by PLN (@pln_id) on

Selain pelayanan pemeriksaan laboratorium gratis, pemerintah melalui PLN juga memberikan bantuan berupa token listrik gratis selama tiga bulan terhitung dari April, Mei, dan Juni.

Layanan listrik gratis secara penuh ini hanya berlaku bagi pelanggan rumah tangga prabayar 450 VA. Sementara bagi pelanggan 900 VA mendapatkan potongan subsidi dari pemerintah sebesar 50%, terhitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk mendapatkan layanan listrik gratis maupun potongan harga, kamu bisa mengakses website resmi PLN di  www.pln.go.id. Masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran, kemudian klik Cari. Tunggu beberapa saat nantinya Token gratis akan muncul di layar monitor dan kamu hanya tinggal memasukkan angka yang tertera ke meteran.

Selain itu, kamu juga bisa langsung kirim format ke nomor WhatsApp di 0812-2123-123. Cukup sebutkan informasi ID Pelanggan, token gratis akan dikirimkan dan kamu pun tinggal memasukkan angka yang tertera ke meteran.

4. Gratis Isi Ulang Saldo Gopay

Hingga 30 April 2020, Bank BCA memberikan cashback 100% biaya admin untuk top up atau transaksi isi ulang saldo Gopay melalui e-Banking BCA. Meliputi BCA mobile, OneKlik, KlikBCA, dan ATM BCA.

Sementara bagi kamu pengguna dompet elektronik Link Aja, kamu akan mendapatkan diskon sebesar 50% atau Rp500 bila mengisi melalui BCA Mobile, KlikBCA, dan ATM BCA.

Jangan lewatkan promo menarik satu ini, ya!

5. Konseling Gratis ke Psikolog

Bila merasa gelisah, khawatir, dan panik akan pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, atau punya masalah pribadi yang berat, kamu bisa berkonsultasi ke psikolog secara gratis. Ikatan Psikolog Klinik (IPK) Indonesia dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) di tiap provinsi di Indonesia menyedia layanan konseling gratis selama masa pandemi COVID-19.

Kamu bisa memilih jam konseling psikolog sesuai jadwal yang tersedia. Untuk mengetahui nomor layanan konseling yang tersedia di kotamu, kamu bisa klik di sini.

6. Kuota Gratis

Sejumlah penyedia layanan internet juga memberikan promo kuota gratis kepada pada konsumennya.

Telkomsel memberikan dua paket internet gratis, yaitu Paket RuangGuru dan Paket Ilmupedia.

Indosat IM3 Ooredoo memberikan kuota gratis senilas 30 GB khusus untuk platform e-learning dari RuangGuru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, dan beberapa website perguruan tinggi.

XL memberikan paket internet gratis senilai 240 GB hingga 400 GB untuk mengakses WhatsApp, LINE, Gojek, Facebook, Instagram, dan Youtube sepuasnya. Promo ini berlaku untuk pelanggan XL Prabayar yang berlangganan paket XTRA Combo Lite 3,5 G, 6 G, 11 G, 21 GB, dan 31 GB selama 30 hari.

Baca juga:  Situs Nonton Film Streaming Gratis Terbaru dan Terlengkap di 2021

thr PNS 2020

Fakta THR PNS 2020: Ada Jabatan yang Tidak Dapat & Nominal Berkurang

iuran bpjs kesehatan batal naik

Alasan Iuran BPJS Kesehatan April Belum Turun meski Sudah Dibatalkan oleh MA