Now Reading
Sederet Makanan Enak tapi Jahat, Adakah Kesukaanmu?

Sederet Makanan Enak tapi Jahat, Adakah Kesukaanmu?

makanan enak tapi jahat

Tak sulit untuk menemukan makanan yang bisa dijadikan makanan favorit, apalagi jika kamu memanglah seorang pencinta kuliner. Tak perlu mahal, terkadang makanan dengan harga miring pun bisa jadi santapan favorit dan rutin dikonsumsi karena memiliki rasa yang enak. Namun, tahukah kamu bahwa makanan enak tidak selalu baik? Ada banyak lho makanan enak namun ternyata jahat yang mampu membuat kondisi tubuhmu tidak sehat. Apa saja? Yuk Intip.

Deretan Makanan Enak, Namun Jahat

1. Mi Instan

makanan enak tapi jahat
killingthyme.net

Buat kamu si pencinta mi instan, jangan terlalu sering mengonsumsi ya! Apalagi buat kamu yang katanya anak kos, jangan mengonsumsi

Dilansir dari idntimes (30/1), menurut pakar jika mi instan dikonsumsi secara berlebihan sebagai contoh lima kali dalam sehari maka bisa menjadi pemicu terbentuknya kanker dalam tubuh. Mengonsumsi mi instan secara terus-menerus juga dapat memicu hipertensi karena mi instan memiliki kandungan garam yang tinggi.

2. Martabak Manis

makanan enak tapi jahat
Pinterest: widyahalim

Martabak manis atau ada juga yang menyebutkannya sebagai Terang Bulan merupakan salah satu kudapan yang paling populer di Indonesia. Makanan khas Bangka Belitung ini kerap kali dinikmati di malam hari, dan bahkan menjadi cemilan yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang berkumpul dengan teman.

Namun, mengonsumsi martabak manis dalam kurun waktu yang sering tidak menyehatkan tubuh. Dilansir dari doktersehat.com, Pakar kesehatan dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) bernama Dr. Marudut menyebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi martabak manis bisa memicu datangnya kanker dan penyakit jantung koroner.

3. Kol Goreng

Instagram @jogjaeatguide

Dinilai beberapa orang jadi makanan nan lezat, kol goreng rupanya juga menyimpan kandungan yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi kol yang digoreng bisa menyebabkan bertambahnya jumlah kalori, karena adanya kalori ekstra dari minyak saat digoreng.

Meskipun pada dasarnya kol adalah sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti protein, lemak, dan karbohidrat, juga serat, vitamin C, K, dan B kompleks, serta mineral seperti kalsium, fosfor, dan mangan, tetapi jika cara penyajiannya digoreng maka bisa merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Baca juga:  Daftar Nasi Goreng Terdekat dari Stasiun, Rasanya Enak dan Juara!

4. Gudeg

detik food

Makanan enak tapi jahat selanjutnya adalah Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas asal Indonesia, tepatnya paling sering ditemukan di daerah Yogyakarta dan Jawa tengah.

Gudeg dinilai tidak sehat sebab proses pembuatannya yang membutuhkan waktu selama 6-12 jam, sehingga membuat gizi dari bahan gudeg menjadi menyusut. Ditambah, rasa manis yang diciptakan membuat kamu tidak boleh mencicipi makanan yang satu ini secara sering.

5. Bakso

makanan enak tapi jahat
Shutterstock

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan kelezatan makanan yang satu ini? Ya, Bakso meski dikenal sebagai makanan enak, tetapi sesungguhnya jahat lho jika dikonsumsi secara berlebihan!

Bakso bahkan bisa sebagai pemicu berbagai penyakit, mulai dari sariawan, gangguan pencernaan, penurunan nafsu makan, hipertensi, jantung, serta menyebabkan kegemukan karena kalori yang dikandung dalam bola bola daging tersebut.

6. Gorengan

liputan6.com

Makanan enak tapi jahat selanjutnya adalah gorengan. Jenis cemilan yang satu ini memang menjadi favorit bagi semua kalangan karena rasanya yang nikmat dan gurih. Tetapi mengonsumsi gorengan secara terus-menerus dapat menimbulkan tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk, gangguan pencernaan, asupan lemak dalam tubuh berlebihan, diabetes, stroke, bahkan hingga kanker.

See Also

7. Seblak

Shutterstock

Makanan yang sering dijumpai di daerah Jawa Barat dan sekitarnya, Seblak merupakan makanan enak tapi jahat yang bercita rasa gurih dan pedas. Makanan ini terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran juga telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.

Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi seblak dinilai tak sehat karena kerupuknya yang bisa menyebabkan infeksi pada usus. Padahal, kerupuk dalam seblak bisa dicerna seperti bahan lainnya. Masalah muncul ketika seseorang mencicipi seblak dengan tingkat kepedasan yang tak normal. Ini karena pedas merupakan salah satu unsur penyebab iritasi usus, yang pada akhirnya dapat memicu infeksi usus seperti gastritis (radang lambung), kolitis (radang usus besar) atau radang usus buntu.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan cabai yang berlebihan. Kemudian, jika kamu penderita sakit mag, jangan makan seblak dalam kondisi perut kosong agar tidak mengalami nyeri ulu hati. Pastikan pula kamu minum air putih lebih banyak setelah mengonsumsi seblak, agar tingkat keasaman di dalam lambung bisa menurun.

Intinya, makanan di atas enak dan layak dikonsumsi, tapi ingat jangan dimakan berlebihan ya!

Baca juga:  10 Makanan Rasa Green Tea yang Lagi Hits Wajib Dicicip

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close