8 Makanan Olahan Singkong Paling Enak, dari Gethuk hingga Timus

olahan singkong
dapurnenektini.com

Singkong merupakan salah satu karbohidrat yang sangat digemari masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa. Ada banyak varian makanan dari olahan singkong, bahkan sudah menjadi makanan khas daerah.

Singkong sendiri bisa dinikmati dengan cara dikukus ataupun digoreng. Penyajiannya pun cukup mudah membuat singkong bisa dijadikan makanan penghalau rasa lapar favorit.

Berikut ini adalah daftar 8 makanan olahan dari singkong:

1. Gethuk

olahan singkong
instagram: mrs.viriya

Getuk atau Gethuk dalam bahasa Jawa merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong. Camilan yang satu ini sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk dikenal dengan dua macam, yakni getuk dan getuk lindri. Perbedaanya adalah bentuk dan tekstur tampilan.

2. Cenil

cookpad.com

Cenil atau yang lebih dikenal dengan cetil merupakan makanan ringan berbahan olahan singkong. Makanan ini bentuknya bulat-bulat kecil atau kotak, lalu diberi warna yang sesuai selera sebelum nantinya direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

3. Sawut

olahan singkong
ibudanmama.com

Sawut atau pasrah merupakan salah satu jajanan pasar khas Yogyakarta. Camilan ini terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula jawa kemudian dikukus. Soal rasa, Sawut menghadirkan perpaduan manis dan gurih karena diberi parutan kelapa di atasnya

4. Tape

olahan singkong
Alfidy.com

Tapai atau yang lebih populer dengan sebutan Tape adalah makanan olahan singkong yang difermentasi. Tape mudah ditemukan di sebagian besar wilayah Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Di Indonesia sendiri, tape singkong sangat populer. Makanan yang satu ini bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah anemia, mengeluarkan racun dari tubuh, mengontrol tekanan darah, dan baik untuk pencernaan serta nutrisi bagi tulang dan sendi juga memelihara otot dan saraf.

5. Tiwul

olahan singkong
liputan6.com

Thiwul atau Nasi Tiwul merupakan makanan pengganti beras yang berbahan baku singkong. Masyarakat Gunung Kidul dan Wonogiri sering mengonsumsi nasi tiwul sebagai menu karbohidratnya, pengganti nasi pada umumnya.

6. Keripik

bisnisukm.com

Siapa yang tidak mengenal makanan olahan singkong yang satu ini? Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng. Olahan keripik singkong bahkan menjadi snack favorit di kala hujan atau sebagai camilan saat mengobrol.

7. Timus

cookpad.com

Timus menjadi salah satu camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran olahan singkong parut, kelapa parut dan gula merah. Bentuknya yang lonjong, dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, makanan ini dikenal dengan nama lemet. Berbeda dengan Jawa Barat, cara masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan mengolah Timus adalah dengan cara digoreng dan berbahan dasar ubi. Sementara masyarakat Sunda dan Betawi menyebut makanan serupa sebagai bola ubi.

8. Combro/Misro

olahan singkong
cookpad.com

Seringkali masyarakat berpikir bahwa Combro dan Misro adalah makanan yang sama. Namun nyatanya berbeda lho!

Baik Combro maupun Misro memang berbahan dasar olahan singkong yang diparut, akan tetapi letak perbedaannya adalah isinya. Combro merupakan akronim dari Oncom di jero yang berarti camilan ini dibuat dari tumisan oncom dan daun bawang bercita rasa pedas yang dibalut dengan adonan singkong. Sementara Misro merupakan akronim dari Amis dijero yang berarti camilan ini dibuat dari gula merah atau gula aren di dalamnya.

Itulah daftar makanan tradisional olahan singkong khas Indonesia. Selamat mencicipi!

Baca juga:  10 Makanan Indonesia Terpopuler 2019 Versi Google, Bikin Ngiler!

OOTD Hijab Buat Liburan ke Pantai dan Gunung ala Selebgram

tol Jakarta Surabaya

Total Tarif Tol Jakarta Surabaya 2020