Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 6 Jenis Makanan Berikut Ini

Biar tubuh senantiasa fit dan bugar~

makanan untuk kekebalan tubuh
Foto: Shutterstock

Di tengah pandemi corona yang semakin merebak, menjaga kesehatan tubuh dengan baik adalah sebuah keharusan. Hal ini bisa dilakukan sesederhana mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Ya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat memengaruhi sistem imun tubuh dalam bekerja melawan virus dan kuman penyebab penyakit. Bila sistem imun kita kuat, maka tubuh pun jadi tak mudah sakit. Nah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini. 

Ragam Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pastikan kamu mengonsumsi satu atau beberapa jenis makanan berikut secara rutin, ya! Hal ini semata-mata untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh supaya dapat lebih optimal dalam menaklukan berbagai virus yang masuk ke tubuh.

1. Buah-buahan Berry

Buah-buahan dari keluarga berry terkenal dengan khasiatnya sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Buah ini juga diyakini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. 

Buah berry yang memiliki antioksidan tertinggi adalah blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberi. Bila berbagai buah-buahan tersebut dikonsumsi bersama dengan makanan lain yang tinggi nutrisi dan vitamin, maka sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat.

2. Madu

Madu juga disebut-sebut sebagai makanan yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Soalnya, madu memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. 

Tidak hanya itu, madu juga bermanfaat untuk meredakan batuk. Bahkan madu digadang-gadang lebih efektif melegakan pernapasan akibat batuk dan dapat meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan obat batuk biasa.

Yang paling penting adalah madu tidak memiliki efek samping, sehingga baik untuk dikonsumsi. Tapi sebaiknya anda tidak memberikan madu untuk anak dibawah usia 1 tahun karena masih sulit untuk dicerna.

3. Cabai

Wah untuk kalian yang suka makan pakai cabai, informasi satu ini pasti menjadi kabar yang menggembirakan. Pasalnya, selain membuat makanan terasa tambah nikmat, cabai juga ternyata berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi.

Di samping itu, kandungan senyawa capsaicin yang terdapat dalam cabai dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Capsaicin memberikan sensasi panas sekaligus membantu memperlebar saluran hidung.

4. Brokoli

Brokoli juga jadi makanan yang bisa diandalkan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena di dalam brokoli terkandung vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang penting untuk tubuh.

Jadi, tak heran bila sayuran satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

5. Jahe

Jahe mengandung vitamin C, magnesium, gingerols, shogaols, dan zingerones yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh.

Selain itu, kandungan dalam jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan di dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol. 

6. Air Putih

Rutin minum air putih setiap hari juga tak kalah pentingnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, tubuh kita akan tetap terhidrasi. 

Baca juga:  Ahli Ungkap Cara Paling Efektif untuk Tangkal Virus Corona!

soft skill dunia kerja

5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Calon Pekerja

libur nasional 2020

Kalender Cuti Bersama dan Libur Nasional 2020