Bukan Sekadar Tren, Pelihara Ikan Cupang Ternyata Baik untuk Kesehatan

Bisa bantu hilangin stres juga, lho~

pelihara ikan cupang manfaat
Yukepo

Ada saja tingkah masyarakat yang dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama #dirumahaja. Salah satu yang sedang tren adalah memelihara ikan cupang hias. Ya, ikan hias satu ini memang tengah diminati karena selain perawatannya mudah, warna-warni sisiknya sungguh sangat menyejukkan mata. Yang paling menarik, pelihara ikan cupang di aquarium ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, lho!

Enggak percaya? Yuk, kulik informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Jantung

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Environment & Behavior menunjukkan bahwa melihat ikan hias, termasuk ikan cupang, di aquarium umum maupun pribadi, atau hanya sekadar menontonnya di video dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah yang nyata.

Selain itu, jumlah ikan yang lebih banyak juga dapat membantu meningkatkan fokus dan memperbaiki suasana hati mereka. Oleh sebab itu, jika kamu sedang bergumul dengan tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung lainnya, pelihara ikan hias seperti cupang di dalam aquarium bisa jadi solusi yang tepat. 

Baca juga:  Kado Pernikahan yang Bermanfaat dan Penuh Kesan

2. Meredakan Stres 

Pelihara ikan cupang dan berbagai ikan hias lainnya sejatinya dapat membawa manfaat sebagai obat pereda stres yang manjur.

Ya, tidak hanya detak jantung kamu yang melambat dan tekanan darah yang menjadi normal, memandangi aquarium yang dihuni oleh sejumlah ikan hias juga dapat membantu mengurangi stres dan rasa cemas – meski kita tidak dapat menyentuhnya langsung.

3. Memberikan Efek Menenangkan

Pelihara ikan cupang juga dapat membuat kita lebih tenang dan rileks. Apalagi bila kamu memeliharanya di aquarium yang sudah diberikan hiasan dengan batu, tanaman, dan lampu.

Perpaduan ekosistem di dalam aquarium, warna ikan, dan suara gemericik gelembung dari tangki dapat membawa efek menenangkan yang serupa saat kamu mendengarkan suara ombak, hujan, dan air sungai yang mengalir. 

Usut punya usut, inilah alasan kenapa ada aquarium di ruang tunggu praktik dokter. 

4. Membantu Mengatasi Insomnia

Rtemyfishtank

Tidur malam yang berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pasalnya, tidur adalah cara tubuh bagi tubuh untuk mengisi ulang dan memperbaiki dirinya sendiri – ini juga memberikan kesempatan bagi otak untuk mengkonsolidasikan memori dan membangun koneksi baru.

Nah, bagi kamu yang belakangan susah tidur atau memang memiliki insomnia, menonton ikan cupang mondar-mandir di dalam aquarium dan mendengarkan suara gemericik air bisa jadi sebuah terapi untuk menenangkan tubuh dan pikiran agar bisa cepat tidur. 

5. Baik untuk Pertumbuhan Anak

Melihat ikan cupan dan berbagai ikan hias di dalam aquarium dapat memberikan rangsangan visual yang dapat meningkatkan fokus dan kreativitas anak.

Di samping itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue menunjukkan bahwa keberadaan aquarium ikan hias di rumah dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan nafsu makan pada pasien Alzheimer dan mengurangi perilaku agresi pada anak. 

Baca juga:  Manfaat Mugwort, Skincare Korea Mempercantik Wajah

kode promo grab 2019

Kode Promo Grab 2020: GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress

drama Korea Pinocchio

Drama Korea Pinocchio di NET TV: Spoiler Eps Terakhir